Begini Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Begini Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote TV - Seiring dengan kemajuan teknologi smartphone saat ini khususnya android yang menjadikannya sebagai device yang multi fungsi. Sebelumnya apakah anda tahu bahwa Smartphone android saat ini bisa di jadikan remote televisi yang dapat memudahkan anda dalam menonton acara televisi kesayangan anda? Ya ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki smartphone Android, sesuai judulnya yaitu Android dapat kita manfaatkan sebagai remote TV untuk mengganti channel dan menambah ataupun menurunkan volume suara dan lain-lain di televisi anda. Hal ini tentu sangat menguntungkan kita, ya karena kita tahu bersama bahwa remote asli / bawaan TV anda sewaktu-waktu akan rusak juga, dan apabila ini terjadi kita tidak perlu repot-repot untuk membeli remote pengganti yang baru, tinggal anda gunakan saja fungsi smartphone anda untuk mengganti remote TV yang sudah rusak tersebut.

Tetapi untuk membuat fungsi remote TV ini tidak sembarang smartphone bisa digunakan, hanya Samsung Galaxy S4 dan Galaxy Note 3 saja yang bisa menjalankan fungsi remote ini. selain bisa memberikan fungsi aplikasi untuk dijadikan sebagai remote televisi pada jenis smartphone keluaran samsung ini juga memiliki kelebihan lain yang bisa digunakan untuk dijadikan remote yaitu Selain sebagai remote televisi, smartphone ini juga mendukung peralatan elektronik anda diantaranya adalah DVD Player, Air conditioner (AC), dan lain sebagainya atau disebut sebagai Universal Remote yaitu remote yang digunakan untuk berbagai peralatan elektronik dari berbagai Merek ternama seperti Samsung, Panasonic, Sony, Toshiba, LG dan Sharp, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang digunakan adalah Aplikasi bawaan dari Samsung Galaxy  yaitu Aplikasi remote tv WatchON, Jadi kita tidak perlu meng-download-nya lagi. Atau jika anda ingin mencarinya Aplikasi ini juga sudah tersedia dan dapat ditemui di Google playstore. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja berikut ini adalah cara untuk menjadikan Smartphone Samsung Galaxy S4 atau Galaxy Note 3 anda sebagai Remote Televisi (TV) :
  • Jalankan aplikasi "WatchON" pada perangkat anda.
  • Kemudian klik "select country or region".
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
  • Selanjutnya pilih negara anda misalnya "Indonesia". 
  • Setelah itu anda pilih televisi berbayar yang anda gunakan (jika tidak ada, klik saja Indovision atau yang lainnnya).
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
  • Pilih Skip lalu Agree.
  • Kemudian akan muncul sebuah Ikon yang berbentuk "Remote" klik untuk setting televisi anda.
  • Klik Continue untuk menlanjutkan proses settingannya.
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
  • Pilih Merek televisi yang sekarang anda gunakan, misalnya LG.  
  • Apabila merek televisi anda tidak tercantum di halaman depan, anda dapat klik "Show other brands".
  • Jika anda sudah memilih jenis / merk televisi anda, selanjutnya klik tombol Power untuk menghidupkan televisi anda.
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
  • Jika televisi anda dapat di-ON-kan dengan sempurna, maka klik Yes, this code 1 works. Atau jika tidak, silakan klik send this code 1 again untuk mengulanginya.
  • Kemudian Klik My (merek televisi) TV.
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
  • Terakhir klik Done, dan semua proses telah selesai. Berikut ini adalah Gambar Remote yang muncul di Smartphone Samsung Galaxy S4 atau Galaxy Note anda :
Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Remote Televisi
Untuk Menambah Merek TV Lainnya ke Smartphone Android anda (bisa untuk beberapa Merek TV sekaligus) Caranya Masuk ke Setting > Add Room > Dan Masukan nama Room yang diinginkan, dan untuk menggantikan merek TV yang digunakan, anda hanya tinggal pilih "Change Room".
NB: Hal yang perlu diingat kembali bahwa Fungsi Universal Remote ini hanya dapat digunakan pada Smartphone jenis Samsung dengan Seri Galaxy S4 dan Galaxy Note 3, karena kedua seri tersebut memiliki fungsi InfraRed di dalamnya. Sedangkan seri-seri Galaxy sebelumnya tidak memiliki fungsi InfraRed.
Itulah tutorial mudah Membuat Android  Menjadi Remote Televisi yang bisa anda terapkan pada perangkat jenis Samsung Galaxy dan merk Hp lainnya. Sebenarnya tanpa kedua jenis smartphone tersebut anda juga bisa menjadikan smartphone lain yang anda miliki sebagai pengendali remote televisi juga, caranya anda harus mempunyai aplikasi Samsung remote yang bisa didapatkan di play store, tetapi aplikasi samsung remote hanya bisa mengendalikan televisi jenis tertentu yaitu di TV LCD maupun LED keluaran terbaru yang sudah support wifi dan bukan TV analog, misalnya Samsung LCD Series 5. Jadi nanti proses terhubungnya antara smartphone dan TV tersebut akan menggunakan koneksi wifi. Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Permisi Agan2, nubie mau tanya. Kok di Note 3 ane ngga bisa install Samsung WatchON™ (On TV) ya? Tertulisnya "This application is not compatible with your device".
    Mohon pencerahannya.
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah diinstall lg gan, kan di note 3 udah langsung ada aplikasi watchon nya tinggal disetting aja..

      Delete
  2. Gan Kalo Merek Handphone HTC Bisa DiInstall??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada infrarednya gak? kalau ada berarti bisa gan

      Delete
    2. dan kalau samsung galaxy mega yang 6.3" bisa g y?
      kan ada infrared nya

      Delete
    3. dicoba aja, kayanya bisa kalu ada infra red nya

      Delete