Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, July 10, 2014

Cara Presentasi Menggunakan Smartphone Android

Cara Presentasi Menggunakan Smartphone Android - Anda sebagai pemakai perangkat/ smartphone android sebaiknya berbangga, karena device yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, namun juga dapat digunakan sebagai sarana dalam penunjang pekerjaan. Presentasi, sering kali dilakukan mulai dari anda yang berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa, pegawai sampai dengan profesional. Android dapat juga digunakan sebagai sarana mempermudah dalam presentasi kita. Dalam artikel maxiandroid ini mari kita berbagi cara presentasi dengan menggunakan android.

Sebelum memasuki tahapan ada baiknya saya beri penjelasan sedikit mengenai peralatan yang akan digunakan. Ya dalam tutorialnya akan menggunakan Perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua perangkat ini merupakan salah satu hal pokok yang harus anda persiapkan sebelum melakukan presentasi, jika anda sering melakukan mobile, maka android memberikan kemudahan kepada anda, anda tidak perlu banyak membawa hardware dan juga software yang terkadang malah membuat anda kerepotan.

Yang anda perlu bawa ketika anda presentasi dengan android:
  • Hardware android anda support langsung untuk presentasi (build in)
Sebagai contohnya jika anda menggunakan perangkat android yang mempunyai kemampuan untuk memproyeksikan tampilan secara langsung tanpa membutuhkan perangkat tambahan (seperti contohnya proyektor), beberapa perangkat android build in support seperti contohnya adalah: Samsung galaxy beam. Jika anda menggunakan samsung galaxy beam, maka anda cukup menyediakan software untuk presentasi saja.
  • Hardware android memerlukan perangkat tambahan untuk presentasi
Seperti contohnya proyektor, maka anda harus koneksikan perangkat anda dengan proyektor, untuk menghubungkan perangkat android ke proyektor maka dibutuhkan kabel, namun perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat android dapat anda koneksikan ke proyektor dengan menggunakan kabel.

  • Hardware android tidak support terhubung langsung ke proyektor
Jika perangkat anda tidak support terhubung langsung ke proyektor, anda jangan berkecil hati, karena anda tetap dapat menggunakan android untuk presentasi. Pada artikel maxiandroid ini saya hendak berbagi kepada anda khususnya pada kasus ketika hardware android tidak support terhubung langsung ke proyektor.

Langkah yang harus anda tempuh, pertama adalah koneksikan android anda dengan perangkat (PC) yang terhubung ke proyektor kemudian kendalikan perangkat tersebut dengan menggunakan android.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk mengendalikan PC dengan menggunakan android, aplikasi tersebut merupakan kebalikan dari artikel yang telah saya tulis sebelumnya yaitu kendalikan android dengan PC, namun aplikasi ini berfungsi mengendalikan pc dengan android. Namun pada artikel ini saya tekankan pada aplikasi remote yang lebih mengarah untuk presentasi.

Langkah yang harus anda tempuh:
  • Download aplikasi Unified Remote (Free Version on Google Play) or (Full Version Disini).
  • Download aplikasi Unified untuk komputer di sini. Pastikan komputer harus sudah terinstall Net Framework 4
  • Jika menggunakan koneksi bluetooth:
1. Hidupkan kedua bluetooth dan pairing.
2. Jalankan aplikasi unified remote di android dan di komputer.
3. Pilih Server.
4. Klik tombol add dan pilih yang automatic.
5. Otomatis akan menscan bluetooth yang tersedia.
6. Pilih bluetooth yang sudah dipairing lalu klik tombol back pada android.
7. Lalu pilih Menu Remote.
8. Maka akan keluar beberapa menu yang dapat dipilih sesuai keinginan anda.
  • Jika menggunakan koneksi wifi:
1. Hidupkan kedua wifi.
2. Konfigurasi pada komputer. Tambah rule firewall untuk mengizinkan port Unified Remote(9512), caranya: Buka windows firewall. Control Panel > All control panel items > windows firewall atau ketikan saja firewall di search box.
3. Klik Advance settings.
4. Pilih jenis koneksi, (inbound rule atau outbound rule) . jika komputer menerima data dari luar pilih inbound rule (in = masuk). jika komputer mengirim data ke luar pilih outbound rule (out = keluar). Pada aplikasi unified remote pilih inbound rule.
5. Klik new Rule.
6. Pilih Port dan next kemudian Tulis Port dan next.
7. Allow the connection dan next.
8. next lagi dan isi nama dan description.
9. Setting port selesai.
10. Selanjutnya konfigurasi Pada Android: Jadikan Android sebagai Access Point dengan cara. Settings >Wireless and networks > Tethering and portable hotspot > Centang Mobile AP.
Step mengkoneksikan:
>Jalankan Server Unified Remote pada PC.
>Koneksikan laptop ke Access Point android. default name AndroidAP.
>Jalankan aplikasi Unified Remote pada Android.
>add Server(jika tidak bisa automatic, gunakan manual).
>Masuk ke menu Remote.
  • Jika ingin memberi password caranya buka Unified Remote pada PC, caranya: Klik tab security dan centang enable password protection.
  • Selesai, dan sekarang silahkan anda tes langsung.
Bagaimana tutorial di atas mudah kan? Sekian artikel Cara Presentasi Menggunakan Smartphone Android. Semoga dapat bermanfaat serta membantu anda dalam melakukan presentasi dengan meteode berbeda yaitu dengan ponsel android karena mungkin presentasi dengan komputer sudah terlalu mainstream :D. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Presentasi Menggunakan Smartphone Android

0 komentar:

Post a Comment