Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Secara Massal

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Secara Massal

Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Secara Massal
Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Secara Massal - Sebagai Pengguna smartphone android bila ada aplikasi yang sudah terinstall di android anda tapi jarang anda gunakan tentunya ini hanya akan membuat penuh memory, dan penggunaan android anda menjadi tidak optimal, ya daripada banyak aplikasi tidak berguna dan tak terpakai lebih baik anda hapus saja, dalam hal ini bila hanya ada satu aplikasi yang anda anggap tidak penting itu adalah hal yang mudah untuk dihapus, tetapi jika aplikasi yang ingin ada hapus jumlahna banyak tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan proses menghapus/uninstal aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan persoalan seperti ini saya akan berbagi solusinya kepada anda, yaitu cara meng-Uninstal aplikasi yang tak terpakai secara massal.

Perlu anda ketahui terlebih dahulu apakah android anda sudah di-root atau belum di-root karena dalam hal ini berpengaruh dalam Uninstal program sekaligus, maka dari itu dalam uninstall aplikasi secara massal ada dua meteode yang dapat digunakan, pertama untuk Ponsel android yang telah di Root anda bisa menggunakan aplikasi Titanium Backup, dan untuk ponsel android yang belum di-root anda dapat menggunakan aplikasi Easy Uninstaller. Ada keunggulan tersendiri bila android anda sudah berstatus root karena sangatlah mudah untuk menguninstall aplikasi yang ada di smartphone anda jika sudah di root.

Berikut cara Unistall aplikasi menggunakan Titanium Backup:
  • Langkah pertama siapkan aplikasi Titanium Backup, anda bisa mendapatkannya secara gratis di Google Play.
  • Setelah selesai mendownload jalankan aplikasi Titanium Backup dan buka Menu pada Titanium Backup ⇨ General ⇨ Batch action ⇨ Uninstal ⇨ Run. (disini Anda akan melihat semua aplikasi yang ada pada smartphone android anda).
  • Kemudian akan ada beberapa opsi yaitu Pilih Select All atau Deselect All atau Invertselection. check/pilih aplikasi yang ingin anda uninstall.
  • Setelah selesai memilih, tekan ikon tanda centang di bagian kanan atas untuk melakukan proses uninstall.
  • Maka secara otomatis Titanium Backup akan memulai proses uninstall aplikasi yang anda pilih semuanya tadi.
Jika smartphone anda belum di-root, anda bisa menggunakan cara kedua yang sebelumnya sudah saya jelaskan diatas yaitu dengan memakai aplikasi Easy Uninstaller. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis di Play Store. Tapi kalau tanpa root mungkin masih butuh waktu agak lama, karena anda tidak bisa melewatkan pertanyaan konfirmasi setuju untuk meng-unistall. Tetapi tak perlu khawatir karena caranya masih termasuk mudah.

Berikut cara Unistall menggunakan Easy Uninstaller:
  • Jika anda belum memiliki aplikasi Easy Uninstall, anda bisa download di Google Play.
  • Selanjutnya install dan jalankan aplikasinya.
  • Kemudian akan muncul semua aplikasi anda dari file ukuran terbesar hingga terkecil,
  • Silahkan pilih aplikasi yang ingin Anda uninstall. 
  • Lalu klik Batch Uninstall, tekan OK untuk setiap aplikasi yang ingin diuninstall.
Itulah dua cara mudah yang dapat anda lakukan, Semoga artikel yang saya bahas kali ini tentang Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Secara Massal dapat bermanfaat dan berguna untuk anda, selamat mencoba !!

0 komentar:

Post a Comment