Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Sunday, November 22, 2015

Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows

Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows
Review Sistem Operasi Windows 10 Terbaru - Tak di duga, waktu berjalan sangat cepat. baru dua tahun kebelakang ini sistem operasi Windows 8 rilis di pasaran. kini tengah resmi hadir Sistem operasi terbaru dari Microsoft yang di gadang - gadang lebih baik dari windows 8. pada Tahun 2013 kemarin, muncul kabar bahwa microsoft mengeluarkan Sistem operasi windows 9, namun ternyata pada tahun ini yang akan melanjutkan perjuangan sistem operasi win 8.1 adalah Windows 10.

Tak disangka admin kira generasi lanjutan dari windows 8 adalah windows 9, tapi entah mengapa pihak microsoft malah mengeluarkan generasi lanjutannya yaitu windows 10. Dan kabarnya windows 10 ini adalah penyempurnaan gabungan dari windows 7 dan 8. Kita tahu bersama bahwa windows versi sebelumnya yaitu windows 8 sangat kurang peminatnya, itu karena ketidaksempurnaan interface menu yang menyulitkan para penggunanya.

Cukup adil rasanya kita bilang bahwa Windows 8 bukanlah renkarnasi yang baik dari pendahulunya yang populer. terbukti dari pertanyaan salah satu dosen pada saat saya kuliah "berapa banyak yang sudah memakai SO Windows 8/8.1 ?" dari 65 mahasiswa, hanya sekitar 15 orang yang sudah pernah mencobanya. kebanyakan dari mereka sangat menyayangkan keberadaan start menu yang dihilangkan dan look & feel Touchscreen pada desain yang sedikit kurang cocok bagi pengguna komputer. Itulah yang menjadi latar belakang lahirnya generasi windows 10 sebagai penyempurna versi sebelumnya.

Ya, baiklah back to topic, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Review OS Terbaru Windows 10. Telah resminya sistem operasi terbaru yang sedang trend beberapa waktu ini. semoga pada artikel kali dapat memberikan anda gambaran dan pandangan terhadap anda.

Ya, pihak microsoft telah mengaku mendengarkan dan kini Windows 10 terlihat telah mengembalikan keberadaan Start Menu ditambah dengan keberadaan Desktop Virtual di antara hal lain yang baru. nah apakah hal ini menjadi jawaban para pemakai Windows 7 yang telah menunggu  cukup lama ?

1. Start Menu Hadir Kembali

Salah satu hal yang paling jelas terlihat dari windows 10 adalah kembalinya Start Menu. Layar utama kini kembali terlihat efficient dengan adanya style Pop-up ketika tombol start di tekan. Tentu saja bukan hanya start menu yang kembali, namun juga berubah. sekarang Live Tiles yang biasa kita lihat di start screen windows 8 juga digabung dan dijadikan satu dengan Start menu. tentu saja live tiles tersebut berfungsi sebagai Shortcut untuk membuka aplikasi favorit anda. Live tiles tersebut juga menampilkan pesan mengenai aplikasi tersebut seperti notifikasi atau keadaan cuaca hari ini.

dari yang dapat kita lihat, hal ini cukup bagus karena hal tersebut terlihat dapat di ubah sesuai dengan keinginan kita sehingga mempermudah pemakaian.
Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows

Hal yang terlihat berbeda juga ada pada tombol dan fungsi search yang hadir di dua tempat, yaitu di samping tombol Start dan di dalam tombol start (?). lalu hilangnya control panel pada menu start dan keberadaan tombol power ( Shutdown, restart, standby, sleep ) yang kini berada di menu paling atas berbarengan dengan user profile.

Walaupun agak aneh dengan keberadaan Search yang ada dua tersebut, tapi fungsi search kini lebih Powerful, dengan integerasi dari hasil pencarian Bing dan Windows Store kini membuat apapun yang kita cari baik file local maupun informasi dapat secara cepat kita dapat.

2. Virtual Desktop Windows 10
Mungkin bukan suatu hal yang baru bagi dunia per-OS an . tapi bagi Microsft tentu fitur ini dapat membantu pengguna lebih mudah dalam pemakaian Multi tasking sebuah komputer. mungkin tidak sebaik Virtual desktop yang ada di Mac maupun Ubuntu, tapi fitur ini sangat berguna.

Desktop baru dapat ditambah dengan menekan tombol Windows + Tab atau atau mengklik tombol New Task View. dengan cara tersebut akan membawa jendela Live-app switching yang berada di bagian bawah layar.

