Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, February 20, 2014

Cara Mengatasi Lupa Password dan Pola Kunci di Android

Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di Android
Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di Android - Mengunci ponsel android itu sendiri memang sangat diperlukan untuk Menjaga Keamanan ponsel android, biasanya kita menguncinya dengan Menggunakan Pola atau sandi. Dengan mengunci ponsel, kita bisa dengan tenang karena dapat terhindar dari jangkauan tangan-tangan orang yang jahil yang bermaksud ingin mencuri privasi atau membajak perangkat kita. tetapi permasalahannya bagaimana jika kita Lupa pola atau sandi dan telah membukanya berkali-kali, Lalu apa yang harus dilakukan ketika masalah itu terjadi? Permasalahan lupa pola sandi atau forgot pattern memang hal yang wajar dan sering terjadi kepada pengguna android, jika anda mengalami hal seperti ini tenang saja tidak usah panik karena banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Dan disini saya akan coba membahas beberapa cara dan tips untuk menanggulangi problem tersebut, Simaklah caranya sebagai berikut:

Cara Pertama

Cara ini terbilang cukup mudah, Jika sebelumnya anda telah membuat dan men-setup akun Gmail untuk menghubungkan/ verifikasi perangkat android anda ke play store, disini anda hanya cukup mengatur ulang password anda dengan bantuan akun Gmail yang sudah terhubung dengan perangkat tersebut, caranya:
  • Pilih lupa forgot pattern/password.
Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di Android
  • Kemudian masukan Username dan Password anda yang sudah ter-setup ke perngkat android anda sebelumnya.
Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di Android
  • Setelah itu sign in, dan silahkan atur ulang pattern key anda.
NB: cara diatas hanya bisa dilakukan jika perangkat android tersebut bisa melakukan akses internet, namun jika tidak bisa yang dikarenakan akses internet dimatikan atau kuota yang habis maka kita tidak akan bisa sign in sehingga kita tidak bisa membuka android yang terkunci tersebut. 
Cara Kedua 

Cara kedua yaitu dengan menggunakan bantuan ADB di PC/komputer, cara ini dilakukan sebagai antisipasi apabila koneksi internet ponsel android tidak terhubung, artinya dengan munggunakan bantuan PC kita bisa mendefault ulang pola password pada smartphone. Simaklah caranya berikut ini:
  • Android SDK bisa anda dapatkan Disni.
  • ADB (Android Debug Bridge) bisa anda dapatkan Disni.
  • Setelah anda mempunyai SDK dan ADB silahkan install kedua aplikasi tersebut.
  • Lalu sambungkan android ke PC menggunakan kabel data, pastikan juga perangkat android dalam keadaan USB Debugging, caranya pergi ke Settings > Developer options > centang USB Debugging.
  • Kemudian buka CMD (command prompt) pada PC dengan menekan windows+R, lalu ketik: adb devices jika tersambung akan ada tulisan "list of devices attached" dan terdapat serial numbernya, setelah itu Ketikan rm/data/system/gesture.key, setelah itu restart Android anda, maka tampilan unlock akan langsung menuju home anda.
Cara Ketiga

Cara ketiga ini bisa dilakukan jika anda menggunakan mode keamanan berupa password, yaitu ketika Akun Google gagal membuka Kunci, simaklah langkah-langkahnya di bawah ini dan semoga bisa menjadi penyelesaian masalah anda:
  • Coba ketikkan "null" sebagai password anda.
  • Coba masukkan username tanpa gmail.
  • Kombinasikan langkah 1 dan 2.
  • Telepon nomor anda menggunakan ponsel  lain, jawab, tanpa menutup panggilan tekan "tombol home", kemudian tekan "menu" lalu "setting", dan cobalah untuk menonaktifkan pola kunci.
  • Hubungi smartphone Android anda menggunakan ponsel lain, jawab, tutup, dan langsung tekan-tekan tombol smartphone anda selama 30-60 detik dan akhiri dengan menekan tombol home, masuk ke "setting" dan "nonaktifkan pola".
Cara Keempat

Jika cara Ketiga juga belum memberi solusi alias gagal, cobalah menggunakan cara Reset perangkat android anda dengan melakukan recovery mode tentu cara ini adalah jalan terakhir dan mudah-mudahan dapat menyelesaikan masalah lupa password tersebut, jika proses reset ini dilakukan semua data yang tersimpan dalam memory internal akan terformat, untuk antisipasi hal tersebut lepas SD Card anda sebelum melakukan cara ini, untuk proses reset ini Simaklah langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Matikan/nonaktifkan ponsel.
  • Masuk recovery mode (tekan dan tahan tombol power + home + volume up). jika perangkat Android yang tidak memiliki tombol home (Tekan dan tahan tombol volume up + volume down + power) sampai ikon Android muncul di layar .
  • Pilih "Wipe data / factory reset".
  • Kemudian pilih "Wipe cache partition".
  • Lalu pilih "Reboot system now".
 Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di Android

Itulah beberapa Cara mengatasi lupa Password dan Pola kunci di AndroidSemoga postingan ini dapat membantu serta bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Lupa Password dan Pola Kunci di Android

1 komentar:

  1. file sdk android nya kok guede ya gann //???

    ReplyDelete