Cara Membuat Baterai Android Tahan Lama

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Membuat Baterai Android Tahan Lama


Pada artikel kali ini saya akan berbagi Tips kepada anda yaitu bagaimana cara perawatan baterai pada Handphone/ Smartphone Android anda agar lebih awet dan bertahan lebih lama.
Baterai Android Tahan Lebih Lama memang menjadi suatu keinginan kita, Tapi seperti yang kita semua tahu bahwa OS Android paling sering dalam mengonsumsi daya power Baterai dan koneksi internet. Pada ponsel Android, kebutuhan internet secara terus menerus digunakan atau online setiap saat, hal ini akan menyebabkan daya Baterai terus menurun drastis.
Perlu diketahui indikasi yang menunjukan Baterai rusak atau menurunnya performa Baterai, contohnya seperti Durasi pemakaian sesudah dicharge semakin singkat , Baterai cepat menjadi panas, baik selama proses charge maupun sewaktu Handphone dipakai, dan yang paling terlihat fisiknya adalah Baterai tersebut membengkak/melembung.

Lalu bagaimana cara kita untuk menghemat Baterai Android dan mengoptimalkan durasi pemakaian baterai?
Jadi mari kita lihat Tips membuat Baterai pada Handphone Android dan Tablet Dapat bertahan Lama :

Berikut ini merupakan Tips perawatan dan Cara Menghemat Baterai Android:
  • Cobalah untuk matikan ponsel pada saat Anda sedang tidak perlu memakainya.
    Misalnya malam hari saat anda tidur.
  • Pada saat kita ada di daerah yang poor signal (signalnya lemah). Pencarian signal koneksi di area lemah signal akan menguras energi Baterai anda.
  • Fungsi vibrate. Gunakan ringtone sebagai gantinya. Vibrate menggunakan banyak energi Baterai.
  • Backlight. Perpendek jarak aktif backlight.
  • Matikan fitur bluetooth,kamera, koneksi internet, WIFI,GPS,dan lain-lain, jika sudah tidak dipakai, terutama jika Baterai sudah hampir habis.
  • Menggunakan ponsel mode GSM daripada 3G/ Dual Mode. Pilihan yang terakhir ini akan menambah kapasitas baterai 50 persen.
  • Jaga suhu Baterai ponsel Anda. Baterai ponsel akan awet jika tersimpan pada suhu kamar. Hindarkan ponsel tertinggal di dashbor mobil yang panas, sinar matahari langsung, terkena hujan, ataupun ruangan yang lembab.
  • Ketika Mengisi Baterai Ini sangat penting, isi Baterai Anda hanya ketika Anda mendapatkan Pesan Baterai rendah. Biasanya Anda hanya harus mengisi Baterai Anda ketika memiliki kekuatan 15% dan pastikan Anda mengisinya sampai 100%, Juga non aktifkan semua layanan yang tidak digunakan saat pengisian, hal ini akan mempercepat proses pengisian dan membuat baterai android anda lebih awet.
  • Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan Pada ponsel Android, saat Anda membuka Web, hal ini juga berjalan di latar belakang, dan ketika aplikasi juga berjalan di latar belakang maka akan Mengkonsumsi banyak daya Baterai dan Memperlambat kecepatan dalam memproses sesuatu di Ponsel Android Anda. disarankan untuk menutup browser secara manual. Proses ini jauh lebih sederhana pada Android 4.0 keatas, Untuk gingerbird ada Aplikasi yang disebut "Advance Task Killer" yang memungkinkan Anda untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tips ini tidak hanya akan Meningkatkan Umur Baterai Anda, tetapi juga akan Menambah Kecepatan Ponsel Android Anda.
  • Sesuaikan Brightness Layar Anda
    Semua orang tahu bahwa kecerahan Layar android mengkonsumsi banyak daya Baterai. Semakin tinggi kecerahan maka semakin menguras daya dari Baterai itu sendiri. Kebanyakan smartphone memiliki pilihan auto brightness, meskipun itu adalah pilihan yang baik dan dapat menyimpan sejumlah besar daya Baterai tetapi jika Anda menghabiskan banyak waktu pada lokasi tertentu maka disarankan lebih baik untuk Mengurangi kecerahan layar, semakin rendah kecerahan layar maka semakin rendah pula ponsel dalam mengkonsumsi daya baterai. Hal ini akan membantu untuk Meningkatkan Umur Pemakaian Baterai pada Ponsel Android ataupun Table.
Sebenarnya ada banyak aplikasi yang tersebar di google play untuk meningkatkan peforma Baterai Anda agar lebih awet, tetapi disarankan anda untuk menggunakan metode manual dahulu karena lebih hemat dan mudah untuk diterapkan.

Demikian postingan saya kali ini tentang Cara Membuat Baterai Android Tahan Lebih Lama, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat menoba :)

0 komentar:

Post a Comment