Begini Cara Mudah Upgrade OS Smartphone Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Begini Cara Mudah Upgrade OS Smartphone Android

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan kepada anda Cara yang cukup Mudah meng-Upgrade OS Android pada Smartphone. Sebagaimana kita tahu bahwa OS Android selalu update. Jika OS yang telah anda gunakan untuk smartphone kita adalah OS versi lama, maka juga akan berpengaruh dengan fungsi smartphone anda. Misalnya saat anda ingin mengunduh aplikasi terbaru, terkadang ada batasan minimum untuk aplikasi tertentu dan tidak kompatibel untuk OS versi lama.

Melihat hal tersebut, pastinya anda merasa kecewa karena smartphone Android anda tidak bisa anda gunakan untuk memiliki aplikasi yang anda inginkan. Dan salah satu jalan yang harus anda lakukan adalah dengan cara upgrade OS anda ke versi yang lebih baru. Lalu Bagaimana cara Upgrade OS? Anda tidak perlu khawatir, karena pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara mudah upgrade OS Android ke Versi yang lebih baru.

Cara Melakukan Upgrade OS Android dapat dilakukan dengan mudah, bisa dengan PC atau ponsel anda. Upgrade dari versi Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Froyo, Honeycomb, Eclair, Cupcake, Jelly Beans dan sebagainya. Dan versi yang paling terbaru saat ini yaitu versi Jelly Beans.
Sebenarnya ada dua cara ugrade OS Android yaitu cara otomatis dengan meng-Upgrade nya langsung dari Smartphone anda (Upgrade otomatis), dan dengan cara meng-Upgrade nya lewat software tertentu dengan menggunakan PC/ komputer.

Langsung saja Berikut ini merpakan tutorial/ langkah-langkahnya:
  • Pertama pastikan dulu untuk akses internet pada Smartphone anda lancar, hal tersebut dimaksudkan agar proses upgrade akan lancar dan tidak terganggu, pilihlah provider sim card yg terbaik. Sebelum anda masuk ke proses selanjutnya, anda harus pastikan kondisi Baterai anda terisi penuh untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan pada saat proses Upgrade, san jangan lupa anda membackup data penting anda supaya tidak hilang.
  • Setelah memastikan persiapan diatas proses selanjutnya yaitu Upgrade OS, Masuk pada menu Setting kemudian masuk pada About Phone, lanjutkan untuk memilih System Update.
  • Setelah itu Tunggu sebentar sampai proses cek OS baru selesai, biarkan ponsel anda memproses cek update terbaru, dan jika muncul pesan “Up To Date” berarti anda sudah berhasil upgrade OS Android anda ke versi terbaru. Kemudia pilih Install atau Download dan otomatis Smartphone anda akan mendownload file – file yang dibutuhkan untuk melengkapi proses Upgrade.
  • Jika proses Download sudah selesai, maka secara otomatis smartphone anda akan reboot/restart, kemudian akan menyala sendiri dan slesai sudah. Sekarang Smartphone anda sudah ganti dengan OS versi terbaru.
Berikut ini saya akan menjelaskan cara kedua Upgrade OS Android, yaitu lewat PC/Komputer. Untuk Upgrade dengan cara ini anda harus menggunakan software/ aplikasi yang bernama "Samsung Kies" untuk mendapatkan aplikasi ini anda harus men-Downloadnya langsung dari PC di Samsung Apps Center.

Langsung saja Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:
  • Install terlebih dahulu aplikasi tersebut pada PC, setelah selesai sambungkan Smartphone anda ke PC/Komputer dengan kabel data.
  • Setelah terhubung ke PC/Komputer, otomatis aplikasi samsung kies akan menampilkan pemberitahuan firmware update.
  • Kemudian anda Klik tombol upgrade, dan tunggu hingga semua proses upgrade selesai, dan perlu diperhatikan pada saat proses tersebut koneksi internet anda jangan sampai terputus.
  • Setelah proses upgrade OS android selesai, selanjutnya lepaskan kabel data/eject kemudian lakukan restart pada smartphone anda. Setelah restart Smartphone anda sudah berganti dengan OS terbaru.
Demikianlah cara mudah upgrade OS android, sekarang tergantung anda mau meng-Upgrade dengan cara yang mana.
Banyak keuntungan yang diperloleh dengan mengupgrade Smartphone ke versi yang baru, ya, sudah pasti Smartphone kita akan menjadi lebih cepat kinerja sistemnya dan lebih mudah untuk menjalankan software terbaru dan sudah pasti kompatibel dengan versi software yang selalu Update.
Tetapi anda juga harus cermat dan dalam memilih versi OS untuk upgrade, apakah cocok sesuai requiretments dan specification Smartphone anda, jika tidak sesuai anda juga harus seimbangi specification Smartphone anda yaitu dengan cara upgrade hardware Smartphone anda.

Demikian postingan saya kali ini tentang Cara Mudah Upgrade OS Android. Semoga dapat bermanfaat kepada anda khususnya kepada para pemakai Smartphone Android. :)

4 komentar:

  1. gan ane mau tanya nih
    ane pke galaxy fame pgn update os tp pass ngikuti cara yg pertama ga ke luar tulisan up to date tp ke luar tulisan perangkat anda telah d modifikasi tdk ada pembaruan padahal ane blm pernah melakukan update
    mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti pada galaxy fame sudah terpasang versi yg terbaru dan sementara belum tersedia untuk update online, coba pakai cara kedua aja gan soalnya orang banyak yg melakukan update dengan samsung kies

      Delete
  2. Gan kalo update pake cara ke 1, aplikasi yang terinstall bakal ilang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilang semua gan, maka dari itu lebih baik di backup dulu aplikasinya, bisa pakai clean master, atau pakai titanium backup kalau sudah diroot

      Delete