Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Friday, June 7, 2013

Cara Sembunyikan Partisi Harddisk Komputer/ Laptop

Media penyimpanan data merupakan suatu hal yang sangat penting saat ini. Dimana kita semua juga mengetahui bahwa data merupakan suatu hal yang sangat amat penting bagi diri kita. Pernahkah anda mendengar istilah “Data dapat mencerdaskan bangsa”. Dari istilah tersebut saja kita dapat menyimpulkan bahwa data merupakan suatu hal memang sangat dibutuhkan untuk memajukan bangsa kita ini. Dengan adanya data, kita dapat melakukan berbagai hal seperti layaknya pembaharuan negara, atau pun memajukan sesuatu yang masih ketinggalan dari bangsa lain. Jadi tidak dapat di pungkiri, data ini merupakan salah satu hal yang sangat amat penting bagi kehidupan kita.

Namun yang akan kami bahas kali ini bukanlah perlindungan dengan cara memberikan password pada partisi hardisk anda. Melainkan dengan cara menyembunyikan (hidden) partisi tersebut. Dan insya Allah dengan cara ini partisi hardisk anda akan aman dari tangan-tangan jahil yang ada.

Dengan tujuan tertentu terkadang pengguna ingin menyembunyikan partisi hard disk komputer sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna lain atau anak-anak yang cenderung tanpa sengaja merusak data komputer. Meskipun terdapat banyak sekali aplikasi di luaran sana yang mengklaim dapat membantu pengguna komputer dalam menyembunyikan partisi, tetapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah tanpa harus mendownload dan menginstal aplikasi tambahan.

berikut ini cara sembunyikan partisi komputer/pc dan laptop :

Sebagai percobaan saja , saya sudah membuat sebuah virtual disk Z seperti yang terlihat di dalam gambar di bawah ini, saya akan menggunakan trik ini untuk menghilangkan disk Z, yuk kita mulai saja.


1. Pertama klik tombol start lalu ketikkan diskpart pada kotak pencarian dan otomatis sistem akan menampilkan beberapa pilihan menu, temukan menu diskpart lalu klik, dan klik tombol Yes pada jendela dialog konfirmasi.


2. Maka kemudian Anda akan melihat sebuah jendela command prompt, ketikkan list volume dan tekan enter.


3. Di dalam layar akan ditampilkan daftar partisi hard disk yang ada di dalam komputer Anda, perhatikan di dalam gambar terdapat Volume 0 yang menunjukkan volume baris drive Z yang hendak kita sembunyikan. Ketikkan select volume 0 kemudian tekan enter. Atau jika Anda ingin menyembunyikan drive D maka ketikkan select volume 2 di mana terdapat baris drive D.


4. Command prompt akan menampilkan teks Volume 0 is the selected volume, pada baris di bawahnya ketikkan remove letter Z, atau ketikkan remove letter D apabila Anda ingin menyembunyikan drive D.


5. Apabila berhasil maka command prompt akan menampilkan teks DiskPart successfully removed the drive letter or amount point. Sampai di sini drive Z telah berhasil di sembunyikan.


6. Sampai di sini kemudian apabila saya buka Windows Explorer maka drive tersebut sudah tersembunyi dari siapapun bahkan termasuk saya. Anda dapat melakukan trik serupa untuk drive lainnya termasuk C dan D.


7. Selesai sudah kita sembunyikan partisi Z yang sudah dibuat tadi.

nah, jika partisi yang sudah kalian sembunyikan dan ingin menampilkannya kembali bisa ketik pada CMD : assign letter Z (misalnya partisi Z tersebut) kalau untuk partisi seperti C dan D yang kalian hiddern tersebut, kalian hanya merubah huruf assign letter Z menjadi assign letter C atau assign letter D.

bagaimana? mudah bukan untuk menyembunyikan partisi yang kalian inginkan. dengan begini orang yang sering membuka isi dari data kita akan heran dimana data kita tersebut sehingga tidak akan ada lagi niat untuk melihat isi data kita. hehehe. semoga cara sembunyikan partisi komputer/pc ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Sembunyikan Partisi Harddisk Komputer/ Laptop

0 komentar:

Post a Comment