Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Wednesday, January 22, 2014

Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Tanpa Root

Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Tanpa Root
Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Tanpa Root - Android yang sampai sekarang masih menjadi pilihan utama para pengguna smartphone tentu saja membutuhkan suatu perawatan, layaknya suatu barang kalau kita rajin merawat dan menjaganya tentu akan awet. tidak hanya cukup merawatnya saja anda sebagai pengguna smartphone terutama yang berbasis android juga perlu mengoptimalkan suatu kinerja dan performa smartphone android kesayangan anda. Dengan kinerja android yang optimal tentu saja tidak pernah ditemui masalah seperti lambat, hang, bootloop, dsb. Memang untuk lebih memudahkan anda dalam mengoptimalkan android salah satunya dengan melakukan proses root, proses root ini sangat mempengaruhi optimalnya suatu android, tetapi jika anda belum melakukan root pada smartphone anda tidak usah khawatir, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone android anda tanpa harus melalui proses root terlebih dahulu, baiklah langsung saja berikut tipsnya:

1. Memahami Kapasitas Smartphone
Memahami kapasitas atau spesifikasi smartphone Android yang Anda miliki merupakan hal yang sangat penting dan sangat perlu untuk diketahui. Tanpa mengetahui kemampuan smartphone tersebut, akan berdampak memperpendek umur smartphone, seperti jika anda sembarangan seperti memasang perangkat yang tidak compatible dan penggunaan melebihi kapasitas kemampuan perangkat, maka perangkat tidak akan optimal dalam melakukan tugasnya, dan kinerja smartphone pastinya akan terporsir.

2. Nonaktifkan Live Wallpaper dan Widget
Display yang ditampilkan pada layar utama/homescreen adalah bagian terpenting untuk mempercepat kinerja perangkat android. Sebaiknya penggunaan Live Wallpaper, widget, dan Animasi layar yang tidak terlalu penting anda kurangi, pakailah tampilan yang standar saja, anda bisa mengaturnya di settingan display. dengan begitu perangkat android anda tidak terlalu berat dalam mengolah aplikasi dan juga meringankan saat proses booting.

3.  Jangan terlalu banyak install aplikasi
Mulai sekarang anda cobalah memasang aplikasi yang penting dan diperlukan saja. Jika banyak aplikasi diperangkat anda yang sudah terinstall bisa anda sortir lalu uninstall, jika memory dan RAM anda kecil sebaiknya anda pilih aplikasi yang mana menurut anda penting atau tidak untuk diinstall. Google play app store memang sudah menyediakan ribuan aplikasi yang siap untuk dipasang akan tetapi kembali lagi tentang pemahaman anda akan kapasitas smartphone anda mencukupi atau tidaknya. kalau memory dan RAM anda besar sih sah-sah saja memasang banyak aplikasi karena sesuai dengan kemampuannya yang besar. Dengan mengontrol penggunaan aplikasi yang dipasang akan melancarkan seluruh kinerja Smartphone.

4. Nonaktifkan Koneksi Internet dan Proses Sinkronasi
Hal ini sangat berpengaruh membuat perangkat android bekerja lebih optimal, sehabis menggunakan internet atau browsing sebaiknya anda close browser anda, kebiasaan para pengguna android yaitu tidak pernah atau lupa menutup browser sesudah menggunakannya. Karena koneksi data/internet sangat berpengaruh besar terhadap pemakaian daya pada baterai. Untuk mengontrol penggunaan internet anda bisa meginstall aplikasi untuk mengontrol konektivitas pemakaian data dan sinkronasi layar belakang. dan jangan lupa untuk mematikan auto update aplikasi pada perangkat android anda.

5. Segera Charge Baterai Anda
Lakukan pengisian baterai android anda ketika sudah low battery, atau anda bisa menonaktifkannya jika anda sedang dijalan dan tidak bisa mengisi baterai, hal sepele ini memang suka diabaikan, ketika baterai sudah hampir habis tetap saja melakukan aktifitas pada ponsel kalau belum sampai habis benar daya baterainya, hal ini memiliki efek negatif selain pada ponsel juga kepada pengguna ponsel itu sendiri, mengapa demikian? karena ketika anda memaksakan handphone anda untuk selalu tetap menyala akan merusak dan memperpendek umur baterai, yang lebih fatalnya lagi jika anda menerima telpon dalam keadaan baterai yang sudah low itu mengakibatkan radiasi yang cukup tinggi, karena ketika Dalam kondisi ini smartphone low akan bekerja extra keras agar sinyal 3G tetap stabil.

6. Minimalkan penggunaan aplikasi
Sebenarnya tips yang ini pada dasarnya hanya mengingatkan kembali kepada anda, jika anda yang sering membuka banyak aplikasi sekaligus dan menutup android anda dalam keadaan banyak aplikasi yang sedang dibuka itu merupakan kebiasaan yang sebaiknya harus anda kurangi. kinerja perangkat Android dipengaruhi oleh kapasitas RAM dan memory internal. RAM dan memory akan terus menerus bekerja Untuk memproses semua aplikasi yang sedang berjalan akibatnya baterai akan boros. Mulai sekarang jangan lupa untuk menutup aplikasi yang telah digunakan.

7. Mengontrol Pemakaian RAM
Dalam mengontrol kapasitas RAM ada banyak cara yang bisa digunakan salah satunya dengan menginstall aplikasi Taks killer aplikasi ini efektif dapat meningkatkan jumlah memori RAM yang tersedia dan mematikan aplikasi yang tidak bekerja dengan sempurna/error, atau ada cara lain yang juga ampuh selain menggunakan task killer dengan menambah kapasitas RAM pada android caranya bisa anda baca di artikel saya sebelumnya tentang Tips Cara Menambah RAM Pada Smartphone Android.

Itulah bebrapa tips yang perlu anda lakukan, anda bisa langsung menerapkannya mulai sekarang, dengan begitu kinerja smartphone anda akan selalu optimal. Semoga Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Tanpa Root ini dapat bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Tanpa Root

1 komentar: