Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Sunday, November 17, 2013

Cara Memperbaiki Bad Sectors Pada Local Disk

how to fix the problem of  Bad sectors

Hard Disk sangat rentan sekali dengan berbagai kerusakan, Tindakan seperti kecerobohan pengguna dapat mengakibatkan kerusakan fatal yang beresiko penggantian Hard Disk baru, selain mahal kerusakan parah pada Hard Disk juga dapat mengakibatkan Anda kehilangan data-data penting di dalamnya. Untuk itu ada baiknya Anda harus melakukan beberapa perawatan khusus supaya Hard Disk Anda selalu sehat dan tahan lama.
Ada beberapa penyebab utama timbulnya bad sectors pada Hard disk yang sulit dihindari terutama untuk komputer-komputer yang mempunyai load kerja tinggi seperti warnet, game center dan komputer perkantoran yang hidup 24 jam non stop dan jarang mendapatkan perawatan.

Di antara penyebab bad sectors antara lain mematikan komputer secara paksa karena hang, mati lampu secara mendadak, virus, menutup aplikasi tanpa prosedur, dan penggunaan aplikasi yang tidak aman. Secara keseluruhan kita akan memperbaiki bad sectors di tiap-tiap drive dimulai dari drive C terlebih dahulu, setelah drive C selesai semua termasuk memperbaiki file sistem yang error baru kemudian kita akan memperbaiki bad sectors dan file sistem yang error di drive D.

berikut ini saya akan memberikan lankah-langkah cara melakukan general checking sekaligus treatment guna menjaga kesehatan dan performa Hard Disk.

  • Untuk memperbaiki bad sectors pertama buka Windows Explorer, My Computer —> klik kanan pada drive local C dan klik properties. Pada jendela properties pilih tab Tools dan klik tombol Check now

local disk c properties

  • Kemudian akan muncul satu lagi jendela kecil di mana Anda di minta untuk memilih satu dari dua pilihan, bisa saja Anda pilih keduanya tetapi saya merekomendasikan Anda untuk memilih atau mencentang kotak Scan for and attempt recovery of bad sectors terlebih dahulu. Kemudian klik start untuk memulai proses perbaikan bad sectors, biasanya proses ini memakan waktu 1 hingga 2 jam tergantung ukuran Hard Disk dan kerusakannya.


  • Saat Anda klik start sistem akan meminta konfirmasi bahwa Anda ingin melakukan perbaikan file sistem, klik saja Schedule disk check, kemudian restart komputer Anda.

 check3


  • Pada saat proses restart, sistem akan otomatis menjalankan perintah atau jadwal perbaikan sistem error yang sebelumnya Anda minta. Tunggu proses ini hingga selesai sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

 check4


Selanjutnya Memperbaiki Bad Sectors dan System Errors di Disk D

  • Selanjutnya Anda dapat melakukan proses perbaikan bad sectors dan system error pada disk D, langkahnya sama dg langkah pertama di atas. Buka Windows Explorer —> My Computer —> klik kanan pada disk D dan klik properties.
  • Pada tampilan menu properties klik Tools dan Check now.



  • Pada jendela check disk local disk (D:) anda centang kotak Scan for and attemp recovery of bad sectors kemudian klik Start untuk memproses perbaikan bad sectors, tunggu hingga proses ini selesai, jangan jalankan aplikasi apapun selama proses berlangsung agar perbaikan benar-benar selesai dengan sempurna.



  • Setelah proses perbaikan bad sectors selesai sekarang saatnya melakukan perbaikan system errors, caranya sama, ulangi langkah pertama di atas dan klik Scan Now pada menu properties. Centang kotak Automatically fix file system errors dan klik Start. Berbeda dengan disk C, pada proses perbaikan system errors di disk D ini Anda tidak akan diminta konfirmasi penjadwalan perbaikan dan tidak perlu me-restart komputer. Perbaikan akan berjalan dalam kondisi komputer sedang hidup, tetapi saya sarankan untuk tidak menjalankan aplikasi apapun terlebih dahulu.



  •  Melakukan perbaikan bad sectors dan system errors adalah dua Treatment khusus yang sebaiknya dilakukan secara berkala agar Hard Disk dan file system selalu dalam kondisi prima. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan Defrag setelah proses di atas. Pasca general checking pada hard disk Anda, coba Anda rasakan perbedaan kinerja komputer antara sebelum proses perbaikan bad sectors dan sesudah perbaikan.

Demikian postingan kali ini tentang Memperbaiki Bad Sectors Dan System Errors Pada Local Disk C dan D Semoga bermanfaat :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Bad Sectors Pada Local Disk

0 komentar:

Post a Comment