Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Monday, January 4, 2016

Cara Merawat & Membersihkan Layar sentuh / Touch Screen Android

Cara Melakukan Perawatan Touchscreen Smartphone Android - Perangkat Android Smartphone ataupun Tablet semuanya sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Hal tersebut memang semakin memudahkan kita melakukan navigasi dilayar yang hanya di geser-geser atau menyetuhnya saja.

Pada zaman sekarang semua teknologi mobile sudah menggunakan touchscreen termasuk handphone berbasis Android yang membuat handphone layar sentuh makin mengasyikkan. Namun harus diketahui handphone layar sentuh juga rentan dengan kerusakan.

Kadang kala bila kita lalai dan tidak hati-hati saat menggunakannya, bisa-bisa akan menimbulkan masalah pada touchscreen. seperti yang sudah kita ketahui Touchscreen sebenarnya tidak tahan banting alias sangat mudah rusak, karena saat kita menggunakan nya dengan jari yang dalam kondisi kotor, walau tidak merusak namun dapat membuat touchscreen menjadi error.

Cara Merawat & Membersihkan Layar sentuh / Touch Screen Android

Nah, kalau sudah begitu mau tidak mau kita harus menyempatkan waktu untuk membersihkan layar touchscreen android kita yang kotor tersebut. Membersihkan layar sentuh atau touchscreen pada smartphone adroid kita sama hal nya dengan membersihkan layar monitor di PC/Laptop.

Walaupun begitu, bila kita ingin membersihkan nya kita harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak menimbulkan bekas dan goresan pada layar sentuh. Sebab layar sentuh/touchscreen sangat sensitif terhadap benda kasar. Nah, untuk itu simak cara meraat serta membersihkan layar sentuh yang benar, agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar lagi dan juga agar layar sentuh ponsel anda selalu terlihar baru dan kinclong.

1. Jauhkan Handphone Layar Sentuh Dari Magnet

Cara merawat ponsel layar sentuh yang pertama adalah jauhkan dari magnet. Benda tersebut sangat membahayakan handphone kamu karena magnet berpeluang merusak kinerja handphone dan juga akan membuat menurunnya performa layar sentuh handphone kamu.

2. Jangan Menekan Handphone Layar Sentuh Terlalu Keras

Hindarkan handphone layar sentuh disimpan di celana yang terlalu ketat karena akan membuat layar semakin rusak jika sering tertekan. Sebaiknya memberi getar atau tone pada handphone layar sentuh agar kita dapat mengetahui jika handphone layar sentuh kita tertekan.

3. Lapisi Layar Sentuh Dengan Screen Protector Atau Anti Gores

Sebaiknya, handphone layar sentuh diberi tempat khusus untuk menyimpannya seperti sarung handphone karena jika di taruh di celana, secara tidak sadar akan tertekan. dan jangan lupa untuk merawat handphone layar sentuh menggunakan anti gores sangat membantu untuk memperpanjang usia handphone layar sentuh agar terhindar dari goresan kecil pada layar sentuh. Sebaiknya saat baru pertama kali membeli handphone layar sentuh, segera kamu lapisi layar dengan anti gores. rekomendasi saya gunakanlah tempered glass, selain anti minyak tempered glass juga kebal dari goresan.

4. Hindari Handphone Layar Sentuh Dari Panas Matahari

LCD layar sentuh itu bersifat liquid, jadi jika terlalu lama atau sering terkena sinar matahari akan mempengaruhi kualitas dan kinerja layr sentuh.

5. Hal Yang Harus Dihindari Dari Handphone Layar Sentuh

- Jangan sering menggunakan volume tinggi.
- Jauhkan handphone dari suhu tinggi sperti kompor dan microwave.
- Jauhkan dari anak-anak kecil agar tidak terbanting.
- Hindar handphone bersentuhan dengan keringat, air ataupun benda cair lainnya.

6. Rajin Membersihkan Handphone Layar Sentuh

Bersihkan layar sentuh dengan kain lembut yang kering jika memang handphone layar sentuh kamu sudah terlihat kotoran debu yang menempel. Untuk sela-sela layar ponsel bisa menggunakan cutton bud. Nah untuk merawat & membersihkan touchsreen ada caranya dan tidak sembarangan, berikut caranya:

  • Matikan layar Smartphone anda, bila perlu matikan saja sekalian Smartphone android anda, agar kotoran yang menempel pada layar sentuh terlihat jelas dan juga menghindari Korsleting.
  • Gunakan kain microfiber saat mulai membersihkan layar sentuh, kain ini juga sering digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain tersebut mempunyai serat yang sangat halus jadi sangat aman untuk layar smartphone android anda, tapi jika anda tidak mempunyai nya, anda bisa membersihkan nya dengan kapas, tisu dan kain juga tidak masalah asal bahan-bahan tersebut bersih dan juga halus.
  • Jika layar dalam keadaan kering, saat membersihkan nya akan terasa begitu susah. Maka itu gunakan cairan yang sudah diteteskan pada kain. Jangan langsung diteteskan pada layar, karena itu cukup beresiko. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih sebagai cairan pembersih yang sangat ampuh. Ingat jangan gunakan autan atau obat nyamuk lainnya untuk memebersihkannya.
  • Gosok secara melingkar saat memberihkan nya, karena cara terbaik mengusapnya dengan melingkar. Bila anda sering melakukan nya dengan mengusap secara horizontal dan vertikal, justru cara tersebut sangat salah karena nantinya kotoran jadi melebar dan susah dibersihkan.
Sekian tips Cara Merawat & Membersihkan Layar sentuh / Touch Screen Android yang saya ulas kali ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat & Membersihkan Layar sentuh / Touch Screen Android

0 komentar:

Post a Comment