Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Tuesday, April 5, 2016

Cara Print dan Scan Menggunakan Smartphone Android

Cara Print dan Scan Menggunakan Smartphone Android

Cara Print dan Scan Menggunakan Smartphone Android - Ada tips terbaru nih, Pada zaman dahulu untuk mencetak sebuah dokumen ke kertas dibutuhkan suatu perangkat mesin ketik untuk menulis lalu mencetaknya. Namun pada saat ini, dengan komputer kita dapat mencetak gambar, dokumen, file, poster, kartu keluarga, kartu nama, kartu undangan dan lainnya. Hardcopy memang sangat dibutuhkan meskipun file softcopy lebih mudah disimpan.

Tidak hanya pada penggunaan notebook, komputer atau tablet, dalam sistem operasi Android juga tersedia processor yang mampu menjalankan activity untuk mencetak dokumen dengan konektivitas ke printer. Tanpa printer kita tidak dapat mencetak softcopy yang berupa berkas eletronik dengan format seperti .DOCX, .PNG, .JPEG, .XLS, .XLSX , .TIF, .PDF , .PSD, .PPT dan sebagainya.

Beberapa pilihan bagi Anda yaitu dengan menggunakan aplikasi yang mendukung terbentuknya hubungan connectivity antara smartphone dengan printer. Jadi kita bisa melakukan proses SCAN FOTO, SCAN KTP, Cetak Surat Lamaran Kerja, Fotocopy ijazah, serta aktivitas lain. Ukuran kertas pun juga tersedia sangat lengkap dalam setting apps ini, contohnya kertas A3, A4, Quartro, F4, A5, Pas Foto. Berikut ini ada dua cara untuk dapat melakukan print dan scan melalui smartphone android.
Catatan: Cara ini masih terbatas untuk printer yang memiliki fitur WiFi untuk melakukan pencetakan secara langsung. Jika Anda memilikinya, cara ini layak dicoba.
Pertama Menggunakan PrinterShare

Aplikasi yang paling populer digunakan adalah PrinterShare. Melalui aplikasi ini Anda disediakan dua opsi yaitu Nearby dan Remote. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  1. Download aplikasi (PrinterShare untuk komputer) dan (PrinterShare untuk android), koneksikan smartphone Android Anda sebelum proses instalasi PrinterShare di komputer berlangsung. Kemudian pilih jenis printer yang tersedia.
  2. Pada saat komputer dan printer masih menyala. Jalankan aplikasi melalui Android dan aktifkan WiFi. Lalu pilih file yang ingin Anda print melalui menu pilihan pada PrinterShare.
  3. Langkah terakhir adalah klik pada tombol "Print" untuk memulai pencetakan.
Kedua Menggunakan Google Cloud Print

Cloud Print adalah layanan yang disediakan oleh Google yang dikenal juga sebagai media penyimpanan secara online. Untuk menggunakan layanan ini yang perlu Anda lakukan adalah menginstall Google Chrome dan aplikasi Cloud Print.
  1. Buka browser Chrome di komputer.
  2. Jika belum sign in, masuk ke akun Google Anda dengan mengklik tombol menu di sudut kanan atas dan kemudian pilih "Sign in".
  3. Setelah masuk, kembali ke halaman menu Chrome dan klik tanda 3 strip warna orange di pojok kanan atas kemudian klik "Setelan".
  4. Setelah masuk ke halaman setelan kemudian klik "masuk ke crome".
  5. Di bagian bawah halaman Pengaturan, klik "Tampilkan pengaturan lanjutan".
  6. Gulir ke bagian bawah "Google Cloud Print", dan klik tombol "Add printer".
  7. Sebuah halaman konfirmasi akan terbuka. Klik "Add printer ( s )".
  8. Kemudian Sebuah halaman print web Cloud akan terbuka di mana Anda dapat membuat konfigurasi lebih lanjut dari printer Anda, jika diinginkan.
  9. Google Cloud Print dari halaman Pengaturan Lanjutan Chrome sekarang akan memiliki dua tombol, "Disconnect printer" dan "Kelola printer".
Selanjutnya, mengatur perangkat Android
  1. Download dan instal salah satu aplikasi gratis Cloud Print. Rekomendasi Google app Cloud Print.
  2. Buka aplikasi Cloud Print.
  3. Dari menu cloud print pilih Local untuk memilih file yang ingin di print dari smarphone atau tablet Anda.
  4. File akan di upload ke akun google cloud print Anda.
Setelah selesai di upload sekarang Anda sudah bisa print melalui PC atau laptop Anda. Anda dapat memeriksa apa saja yang sedang atau akan Anda print dengan mengklik Chrome "Kelola printer" tombol yang disebutkan di atas pada langkah 8. Jika Anda tidak ingin printer Anda untuk selalu terhubung ke Internet, cukup klik "Disconnect printer" tombol imentioned.

Demikian ulasan kami kali ini mengenai Cara Print, Scan,dan Cetak Menggunakan Ponsel Android. Semoga bermanfaat serta membantu khususnya untuk Anda yang sering melakukan kegiatan dengan printer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Print dan Scan Menggunakan Smartphone Android

0 komentar:

Post a Comment