Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Monday, December 30, 2013

Cara Mengatasi Force Close di Android

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Force Close di Android - Android sebagai salah satu OS pada smartphone yang paling diminati saat ini pasti juga memiliki permasalahan, salah satunya adalah Force close. Tentu saja sebagai pengguana smartphone android anda pasti pernah mengalaminya bukan?. Baiklah disini saya akan mencoba membahas apa itu Force Close pada Android dan solusi untuk mengatasi serta memperbaikinya.
Force Close (FC) adalah sebuah aplikasi baik itu program ataupun game yang sedang dibuka oleh pengguna/ user namun harus paksa tutup karena aplikasi yang dibuka mengalami not responding.

pesan alert error pada suatu aplikasi tertentu

Force Close menjadi salah satu masalah di Android yang kerap terjadi sekaligus menjadi momok menakutkan untuk para pengguna Android.
Force Close bisa terjadi karena Aplikasi tersebut tidak mendukung di devicenya, mungkin dikarenakan aplikasi yang diinstall masih dalam versi beta/ percobaan dan belum sempurna, tetapi jangan panik apabila ini terjadi pada Aplikasi beta yang baru saja Anda install karena tidak semua aplikasi beta menjadi penyebabnya, penyebab lain diantaranya bisa juga sistem operasi dan aplikasi yang sudah usang, salah menempatkan folder/ direktori suatu aplikasi, gangguan virus ataupun tidak compatible suatu aplikasi terhadap versi OS.

Berikut ini merupakan macam-macam Force Close pada Android dan solusi memperbaiki nya:
  • Force Close All Apps
Yaitu Force Close pada saat setelah flash (ganti custom rom) tapi lupa wipe data maka hasilnya semua Aplikasi tidak dapat dibuka. Nah, untuk cara mengatasinya Anda hanya perlu masuk Recovery Mode lalu wipe data, ini berguna untuk mereset data sebelumnya sehingga Aplikasi tidak tumpang tindih.
  • Force Close Some Apps 
Yaitu banyak sekali Aplikasi yang tidak bisa dibuka namun. Kasus seperti ini hampir sama dengan yang diatas, Force Close some Apps masih bisa diatasi dengan program Titanium BackUp, tersedia di google play. Jadi, Aplikasi yang tidak bisa di buka hanya perlu restore data saja. Lalu bagaimana kalau tidak punya aplikasi backup dari titanium backup? itu berarti Anda harus wipe data via recovery kemudian install kembali Aplikasinya.
  • Force Close An Apps
Yaitu dimana suatu aplikasi tidak dapat dibuka atau mental langsung ke HomeScreen / layar Depan, kasus yang ini kadang susah kadang gampang tergantung kepada Aplikasi yang Force Close itu sendiri. Kadang-kadang kasus yang seperti ini cukup mudah dengan Reinstall saja sudah langsung bisa teratasi.
Penanganan selanjutnya untuk mengatasi Force Close:
  1. Lakukan penginstalan ulang pada Aplikasi yang bermasalah, apabila masih terjadi Force Close.
  2. Reset data aplikasi tersebut, jika masalahnya belum hilang juga.
  3. Lakukan penginstalan di memory internal (kadang aplikasi yang Force close tersebut enggan di tempatkan di external), setelah install tempatkan aplikasi pada folder yang sesuai, folder Android/Data,  Android/obb, atau Gameloft/games.
  4. Langkah selanjutnya wipe data via Recovery Mod (ini membuat apps user hilang) Jika aplikasi yang bermasalah Adalah aplikasi user, install kembali saat setelah wipe data. Atau mungkin Anda perlu ganti Kernel atau CustomRomnya sekalian (saya pernah menginstall suatu aplikasi tapi tidak dapat dibuka, kemudian saya ganti kernel plus cuctom rom alhasil aplikasi berjalan walaupun lambat
Mungkin itu saja cara mengatasi Force Close yang bisa saya bahas. Semoga bermanfaat bagi anda para pengguna android.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Force Close di Android

5 komentar:

  1. terimakasih mas dah sukses.

    ditunggu kunbalnya yah.

    Regards,
    Aplikasi Android

    ReplyDelete
  2. Kalo yang FC nya di sistem gimana cara mengatasinya..contohnya “sayangnya proses com android setting telah berhenti“

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan factory reset di recovery mode, supaya memulihkan kesettingan sebelumnya yaitu sebelum kronologis masalahnya terjadi.

      Delete
  3. Boleh kasih tutornya cara resetnya ga gan, maklum newbie nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tutornya, silahkan baca postingan saya yang ini !!

      http://mysoftwared.blogspot.com/2014/03/cara-melakukan-factory-reset-pada-hp.html

      Delete