Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Tuesday, April 5, 2016

Mengatasi Memory Internal Android penuh (Insufficient Storage Available)

Cara Mengatasi Memory Internal Android penuh "Insufficient Storage Available" - Bagi anda para pemakai smartphone android pasti pernah mengalami hal error seperti judul artikel di atas ini bukan? ya banyak juga yang bertanya, kenapa bisa terjadi seperti ini pada saat melakukan installasi aplikasi baru dan muncul peringatan bahwa memory tidak mencukupi padahal memory internal smartphone saya masih banyak. Munculnya pesan error atau peringatan Insufficient Storage Available pada perangkat android memang sangat membuat kita jengkel karena pesan error ini selalu datang setiap kali kita mencoba menginstall aplikasi baru. Hal ini terkadang terjadi meski media penyimpanan kita secara matematis masih mampu menampung aplikasi tersebut.
Mengatasi Memory Internal Android penuh (Insufficient Storage Available)
Beberapa dari anda mungkin sudah mencoba untuk mengosongkan lagi media penyimpanan di memori internal dengan menghapus aplikasi atau file-file yang sebenarnya masih ingin anda simpan tujuannya tidak lain yaitu hanya untuk memberikan ruang lebih. Namun tetap saja cara tersebut tidak kunjung membuat peringatan "Insufficient Storage Available" menghilang dan malah semakin menjadi-jadi. Atau bahkan dari Anda mungkin sudah mengeluarkan dana darurat untuk membeli sebuah microSD demi terinstallnya aplikasi kesayangan Anda. Cara yang satu ini memang bisa jadi membuat permasalah Anda selesai, tetapi bagaimana kalau suatu saat microSD card Anda juga penuh? Saya sarankan ada baiknya anda melakukan kedua cara yang akan saya berikan dibawah ini.

Cara pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi Link2SD. hal yang perlu anda lakukan adalah:
  • Smartphone android anda harus sudah di Root terlebih dahulu.
  • Download aplikasi Link2SD, anda bisa dapatkan di Google Play.
  • Kemudian install aplikasi Link2SD tersebut di android anda.
  • Jalankan aplikasi nya lalu anda pergi ke pengaturan ⇨ lokasi install ⇨ lalu pilih eksternal. (settingan ini dapat memfungsikan ponsel android apabila ada aplikasi yang terinstall, otomatis akan langsung dipindahkan ke memory eksternal / SDcard).
  • Selesai. silahkan restart/reboot ponsel anda.
Cara kedua menggunakan aplikasi Lucky Patcher. hal yang perlu anda lakukan adalah:
  • Smartphone android yang anda miliki harus sudah berstatus Root.
  • Silahkan download Lucky Patcher.
  • Lalu install Lucky Patcher dan anda arahkan tempat penginstalan ke microSD.
  • Jalankan dan pilih menu ke "Proceed to Troubleshooting".
  • Lalu pilih "Remove fixes and backups
  • Langkah terakhir silahkan restart/reboot ponsel android Anda.
Catatan: Cara yang kedua ini dapat anda lakukan berulang-ulang setiap kali pesan error "Insufficient Storage Available" muncul, namun apabila anda tidak ingin repot, sebagai opsi anda bisa menggunakan cara yang pertama saja.
Bagaimana caranya cukup simpel bukan? sebenarnya kedua cara tersebut bisa dikatakan juga berfungsi untuk mengubah lokasi installasi aplikasi menjadi ke eksternal. Dari kedua pilihan diatas, silahkan terserah anda mau menggunakan cara yang manapun cara pertama atau cara kedua jika menurut anda lebih mudah karena itu ada di pilihan anda sendiri. Sekian artikel yang saya bahas kali ini tentang Cara Mengatasi Memory internal penuh/Insufficient Storage Available. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan bisa menambah pengetahuan juga tentunya. terima kasih telah berkunjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Memory Internal Android penuh (Insufficient Storage Available)

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    ReplyDelete