Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax

Cara mengaktifkan data gsm pada smartfren andromax - Pada kali ini saya akan coba Sharesebuah tutorial kepada anda yaitu tentang Cara melakukan aktivitas Internet di semua ponsel andromax dengan menggunakan kartu GSM. Kita sudah tahu bersama bahwa Smartfren Andromax merupakan sebuah ponsel android yang memiliki dua kartu atau dual SIM card, yaitu SIM1 dengan Smartfren CDMA, dan SIM2 dengan GSM.

Pada awalnya Saya kira untuk menikmati layanan internet di Smartfren Andromax ini kita harus memakai kartu Smartfren CDMA Saja. Tetapi setelah saya menjelajah di berbagai referensi ternyata Kartu GSM pada Andromax dapat juga digunakan untuk internetan Baik itu andromax yang berbasis Versi Jelly Bean maupun ICS. Smartfren Andromax ini memiliki berbagai tipe seperti Andromax C, Andromax G, Andromax T dan lain-lain, dan dari semua tipe tersebut bisa sudah bisa menggunakan internet dengan GSM asalkan OS nya sudah ICS or Up.

Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax


Tutorial menggunakan internet dengan GSM ini pada dasarnya hanya melakukan disable/ menonaktifkan proses service Pada kartu CDMA, sehingga apabila perangkat data diaktifkan, maka yang akan aktif adalah kartu GSM nya. Namun hanya akan mendapatkan sinyal EDGE dan tidak bisa HSDPA (3G). Tapi setelah saya mencoba nya internetan dengan GSM di Andromax i2 milik saya sendiri ini sudah work dan juga lumayan cepat, nah untuk melakukan ini tidaklah begitu sulit, dan kita juga Tidak Perlu Repot-repot Melakukan Root pada ponsel kita.

Berikut ini merupakan cara sederhana dan cukup mudah untuk dapat Menggunakan Internet Dengan Kartu GSM Pada Andromax Dual SIM. Sebelumnya, pastikan Andromax anda sudah diatur untuk menggunakan Bahasa Inggris agar cara ini dapat diikuti dengan mudah (hanya opsional). Baiklah tidak usah berlama-lama lagi langsung saja anda simak tutorialnya berikut ini:
  • Pertama Unduh aplikasi Any Cut disini.
  • Setelah selesai di unduh, install any Cut kemudian jalankan Any Cut. Maka akan muncul "new shortcut". Pilih "Activity" kemudian pilih "Select subscriptions", lalu beri nama terserah yang anda inginkan (disini saya memberi namanya My GSM), setelah itu pilih "Oke".
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Selanjutnya jika shortcut My GSM Sudah muncul dimenu, maka anda ulangi seperti pada langkah diatas untuk membuat Shortcut APN, caranya buka Any Cut pilih "Activity" lalu pilih "APN" kemudian beri nama lalu Oke.
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Jika kedua shortcut tersebut telah dibuat, lalu masuk ke shortcut "My GSM" dan Centang pada "SIM Card 2", dan hilangkan centang pada "RUIM Card 1", lalu klik "Oke".
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Jika Berhasil maka ada pemberitahuan "Set Subscription Succes". Selanjutnya Buka Sortcut APN dan anda Check list provider tersebut dan pastikan Proxy dan Portnya kosong (tidak disetel).
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Untuk Melihat keberhasilannya anda bisa lihat pada Sinyal RUIM CDMA jika sinyal tersebut hilang maka sudah berhasil mengubah koneksi internet Hp anda ke GSM, dan untuk diperhatikan sebelum anda mencoba mengetes internet nya anda lakukan refresh pada jaringan / DATA caranya hilangkan koneksi DATA dan hidupkan kembali koneksi DATA tersebut.
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Selanjutnya anda sudah bisa mencobanya, untuk melakukan percobaan anda bisa buka URL apa saja misalnya google Karena sinyal Smartfren hilang, maka akan muncul sinyal GPRS dari GSM anda. dengan begitu jaringan internet pada Smartfren Andromax sudah dapat diakses dengan GSM.
Cara Menggunakan Internet Dengan GSM di Semua Andromax
  • Untuk mengembalikan sinyal default CDMA Smartfren yang hilang dan melakukan internet kembali dengan CDMA mudah saja, anda masuk pada sortcut "My GSM" selanjutnya tinggal anda centang lagi bagian "RUIM Card 1" dan refresh kembali jaringan DATA nya.
Bagaimana mudah bukan cara internetan dengan kartu GSM pada smartphone android anda, dengan membaca tutorial diatas pasti anda dapat dengan mudah melakukannya. Semoga artikel yang saya bahas kali ini tentang Cara Menggunakan Internet Dengan Kartu GSM Pada Semua Andromax dapat bermanfaat untuk anda khususnya kepada para pengguna Smartfren Andromax.

