Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Saturday, February 8, 2014

Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) di Android

Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) di Android
Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) di Android - Pernahkah anda merasakan kinerja ponsel android anda sudah mulai berat dan lambat atau hang ketika membuka banyak aplikasi? ya sudah tidak diragukan lagi itu merupakan efek terlalu banyak nya aplikasi yang terinstall dan memakan banyak ruang pada memory. Sekarang saya akan coba membahas salah satu solusi dari masalah anda tersebut yaitu dengan menghapus Bloatware pada perangkat android. Bloatware itu sendiri adalah aplikasi atau pun layanan dari vendor pembuat perangkat android yang sudah dipasang langsung pada saat pembuatan dipabriknya. bloatware yang terlalu banyak justru tidak bagus karena akan berdampak memperlambat kinerja android karena kebanyakan bloatware berjalan di balik layar sehingga cukup memakan ruang pada RAM android.

Sebelum melakukannya, pastikan Android anda sudah di root. Jika perangkat android anda belum di root silahkan baca cara root semua perangkat android disini. Bloatware ini tidak dapat di hapus dengan cara biasa tetapi kita harus memasuki folder system untuk menghapus boatware tersebut, contoh bloatware adalah seperti widget accuweather, yang biasanya ada  di hp samsung, ini cukup mengganggu performa karena memakan RAM yang cukup besar, intinya jika sudah di root maka perangkat smartphone android anda berada dalam kontrol anda sepenuhnya. Karena tanpa akses root, bloatware yang dihapus akan kembali lagi setelah Android di-reboot/restart.  Untuk menghapus bloatware anda bisa simak caranya di bawah ini :
  • Download aplikasi Root explorer ⇨ disini.
  • Buka aplikasi Root explorer tersebut ⇨ masuk ke folder system ⇨lalu ke folder app.
  • Di Folder app anda dapat melihat beberapa aplikasi bawaan dari vendor Perangkat android anda dan hapus aplikasi yang menurut anda tidak berguna, tetapi harus hati-hati karena terdapat beberapa aplikasi yang memang penting dan bila di hapus dapat mengganggu sistem.
  • Selanjutnya anda tinggal pilih aplikasi bawaan (bloatware) mana yang ingin anda hapus.
  • Jika ada bloatware yang tidak bisa dihapus, anda rubah dulu permission dari R/W ke R/O dengan cara menekan di sebelah kanan atas, dengan demikian bloatware sudah dapat dihapus.
Selain cara diatas, ada cara lain yang lebih praktis dan memudahkan anda dalam menghilangkan bloatware ini yaitu dengan aplikasi yang langsung diinstall pada perangkat anda, aplikasi ini masih terbilang baru, tetapi sudah tersedia di google play app store yaitu bloatware remover, dan NoBloat Free, aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis mana yang merupakan bloatware dan mana yang bukan. Silahkan anda unduh dan pasang langsung aplikasi tersebut di android anda.
Download NoBloat Free

Itulah dua cara yang saya bagikan untuk menghapus bloatware atau aplikasi bawaan pada perangkat android anda, dengan menghapus bloatware maka perangkat / gadget anda akan terasa lebih leluasa dan anda bisa menginstall banyak aplikasi lain yang lebih diperlukan. Sekian artikel kali ini tentang Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) di Android, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) di Android

0 komentar:

Post a Comment