Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, February 13, 2014

Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android

Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android
Cara Mudah Backup dan Restore Data/Aplikasi di Android - Pada kesempatan kali ini saya akan share cara yang cukup mudah untuk melakukan backup pada smartphone/ponsel/Hp android. Backup itu sangat penting, tujuannya apabila sewaktu-waktu android anda mengalami masalah contohnya seperti Hard Boootloop, maka diperlukan Flashing, jika anda belum backup, maka anda akan kehilangan data-data dan aplikasi penting pada android, dan tentu juga dapat merugikan anda. Maka dari itu disarankan untuk anda melakukan backup ini. Dan pada tutorial backup kali ini saya akan mencoba menggunakan aplikasi Titanium Backup yang sudah tersedia di google play app store.

Mengapa harus memakai aplikasi? ya kalau hanya untuk mem-backup file seperti video, gambar dll memang tinggal di copy dan pindahkan saja langsung ke media penyimpanan lain, tetapi bagaimana kalau aplikasi dan sistem yang sudah terinstall, tentu tidak bisa di copy langsung, maka dari itu dibutuhkanlah aplikasi titanium backup ini. Titanium Backup adalah sebuah aplikasi untuk perangkat Android yang dapat dibilang sangat multifungsi dan kompleks. Jika Anda ingin melakukan backup semua data Android Anda, mulai dari data aplikasi sistem sampai Wi-Fi hotspot yang tersimpan, Titanium Backup ini adalah pilihan tepat yang bisa anda gunakan.

Tetapi untuk dapat menggunakan aplikasi Titanium Backup perangkat android anda harus sudah di Root terlebih dahulu, jika perangkat anda belum di Root silahkan baca Cara Root Semua Perangkat Android.

Berikut Cara Backup Android Dengan Titanium Backup
  • Silahkan Download Titanium Backup Disini.
  • Setelah selesai download, kemudian anda install aplikasi Titanium Backup, lalu klik pada tab “Backup/Restore.” Pilih “Menu,” lalu pilih “Batch.” Dari menu ini, pilihlah “RUN Backup all user apps + system data.” (pilihan tsb akan mem-backup keseluruhan data pada android anda).
Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone AndroidCara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone AndroidCara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android
  • Setelah Anda memilih daftar backup, Selanjutnya anda akan diberikan prompt options sekali lagi. Aplikasi ini menawarkan kepada Anda apakah ingin melakukan kill app pada aplikasi yang berjalan, ataupun mengecualikannya. Anda juga memiliki opsi/pilihan untuk tidak memasukkan aplikasi tertentu untuk di-backup. Gunakan opsi “Kill active apps” dan biarkan semua aplikasi dicentang. Setelah selesai, ketuk “Run the batch operation”.
Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone AndroidCara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone AndroidCara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android
  • Setelah proses backup semua aplikasi telah selesai dan berjalan lancar, Anda akan melihat icon senyum dan tanda centang. Lalu anda akan melihat daftar menu “Backup/Restore” disitu ada informasi tanggal anda melakukan backup pada semua aplikasi yang sudah di backup, lihatlah pada tiga panel terakhir pada gambar diatas !!. Semua data backup Anda disimpan di direktori “/TitaniumBackup/” pada SD Card Anda. Kemudian anda Salin seluruh isi direktori kedalam media penyimpanan lain, atau ke komputer Anda.
Berikut Cara Restore Dengan Titanium Backup

Setelah anda backup semua data beserta aplikasi dan sistemnya, kemudian anda ingin melakukan restore mudah saja, simaklah caranya berikut ini:
  • Copy semua isi backup data di dalam komputer anda, pindahkan ke SD Card pada direktori/folder  /TitaniumBackup/ jika foldernya tidak ada bisa anda buat sendiri.
  • Kemudian jalankan Titanium Backup, saat melakukan restore data Android ada beberapa opsi/pilihan, untuk pilihan pertama pergilah ke “Menu => Batch” saat anda berada pada layar “Backup/Restore”. Scroll kebawah sampai Anda melihat sub-judul “Restore.” dan disini anda bisa memilih opsi yang cocok dengan kebutuhan restorasi data Anda, sama seperti yang Anda lakukan saat melakukan backup sebelumnya. Lihatlah dua panel awal pada gambar dibawah ini !!
Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android
  • Selanjutnya untuk cara kedua restore data Android dengan Titanium Backup. Misalnya jika Anda hanya ingin me-restore data level yang telah terbuka pada game Angry Birds. pilihlah aplikasi Angry Birds, yang ada didalam daftar “Backup/Restore” dan klik “Restore”.
Bagaimana mudah bukan cara backup ini? anda pasti bisa dengan mudah melakukannya, sekian panduan dan tutorial yang saya bagikan kali ini tentang Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Backup dan Restore Aplikasi di Smartphone Android

0 komentar:

Post a Comment