Cara Memindahkan Aplikasi/Game ke SD Card Menggunakan FolderMount

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Memindahkan Aplikasi/Game ke SD Card Menggunakan FolderMount

Cara Install Aplikasi Android di Memori Eksternal / SD CardCara Memindahkan Data Aplikasi ke Memori eksternal / SD Card Menggunakan Foldermount - kali ini saya akan coba memberikan trik mudah tentang cara merubah lokasi app terinstall aplikasi ataupun game di smartphone android yang tadinya pada internal menjadi eksternal/ SD Card. Untuk dapat merealisasikan trik ini dibutuhkan suatu aplikasi yang bernama Foldermount. Mungkin aplikasi foldermount ini sudah tidak asing lagi bagi anda, tapi jika diantara kalian ada yang belum tahu apa itu foldermount akan saya kasih tau sedikit.

Foldermount merupakan suatu aplikasi yang berfungsi untuk ngelink/memindahkan Data terutama Game seperti file OBB di android agar bisa ditempatkan di ekternal/ SD Card. Biasanya kan game berextension dat besar-besar tuh, nah jika ditempatkan di internal kan sudah pasti tidak cukup, maka dari itu kita harus menempatkannya di external. Banyak aplikasi sebenarnya yang bisa neglink kan aplikasi atau game data salah satunya seperti Link2SD yang sebelumnya saya telah jelaskan Cara Menggunakan Link2SD tersebut. Tapi sepertinya agak merepotkan dan susah. Kelebihannya kalau pakai foldermount tidak perlu partisi dan lain-lain.

Dalam melakukan trik ini ada persyaratan yang harus anda penuhi diantaranya :
  1. Perangkat android yang sudah di Root.
  2. Sudah menginstall Root Explorer atau file manager lainnya.
  3. Khusus untuk HH XMD/dual sim, sebelum menggunakan foldermount, harus install Remount Reboot fix dulu, karena jika tidak HH'nya akan reboot/restart.
Jika persyaratan diatas sudah dipenuhi, selanjutnya simaklah langkah-langkahnya berikut ini:
  • Download Aplikasi FolderMount, kemudian install.
  • Letakkan Data game di memory external/ SDcard, terserah mau dimana saja boleh, tapi lebih baik taruh di folder yang sesuai dengan data game itu, misalnya di folder android/data/folder game. Saya ambil contoh game Real Racing 3, maka saya akan taruh data game tersebut di extSdcard/android/data/com.ea.games.r3_row/disini (Langkah ini bisa menggunakan Root Exploler atau file manager lain yang anda punya).
  • Selanjutnya buat folder data kembaranya sama persis di memori internal di Sdcard/android/ (disini data game biasanya di DATA atau OBB tergantung dengan game tersebut). Saya ambil contoh game Real racing 3 : maka saya akan membuat folder baru di Sdcard/android/data/com.ea.games.r3_row/ (Langkah ini bisa menggunakan Root Explore atau file manager lain yang anda punya)
  • Buka aplikasi Foldermount pilih tanda (+) di pojok kanan atas, kolom Name isikan nama game (misal Real racing 3), kolom Source: arahkan di folder game yang di buat sebelumnya. Misalnya untuk game Real racing 3 di Sdcard/android/data/com.ea.games.r3_row/  kemudian tekan centang di pojok kanan atas, lalu pilih Yes.
  • Selanjutnya pada bagian Destination ini adalah tempat  folder dimana di letakannya data game di external/ SDcard, karena data game di letakkan sesuai dengan tempatnya, maka bagian ini tidak perlu di rubah, karena dengan kita memilih YES pada langkah ke 3 maka otomatis folder game telah di arahkan ke data game.
  • Pada opsi Exclude from media scan tidak perlu di centang, lalu  klik tanda “✔” centang yang berada di atas.
  • Langkah terakhir masuk ke setting dan centang RUN ON BOOT, lalu Restart HH.
Catatan: Jika file yang baru saja di pindahkan masih ada di internal jangan di hapus file nya, karna itu hanya virtual file saja, asli nya file itu sudah di pindahkan di SD Card.
Itulah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk Memindahkan Installan Aplikasi Android di Memori Eksternal / SD Card. Semoga dapat bermanfaat.

4 komentar:

  1. Replies
    1. work banget, semua jenis ponsel yang sudah support SD card pasti bisa

      Delete
  2. Gan, mau nanya, bisa gk aplikasi/game yg diinstal di internal dipindahkan ke telepon (bukan kartu memori), ane keliling google cm nemu "memindahkan aplikasi dr internal ke external" tp ga nemu yg "memindahkan aplikasi dari internal ke telepon"

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga neng, internal sama telepon ya itu2 juga, cuma beda nama aja -_-

      Delete