Cara Membuka Data di Flashdisk Menggunakan Ponsel Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Membuka Data di Flashdisk Menggunakan Ponsel Android

Cara Membuka Data Flashdisk Menggunakan Handphone Android - Pada zaman sekarang informasi memang sangat penting, kita bisa mengetahui sesuatu karena adanya informasi. Dalam perkembangan dunia yang semakin canggih ini informasi tersebut dapat kita simpan menjadi sebuah file, nah untuk dapat menyimpan file/data tersebut dibutuhkan suatu alat penyimpanan. Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang paling terkenal saat ini karena praktis dan mudah dibawa kemanapun.

Kita mengetahui Flasdisk hanya digunakan sebagian besar pengguna laptop/PC, oleh karena itu kegiatan membuka atau membaca isi data flashdisk melalui PC atau Laptop sudah biasa dilakukan. Lalu bagaimana dengan perangkat canggih yang berbasis android? apakah bisa membaca data flashdisk dapat dilakukan secara mobile pada smartphone android? jawabanya adalah sangat bisa. Maka dari itu di artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menghubungkan atau membaca flashdisk menggunakan smartphone berbasis android.

Sebelum kita mulai caranya, berikut ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu:
  1. Android anda sudah di Root
  2. Kabel USB OTG (On The Go). Anda dapat membelinya secara online ataupun langsung ke toko-toko terdekat. Harganya cukup terjangkau kisaran 10-20 ribu rupiah. Berikut adalah wujud dari kabel USB OTG:
  3. USB Flashdisk berkapasitas berapa saja sesuai yang anda inginkan.
Setelah semua persyaratan telah siap, simaklah caranya berikut ini:
  • Jalankan File manager/explorer, apabila pada smartphone anda belum terinstal file manager (apapun nama file managernya) maka anda harus menginstal file manager terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di Google play secara gratis.
  • Kemudian Install aplikasi stick mount di smartphone anda yang tersedia di play store.
  • Hubungkan flashdisk pada kabel USB OTG dengan smartphone android anda.
  • Apabila muncul permissions superuser klik Allow.
  • Tunggu beberapa saat, pada aplikasi stick mount, tap tombol mount, lalu perhatikan flashdisk anda terbaca pada file direktori apa.
  • Bukalah file direktori tersebut dengan menggunakan file manager yang telah terinstall.
  • Apabila telah selesai, untuk melespaskan kembali flashdisk anda, anda harus unmount flashdisk anda terlebih dahulu pada aplikasi stickmount.
  • Selesai. Silahkan cabut flashdisk anda.
Dengan cara seperti ini, anda dapat dengan mudah memindahkan data dari flashdisk ke gadget atau sebaliknya kapanpun dan dimanapun anda mau, di banding anda mesti membawa laptop hanya untuk sekedar memindahkan data.

Kabel USB OTG sebetulnya tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan flashdisk dengan gadget namun dapat juga digunakan untuk menghubungkan gadget dengan USB mouse, Keyboard, Joystick dll. Kini gadget anda tak ubahnya seperti komputer PC atau Laptop sekalipun. 

Demikian pembahasan tutorial tentang Cara Membuka Data Flashdisk Menggunakan Handphone Android, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama untuk anda yang sering melakukan pertukaran file. Jika terdapat kesalahan info ataupun penulisan silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di blog MYSOFTWARED™.

0 komentar:

Post a Comment