Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

menggunakan laptop dengan melepas baterai
Bagi anda pengguna Laptop Mungkin sering mendengar pendapat/ persepsi orang lain yang berbeda-beda mengenai penggunaan laptop tanpa baterai, ada yang bilang "kalau saat menggunakan laptop dilepas baterainya, apalagi kalau dipakai bermain game nanti bisa rusak, bocor, overcharging, dll. Pendapat lain mengatakan "saat menggunakan laptop sebaiknya dipasang baterainya walaupun daya listriknya sudah penuh, karena kalau dilepas bisa menyebabkan kerusakan komponen hardwarenya". loh kok bisa menyebabkan kerusakan hardware?
Mungkin kebanyakan orang yang memberi claim untuk memasang tidaknya baterai di laptop saat digunakan hanya sekedar mengira-ngira tanpa mengetahui dampak buruk nya dari analisa yang sebenarnya.
kalau melihat dari perkiraan analisis memang memasang atau tidak memasang baterai dua-duanya memiliki efek negatif

Berikut adalah dampak negatif penggunaan laptop memakai baterai atau tanpa baterai:
  • Melepas baterai itu berbahaya memang benar, jangan sekali-kali anda melakukannya karena komponen hardware laptop terutama motherboard/ mainboard akan menerima tegangan arus listrik yang berlebihan dan bisa menyababkan konsleting yang berdampak mati total pada laptop.
  • Menggunakan laptop dengan dengan kondisi baterai dilepas tetapi menggunakan stabilizer/adapter biasanya pada charger laptop sudah ada adapternya, walaupun fungsinya adalah untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke laptop misanya membatasi tegangan masuk sebesar 19 volt, tetapi itu tidak menjamin penyesuaian besar kecilnya tegangan yang disalurkan, apalagi jika adapternya KW, sedikit banyak tegangan listrik yang masuk juga dapat mempercepat kerusakan komponen hardware, dengan memasang baterai akan menstabilkan daya baterai yang masuk, karena sebenarnya fungsi baterai ketika sudah full charging adalah penyaring tegangan listrik yang masuk.
  • Memakai laptop tanpa baterai sangat lebih fatal apabila terjadi mati lampu, apalagi kalau sering mati lampu, otomatis laptop langsung mati tanpa melalui proses shut down yang benar, kalau terus seperti ini maka akan berdampak pada kerusakan harddisk, processor dan RAM.
  • Menyalakan laptop dengan AC power dan baterai dipasang, jika terus seperti ini pasti akan merusak baterai, sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman kepada anda yaitu pada laptop saya Acer 4750G yang sudah mempunyai teknologi baterai lithium-ion digaransinya baterai ini mencapai 2 tahun pemakaian full dan bisa men-stop sendiri pengisian daya apabila sudah penuh, tetapi nyatanya hanya bertahan 1 tahun saja setelah digunakan tanpa melepasnya dan sekarang muncul pesan Consider replacing your battery :), berarti hasil perkiraan dan prakteknya berbeda jauh.
  • Baterai ini banyak bentuk dan ukurannya, tapi isinya ya kira-kira sama aja. Baterai ini terdiri dari banyak sel, yang masing-masing sel dihubungkan dan digabungkan dalam satu pak baterai. Dari hasil diforum yang pernah saya baca ternyata menggunakan laptop dengan memasang baterai yang pak baterainya sudah rusak kemungkinan kecil akan menyebabkan baterai meledak, serem juga ya... entahlah.
Jadi kesimpulannya sebaiknya baterai laptop selalu dipasang apabila sedang menggunakan laptop, jika anda disuruh memilih mendingan mana rusak laptopnya atau baterainya? kalau saya sih tidak memilih kedua-duanya haha.
Demikian artikel yang saya bahas kali ini tentang Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai, Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. garis besarnya jgn melepas batrei atau menghubungkan /menyalakan laptop tanpa batre .karena itu tidak bagus /rawan rusak.
    sesuai aturan saja gan batre tetap di pasang saat di gunakan lebih bagus.dan utk memelihara usia batre tersebut lebih lama mudah kok.copotlah batre saat laptop udah di shut down. jadi benar''off intinya di istirahatkan nih buktinya laptop ane udah 3thn massih joz.

    ReplyDelete