35 komentar:

  1. Mas saya uda coba. Langkah di atas dgn benar, tp shorcutnya kog g ada ya?
    Tolong pencerahanya mas
    Trimakasih banyak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa ga ada gan? biasanya shortcutnya langsung muncul di home, coba di reboot Hp nya

      Delete
    2. Gan sy dah instal any cutnya tapi kok ada shortcutnya kenapa itu gan

      Delete
  2. Bos saya coba d andromax i2 kok gak bisa..
    Mohon petunjuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya udah pernah melakukan pembaruan sistem belum? jika ya berarti sudah terpasang System Update V.1.0o.zip dan menyebabkan cara diatas tidak bekerja

      Delete
  3. mas, saya pake kartu 3. sudah persis ikut petunjuk masnya. tapi kok tetep ga bisa konek ya? saya sudah paketan kartu 3 padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pakai andromax jenis apa?

      Delete
    2. sudah melakukan system update belum mas? kalau sudah berarti ga bisa mas

      Delete
    3. Klu udah updet gmna gann...hruss install ulangg gee yaa..hp nya...

      Delete
  4. Trik yg MANTABBBB gan...
    Sungguh bermanfaat....
    Thanks ya..... :)

    ReplyDelete
  5. Mas rofi, aku udah ke subscriptions terus aku ubah nama shortcutnya terus keluar "AnyCut has stopped" itu kenapa yaa? mhn pencerahannya, tks
    catatan ; saya pake andromax i2

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu anycutnya kena force close mas, coba uninstall trus pasang lagi anycutnya dari playstore aja

      Delete
  6. pakai "Andromax Tools" aj lebih gampang....

    ReplyDelete
  7. Misi gan. Mau tanya, kalo dah kenasystem update gimana ya??please respown

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga bisa gan, tapi ada cara lain yaitu dengan ganti custom rom yg sudah support inet GSM

      Delete
  8. Gan saya pake i2..emank ga bisa gan... brati smua i2 gag bisa ea gan.. mohon d jWab. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, tutorial diatas itu saya pake i2, tapi apabila agan sudah melakukan pembaruan sistem maka cara diatas tidak bisa gan

      Delete
  9. mas maaf hpku andromax g1. Dipilihan activity ga ada select subscriptionnya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  10. Bang

    Saya pkai andromax i3
    Kok gx bsa bang
    Tpi diatas untuk semua andromax

    Mohon bantuan nya min?

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. sukses di Andromax C gan, tq
    btw sinyal ny bisa diganti HSDPA nda ya? :v

    ReplyDelete
  13. Dear agan, tolong bantuan tutorialnya internetan pakai gsm di andromax g2. soalnya kalo pake tutor di atas, ane selalu gagal.... pleasee... makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buka anycutnya dari widget, jadi tidak langsung membukanya pada menu aplikasi

      Delete
  14. gw pake g2 dan ternyata memang gx support bwat andromax keluaran terbaru yg 4.3 ( c2,g2,i3). pi klo yg model lama ( adroid 4.0/4.1) spt C, G ,I yg lama masih bisa pke any cut sama andromax tools bwat internetan pke gsm :(

    ReplyDelete
  15. Gan..
    Ane pake andromax G2 dan ngikutin cara yg agan kasih pas sampe dilangkah terakhir buat ngerestart data selular ga berhasil,sinyal internet gsmnya tetep ga berfungsi,trs ane coba ngerestart ulang hape eh tapi yg ada sinyal cdma dan gsmnya malah hilang sma sekali,gimana ya gan?mohon pencerahannya
    Makasih

    ReplyDelete
  16. Agan mohon bantuan nya. Saya sudah coba pada andromax i3s tapi tidak terdapat dua kolom sub seperti tutorial again.
    Mohon bantuan nya :(

    ReplyDelete
  17. g bisa gan dibut internetan meskipun udah ngikutin langkah" agan step by step. sinyal ruim nya jg udh ilang kok n coneksi data jg udh gue restart. gue pakek andromax i3 android versi 4.3 gan..
    gmn caranya help me....:(

    ReplyDelete
  18. sukses di i3s Gan... makasih Gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga jadi deng, dah bisa si Andromax i3s, gua tambahin sendiri apn nya pake internet/internet (punya telkomsel) dan jreng jreng jalaaaan... tapi kalo mau balik ke cdma, matiin dulu gsmnya. soalnya pilihan apn nya masih yg telkomsel. kalo gsm mati baru deh apn smartfren nongol lagi. demikian moga membantu

      Delete