Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, December 12, 2013

Tips Mengatasi Masalah Koneksi Wifi pada Android

mengatasi masalah koneksi Wi-fi di Android
Mengatasi Masalah koneksi Wifi Android - Ponsel/ smartphone android pada saat ini tentu saja sudah dilengkapi dengan Wi-Fi untuk koneksi internet. Koneksi Wi-Fi sangat berguna bagi ponsel / smratphone android jika kita dalam kawasan hotspot dan tentu sangat menguntungkan karena bisa internetan secara gratis. Tetapi walaupun ponsel/ smartphone android kita sudah canggih tetap saja pasti ada masalah dan gangguan pada koneksi Wi-Fi kita, tentu saja hal ini terkadang membuat Kesal. Memang bagi sebagian pengguna ponsel android masalah koneksi Wi-Fi selalu saja terjadi, entah itu tidak bisa conect, atau tiba-tiba koneksi mendadak putus, dsb.
Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Pada artikel kali ini saya akan membahas cara efektif mengatasi hal tersebut.

Berikut ini merupakan Tips dan cara yang paling efektif untuk Mengatasi Masalah Wi-fi di Android:
  • Cek modem Wi-Fi ON/OFF
    Hal utama yang harus dicek adalah apakah modem yang tersambung ke Wi-Fi dalam kondisi hidup dan normal. Jika menggunakan modem dan Wi-Fi yang terpisah pastikan lampu indikator untuk internet menyala. Cek juga apakah Wi-Fi router lampu internet juga sudah hidup/ON, biasanya jika ada bentrok lampu indikator mempunyai beda warna. Jika normal semua berwarna kuning, mungkin ada satu yang berwarna oranye. Lebih baik lepaskan kabel power yang menghubungkan wifi router dan modem dan pasang kembali agar lebih pasti.
  • Cek juga apakah Wi-Fi pada ponsel anda dalam keadaan ON. Biasanya tinggal swift layar paling atas dan bakal muncul menu yang salah satunya Wi-Fi. Atau bisa juga ke Settings ⇨ Wi-Fi centang atau posisikan ON.
  • Jika modem sudah ON dan Wifi ponsel juga sudah ON tetapi masih tidak conect juga cobalah restart/ matikan Ponsel, kemudian lepaskan baterai dari casing dan tunggu beberapa saat, kemudian pasang kembali baterainya dan nyalakan kembali handphone anda. Ini bertujuan untuk merefresh dan memperbarui sistem pada ponsel anda.
  • Refresh Network, Jika cara ketiga juga tidak berhasil cobalah refresh kembali jaringan anda. Biasanya kasus ini terjadi saat WiFi berada diluar jangkauan. Hapus jaringan lama kemudian munculkan kembali dengan cara menekan Forget Network untuk mencarinya ⇨ masukkan kembali password jaringan. Perhatikan juga Password Wi-Fi jaringan, pastikan anda memasukan paswordnya secara benar, jadi cobalah melihat kembali Password yang anda masukkan.
  • Cek Perangkat Yang Terkoneksi Wi-Fi, apakah ada pembatasan perangkat/ user pada lokasi hotspot tersebut, agar tidak menjadikan internet lemot biasanya secara default wifi router akan membatasi perangkat yang terkoneksi. Ada yang hanya 4 atau mungkin maksimal 10 perangkat/ user saja. Untuk mengecek pembatasan perangkat pada area hotspot tersebut cobalah anda tanyakan petugas yang berada diarea hotspot, jika ternyata benar ada pembatasan perangkat maka anda tidak akan bisa terkoneksi pada jaringan, kecuali jika pembatasan perangkat tersebut belum penuh/ belum terpakai semua.
  • Cara yang terakhir adalah penggunaan alamat IP statis, hal ini dapat dilakukan jika Router mengalami masalah saat mengkoneksikan dengan cara membagi-bagikan alamat DHCP, Untuk mengkonfigurasi IP statis, tekan Use Static IP dan kemudian mengisi pengaturan secara manual (DNS, Gateway, Subnetetmask, IP Address). Berikut caranya pilih pengaturan ⇨ Nirkabel dan jaringan ⇨ pilih Pengaturan WIFI ⇨ tekan menu untuk menampilkan menu men-Scan ⇨ kemudian pilih Tingkat Lanjut ⇨ Pada pengaturan WIFI Tingkat Lanjut terlebih dahulu kita aktifkan centang pada Pakai IP statis. Setelah itu baru kita isi seperti dibawah ini:
  • Alamat IP ( IP Address): 192.168.1.2
  • Default Getway: 192.168.1.1
  • Subnetmask: 255.255.255.0
  • Network prefix length: 24
  • DNS 1 (Prefered DNS): 8.8.8.8
  • DNS 2 (Alternate DNS): 8.8.2.2
  • Kemudian save pengaturan tersebut.
Itulah langkah-langkah yang paling efektif untuk mengatasi masalah koneksi Wi-Fi pada perangkat Android anda, jika tips/ cara diatas sudah anda lakukan tetapi masih saja tidak bisa kemungkinan bisa saja ada kerusakan pada hardware ponsel android anda, jika seperti ini penanganan lebih lanjut anda harus membawa ponsel android anda ke service center, Demikian pembahasan artikel kali ini tentang Tips Mengatasi Masalah Koneksi Wi-Fi pada Android, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengatasi Masalah Koneksi Wifi pada Android

11 komentar:

  1. Makasih mas bro, sukses connect berkat tips dari anda

    ReplyDelete
  2. gan, smartphone ane andro G
    tutor yg ente ksh beda ama yg pnya ane
    mohon pencerahan donk, dari awal beli belum bsa connect wi-fi
    :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari awal beli? wah itu komplain ke service center nya aja gan

      Delete
  3. gan,saya udah ikutin semua langkahnya,masih aja tetep gak konek

    ReplyDelete
  4. Nice Post gan ,Semoga blognya tetap lancar

    ReplyDelete
  5. tips yang terakhir berhasil bos.. terimakasih bos....

    ReplyDelete