Ketika anda menambahkan suatu desktop baru, anda juga bisa memindahkan urutan desktop sesuai dengan keinginan anda. untuk berpindah dari desktop satu ke desktop lainnya, cukup klik dekstop yang ingin anda gunakan.
Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows
Seperti halnya virtual desktop, fungsi snap juga berguna untuk laptop, dimana layar yang lebih kecil memiliki aplikasi terbuka yang banyak dan dapat dibuka dalam waktu yang cepat.

3. Charm Menu
Masih sama seperti windows 8 dan 8.1, Charm menu dapa kita akses dengan menyentuhkan pointer mouse kepojok kanan atau kiri dari dekstop. atau dapat juga di akses dengan menekan tombol windows + C.
Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows
hal menarik lain yang dapat ditemukan adalah kini kita dapat melakukan Copy - Paste langsung di jendela Command Prompt
Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows

4. Windows Store
Tak seperti pendahulunya yang ada di windows 8. performa windows 10 kini menjadi lebih baik. walupun tetap style Side Scrolling di pertahankan.
Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows

Kesimpulan:
Selain hal - hal di atas, admin percaya bahwa akan ada perubahan lain yang akan hadir untuk windows 10 ini. mungkin hal yang paling penting bagi pengguna PC adalah keinginan untuk melakukan upgrade atau tidak. dari apa yang kita rasakan Windows 7 masih berfungsi sangat baik dan terimakasih kepada microsoft tentunya.

Tentu saja satu hal yang belum kita ketahui adalah Berapakah Harga Windows 10 yang akan rilis di pasaran nanti ? dan kapan masuk ke pasar Indonesia ?. hal tesebut masih sulit di jawab tapi tentu ada peluang kearah sana nantinya karena pasar Teknologi terutama IT di Indonesia kini berkembang pesat dan tak mungkin perusahaan sekelas Microsoft tidak melihat peluang tersebut.

Seperti windows 8, windows 10 diketahui lebih cepat dibanding windows 7 dalam hal Booting dan penggunaan standar. hal ini tentu juga di ketahui oleh pengguna mobile dan tablet. dan hal lain yang menjadi perhatian pengguna laptop adalah Power Management yang jauh lebih baik ketimbang windows 7.

Dengan adanya penambahan fitur seperti virtual desktop dan command line tweaks tentu menjadi faktor untuk menaikan keinginan para pengguna windows 7 untuk beralih ke windows 10 ini. kecuali untuk pengguna Windows XP dimana seharusnya sudah tidak ada alasan lagi untuk melakukan update ke sistem operasi terbaru. integrasi dengan fitur OneDrive juga sangat berguna bagi yang suka menggunakan tempat penyimpanan berbasis Cloud.

Secara keseluruhan, Tentu jelas pihak microsoft mendengar kritik paling kencang pada windows 8 dan memperbaikinya di windows 10. kembalinya menu Start sangat di terima oleh para pengguna OS ini. tapi walaubagaimanapun, masih banyak kerja keras yang harus di selesaikan oleh microsoft sebelum OS ini benar - benar rilis kepasaran.

Windows 10 yang saat ini sudah keluar adalah versi Technical Preview dimana sangat dimungkinkan akan masih ada perubahan sampai versi Windows 10 Full Release keluar di pasaran. jadi apa salahnya mempertimbangkan bagi anda pengguna PC desktop maupun laptop untuk kedepannya melakukan update atau sekedar testing technical preview version yang bisa di dapatkan di website resmi microsoft ini :)

Ada satu hal lagi kenapa windows beralih dari windows 8 langsung ke windows 10 dan bukan ke windows 9 seperti yang sudah pernah admin post beberapa waktu lalu ?
kabarnya hal ini karena mereka takut windows 9 akan membuat bingung pengguna dan menyangka windows 9 akan "satu angkatan" dengan versi windows 95 & 98.
Sekian review singkat yang bisa admin berikan, semoga bermanfaat bagi pegunjung semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Review Windows 10 - Generasi Terbaru Sistem Operasi Windows

1 komentar:

  1. Infor yang menarik. Coba kita lihat nanti seperti apa tanggapan konsumen terhadap Windows 10, akankah seperti popularitas Windows Xp dan Windows 7, ataukah tenggelam seperti Windows Vista dan Windows 8.

    ReplyDelete