Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Tuesday, December 10, 2013

Cara mempelajari Linux dengan cepat dan mudah

icon linux

Sebenarnya tidak ada yang sulit di Linux jika Anda sudah memahami dasar-dasar pengoperasian sebuah OS komputer. Jika Anda sudah terbiasa bekerja dengan Windows, maka dalam waktu singkat Anda akan segera memahami dan menguasai cara pengoperasian Linux.

Kesulitan yang dihadapi para pemula umumnya berkisar seputar pemilihan distro Linux. ya, ada sekitar ratusan jenis Linux di hadapan Anda sekarang, saran saya anda bisa memilih distro linux yang paling populer misalnya seperti ubuntu, ubuntu ini merupakan distro linux yang sangat populer untuk kalangan pengguna desktop personal. Sifatnya yang stabil dan banyak dukungan software menjadikan Ubuntu menjadi salah satu distro linux paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang daripada jenis distro lainnya.

Lalu ketika anda mulai berfikir untuk menginstal linux dikomputer, bagaimana nasib data di Windows saya? jawaban untuk pertanyaan ini sangat simple yaitu dengan spesifikasi harwdware pada komputer saat ini sangat memungkinkan dual boot, dual boot disini maksudnya ada dua system dalam satu komputer yaitu windows dan linux, pada saat menyalakan komputer dual boot anda bisa memilih dengan OS apa komputer anda akan diakses, jadi anda tetap bisa mengakses windows anda tanpa masalah, atau jika anda belum siap menginstal linux dikomputer, anda bisa menggunakan Live CD.
Permasalahan selanjutnya adalah pemilihan program kerja dan teknis pemakaian utility sistem di Linux.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang disarankan :
  1. Pilih distro populer. Cari informasi dan dapatkan CD instalasi sebuah distro yang populer di lingkungan Anda. misalnya seperti paada penjelasan sebelumnya tentang distro ubuntu, Semakin populer distro pilihan Anda, semakin banyak rekan yang memahami dan siap membantu kesulitan Anda.
  2. Pakai Live CD. Apa itu Live CD ? cara ini lebih praktis daripada anda harus menginstal ubuntu secara permanen ke komputer anda. Live CD adalah salah satu inovasi penggunaan sistem operasi Linux. Anda tidak perlu menginstalasikan Linux atau mengorbankan isi harddisk anda untuk mengoperasikan Linux. Dengan Live CD, anda dapat menjalankan Linux secara aman pada komputer anda melalui sebuah keping CD. Anda tinggal membooting komputer dengan Live CD, tunggu sebentar, dan anda langsung bisa operasikan komputer Linux instan Anda.

    Meskipun dijalankan dari sebuah keping CD, Anda dapat menggunakan program dan utility Linux secara lengkap dan normal seperti jika Anda mengoperasikan sebuah Linux yang terinstal di harddisk. Selesai sesi ber-Linux dengan Live CD, Anda dapat kembali menggunakan OS windows di hardisk.
  3. Bacalah buku artikel,dll. Jika anda kesulitan mendapatkan rekan yang membimbing dan membantu anda  dalam pengoperasian Linux. Jangan putus asa, Linux menyediakan dokumentasi secara lengkap mengenai berbagai hal sesuai topik, teknik, atau program yang ingin Anda ketahui.

    Sebagian dokumentasi bahkan sudah disajikan dalam bahasa Indonesia. dan juga tersedia buku-buku Linux, carilah topik buku sesuai kebutuhan Anda. Alternatif lain, di internet tersedia beragam artikel dan panduan teknis mengenai penggunaan Linux yang siap Anda download secara gratis.
  4. Backup seluruh data di harddisk Anda sebelum menginstal Linux. Pada banyak kasus, karena salah langkah atau salah dalam proses penginstalan Linux, seluruh isi harddisk bisa musnah.

    Siapkan keping CD secukupnya atau pindahkan data ke harddisk lain. Semua menjadi lebih mudah dan cepat jika Anda menginstal Linux pada harddisk kosong / baru, tapi jika tidak ada, maka backup data selalu disarankan. Jika Anda telah menempatkan data pada folder tersendiri, partisi tersendiri, atau bahkan harddisk tersendiri, maka prosedur pembackupan dan pemulihan data (jika diperlukan) akan menjadi mudah dan cepat. Namun, jika data Anda tersebar di berbagai pelosok folder, maka sekarang lah saatnya Anda belajar berdisiplin dalam mengelola data secara baik dan efisien.
  5. Satu lagi yang perlu diperhatikan bagi anda yang baru mengenali linux, cobalah meminta bimbingan kepada rekan anda yang mengerti tentang Linux jika mau menginstalnya. Karena banyak kejadian dimana seorang pemula ketika menginstal Linux dia tidak hati-hati dan tidak terlalu paham ketika proses partisi sehingga data-data yang ada pada harddisknya terhapus semua. Jika cukup di coba melalaui CD Live/USB Live atau sebelumnya telah melakukan backup data, maka tidak masalah, lihat tips no 2 dan 4.
  6. Sama seperti di Windows, Anda dapat bekerja dan memilih aplikasi tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Anda hanya perlu mengetahui padan aplikasi dan alternatif-alternatif program yang bisa Anda gunakan. Linux memiliki beragam software untuk berbagai keperluan. Cara pengoperasiannya secara umum juga sama.

    Open, Close, Save, Copy, Paste, adalah istilah-istilah baku yang dapat Anda kenali di setiap program aplikasi, termasuk di Linux.

    Sebagian besar aplikasi Linux mampu membaca dan mengolah jenis-jenis data yang telah Anda buat atau Anda miliki ketika memakai Windows. Misalnya file data olah dokumen, data olah angka, file presentasi, gambar, hingga koleksi film dan lagu.
Demikian artikel kali ini, semoga tips diatas dapat memberi gambaran tentang pemilihan program kerja dan teknis pemakaian utility pada sistem operasi Linux. sebenarnya cara kerja semua sistem operasi sama saja, kita hanya perlu mengenali dan menyesuaikan menu-menu dan settingan pada sistem operasi yang ingin kita gunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara mempelajari Linux dengan cepat dan mudah

1 komentar:

  1. Thanks for review, it was excellent and very informative.
    thank you :)

    ReplyDelete