Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, December 5, 2013

Pengertian dan Fungsi Root Pada Android

definisi root pada android

Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang Pengertian dan Fungsi Root pada Hp/smartphone android, bagi anda yang belum tahu mengenai root andrid, apa itu fungsinya, oleh sebab itu saya akan menjelaskannya secara detail.
Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna Hp) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada Hp android yang kita punya.

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.
Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?

Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Kelebihan:
  • Akses tak terbatas terhadap system Android
  • Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak mudah penuh
  • Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
  • Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
  • Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
  • Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat
Kekurangan:
  • Dapat menghilangkan garansi handphone
    Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila Anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membuka casingkomputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi. Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak. Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.
    Sama halnya dengan root Android. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak. Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.
    Catatan: Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall)
  • Aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file, untuk masalah ini sepertinya anda juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal aplikasi pada Hp android anda, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat anda instal dari google play seperti : avast
Setelah anda melakukan Root pada Hp android, anda bisa mulai mencoba menginstal Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan hak akses root seperti Root Explorer, BatteryGuru supaya baterai lebih irit,  Titanium Backup yang berfungsi untuk backup dan restore aplikasi, SetCPU dll

Kemudian setelah aplikasi-aplikasi terinstal, saatnya anda mengoptimalisasi ROM, caranya :
  • Hapus Bloatware, bloatware adalah aplikasi bawaan yang jarang kita pakai dan tidak berguna, yang menuhi drawer. Bloatware ini biasanya berada di system/app, buka pakai Root Explorer atau anda juga bisa menggunakan gemini apps manager untuk menghapus aplikasi tersebut.
aplikasi untuk menghapus bloatware
Gemini apps manager
  • Backup ROM anda, backup aplikasi dan sistem yang telah diinstal pakai Titanium Backup
mem back up aplikasi yang terinstal
Titanium backup apss
  • Optimalkan baterai, pakai BatteryGuru dan Greenify
  • Hibernate Aplikasi yang jarang digunakan dan tidak mempunyai notifikasi seperti game, browser, camera, dll. Jangan Greenify aplikasi yang membutuhkan notifikasi, contoh Whatsapp, WeChat, dan aplikasi sosial media lainnya, karena akan membuat notifikasi tidak keluar.
  • Over lock CPU, anda bisa mengatur dengan mudah kecepatan CPU sesuai dengan yang anda inginkan, anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama SetCPU.
overlock cpu dengan SetCPU apss
SetCPU apss
  • Ganti/Instal Custom ROM, Hal inilah yang membuat Hp Android root paling menyenangkan. Terlebih di internet banyak ditemukan berbagai jenis ROM custom yang bisa saja menghasilkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan stock ROM. Biasanya custom ROM sudah disertai tweak yang membuat performa Hp kita lebih maksimal dan user interface atau tampilannya juga menarik.
gambar dan tampilan custom room
Custom room
Dengan pembahasan tentang Root pada android pasti anda sekarang sudah paham kan, Demikian pembahasan artikel kali ini tentang Definisi dan Fungsi Root Pada Android, semoga menambah pengetahuan kita para pemakai Hp android, terimakasih atas kunjungan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Fungsi Root Pada Android

0 komentar:

Post a Comment