Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Friday, November 29, 2013

Cara Menonaktifkan Automatic Update di Windows 7

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Cara Menonaktifkan/ Mematikan Automatic Update Pada Windows 7. Update Otomatis atau Automatic update adalah sebuah fitur default yang tersedia di windows yang berfungsi untuk membantu pengguna windows untuk mengupdate secara online settingan ataupun aplikasi windows yang telah terinstal di komputer.

Fitur automatic update ini akan bekerja ketika ada settingan atau aplikasi baru yang telah tersedia dan otomatis langsung diperbarui pada versi windows 7 tersebut. Jika anda tidak ingin mengupdate windows 7 secara online, maka fitur ini bisa dinonaktifkan (disable automatic update).

Perlu diperhatikan kepada anda para pemakai Windows not genuine atau windows yang belum di Aktivasi, lebih baik anda nonaktifkan Automatic Update karena jika sampai terupdate, windows yang anda pakai akan terdeteksi oleh pihak microsoft bahwa windows anda itu bajakan karena belum diaktivasi dan berdampak windows anda terblokir, misalnya: saat anda sudah selesai menjalankan update komputer, setelah itu anda restart dan setelah restart biasanya tampilan desktop anda tidak
menampilkan apa-apa sama sekali melainkan menjadi hitam seluruh layarnya, ini menandakan bahwa windows anda telah terblokir. Dan cara mengembalikan windows anda yang telah terblokir ini bisa dengan cara System Restore.

File update ini biasanya berukuran besar dan berakibat menghabiskan kuota internet. Fitur automatic updates juga memberikan beberapa efek negatif seperti kapasitas hardisk anda akan semakin berkurang karena langsung menyimpan ukuran yang besar secara bertahap, kinerja komputer menjadi lambat dan proses booting juga menjadi lebih lama karena biasanya pada saat proses starting dan shutdown otomatis akan menginstal file dan mengkonfigurasikannya, jika pada saat shutdown otomatis menginstal file kemudian anda matikan paksa karena lamanya menunggu proses penginstalan update tersebut, yang anda lakukan ini malah akan berakibat fatal terhadap komponen hardware komputer anda.
Lalu setelah melihat kerugian-kerugian Automatic update ini, apakah anda masih mau menyalakan fitur  automatic update tersebut?  saran saya lebih baik anda matikan saja Fitur  Automatic Update ini. Saya akan memberikakan cara mudah kepada anda untuk menonaktifkan Automatic Update ini.

Berikut ini merupakan langkah-langkah Menonaktifkan Automatic Update di Windows 7:
  • Melalui Control Panel
  • Silahkan buka control panel dengan cara klik start ⇨ Control panel
  • Pilih System and Security

  • Pilih Windows Update kemudian pilih change setting

  • Pilih never check for updates (not recommended)
  • Pilihan ini akan mematikan atau menonaktifkan update otomatis pada windows 7 secara penuh. Windows tidak akan memeriksa update yang ada ataupun mendownload dan menginstall update tersebut. Selanjutnya pada bagian Recommended Updates dan Who can Install Updates, silahkan hilangkan ceklisnya. Jika sudah selesai semua pengaturannya langsung saja klik OK.


Semua pengaturan untuk menonaktifkan Automatic Update pada Windows 7 telah selesai sampai disini, sekarang silahkan anda praktekan dengan melihat langkah-langkahnya diatas. Sekian Artikel tentang Cara Menonaktifkan fitur Automatic Update pada Windows 7. Semoga bermanfaat :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menonaktifkan Automatic Update di Windows 7

1 komentar:

  1. Thanks Gan . . sangat bermanfaat . .dan succesfull :D

    ReplyDelete