Cara Menambah / Mempercepat Kinerja RAM Hp Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Menambah / Mempercepat Kinerja RAM Hp Android

tutorial upgrade ram
Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan cara mudah upgrade OS smartphone Android, dan di kesemptan kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk mengoptimalkan kapasitas RAM yang kecil di smartphone android. Memang tidak enak memiliki perangkat smartphone dengan RAM yang berkapasitas kecil/ minim, dengan RAM yang berkapasitas minim pasti akan mempengaruhi suatu kinerja smartphone, dan tentu saja akan menyulitkan anda karena tidak leluasa untuk mengoleksi banyak aplikasi dan juga membatasi anda dalam mengoptimalkan fasilitas di smartphone.

Kejadian umum pada smartphone yang memiliki RAM yang kecil adalah leletnya kinerja, bahkan sering hang jika membuka aplikasi. RAM berukuran kecil ini terdapat pada versi smartphone tertentu seperti  samsung galaxy mini GT-S5570, samsung galaxy young GT-S5360, samsung galaxy young duos GT-S6102, dll. Sebenarnya Tips dan cara ini bukanlah mengganti/replace Hardware RAM nya dengan ukuran yang lebih besar, karena itu tidak akan mungkin, tetapi dengan melakukan settingan tertentu dan menambahkan file yang berfungsi untuk menambah serta mengoptimalkan proses kerja RAM.

Baiklah langsung saja saya akan coba berbagi informasi cara untuk upgrade RAM yang berkapasitas kecil. Caranya yaitu dengan memasukan script ram opitimizer ke dalam Android Anda. Dengan memasukkan script ini, proses pengunaan aplikasi di Smartphone akan diatur sehingga pemakaian RAM di Android tidak akan boros lagi, meskipun membuka banyak aplikasi sekaligus, dijamin Android anda tidak lambat.

Berikut ini tutorialnya:
  • Terlebih dahulu anda harus mempunyai Juwe RAM Script optimizer, anda bisa men-downloadnya Disini.
  • Pastikan Android anda Sudah di Root, ini berutujuan agar smartphone anda dapat menjalankan script ini.
  • Jika perangkat anda belum di root, berikut cara root nya (disini saya mengambil contoh root galaxy gio): sebelumnya Download dulu file untuk me-rootnya (pilih salah satu)  Disini atau Disini, Kemudian pindakan file yang di download tadi ke memori card anda (jangan dalam Folder), dan berikan nama misalnya root gb update.zip lalu restart ponsel anda, setelah direstart masuk ke dalam recovery mode, dengan cara menekan Tombol Home + Tombol Power Secara Bersamaan. Setelah itu cari dan buka file root gb update.zip  tadi lalu klik file tersebut (perhatian dalam recovery mode anda tidak dapat mengunakan layar sentuh, untuk naik gunakan tombol volume naik, untuk turun gunakan tombol volume turun, dan untuk OK gunakan tombol home) Jika sudah pilih OK, dan restart kembali ponsel anda. Atau silahkan anda baca cara root semua jenis hp android di Link ini.
  • Selanjutnya sebelum memsukan script RAM optimizer ini, anda harus mempunyai aplikasi root exploler, jika belum punya anda bisa mendapatkan aplikasi Root Exploler Disini.
Berikut cara memasang script RAM Optimizer (Juwe RAM Script):
  • Langkah pertama Copy dan Ekstrak Telebih dahulu Script Ram Optimizernya S97ramscript ke memory eksternal/ SDcard, lalu Move script RAM optimizer dengan Root Explorer
                                                      gambar ini menunjukan bagaimana cara move script
  • Move/Pindahkan Script Ram Optimizernya ke /system/etc/init.d/. Jika belum ada folder init.d anda bisa membuat foldernya, sebelumnya rubah dulu hak aksesnya yang terdapat di pojok kanan atas, anda rubah dari Mount RO menjadi Mount RW, fungsinya agar bisa menulis/memberi nama pada new folder. Silahkan beri nama  init.d pada New Folder tsb. (sumber: pengembang script).
                                                      
  • Kemudian barulah anda Pindahkan Script Ram Optimizernya S97ramscript ke /system/etc/init.d/
  • Selanjutnya langkah terakhir anda rubah setting permission pada S97ramscript, sesuaikan seperti gambar dibawah ini.
cara menambah RAM di android
Semua proses telah selesai, setelah itu anda reboot/ restart android anda dan rasakan kecepatan RAM android anda. Semoga Tips Cara Menambah RAM Pada Smartphone Android ini bermanfaat. Selamat mencoba. Terimakasih atas kunjungan anda.

1 komentar: