Tips Menjaga Keamanan di Smartphone Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Tips Menjaga Keamanan di Smartphone Android

cara menjaga keamanan pada ponsel android

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara menjaga dan meningkatkan keamanan Hp/ Smartphone android. Menjaga keamanan serta perawatan secara fisik merupakan hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan android. Selain itu disarankan untuk anda selalu hati-hati agar hp android anda tidak hilang, ada baiknya anda tingkatkan sistem keamaanan yang bagus untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan adanya bahaya yang dapat menyerang ponsel android kita, diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi ancaman yang terjadi. Beberapa contoh halnya yaitu handphone anda hilang, data anda dicuri ( kontak, message, akun, data pribadi, rekening bank, dll ), adanya virus, rusak karena sentuhan yang kasar dan lain lain.

Kita harus menjaga smartphone yang dimiliki agar tetap aman, terjaga, dan tidak disadap oleh perangkat lain serta beragam aplikasi berjalan dengan baik.

Cara ini sangat berguna untuk meningkatkan keamanan android anda dari segala bentuk resiko ancaman yang dapat mengganggu kapanpun.

Tips Menjaga Keamanan HP Android :
  • Gunakanlah Screen Lock ( Pengunci Layar )
    Selain Slide Unlock, dalam HP Android minimal Android 2.1, anda dapat menggunakan 3 jenis Screen Lock yang menawarkan sistem yang lebih aman. Bahkan untuk Android 4.0 agan dapat gunakan fitur Face Unlock untuk mengunci Hp anda.

    Dengan fitur aplikasi ini, kita akan memasukkan kode sentuhan di layar pada 9 titik atau 12 titik. Sedangkan Face Unlock yaitu akan melakukan screenshoot foto kita untuk membuka kunci.
menjaga keamanan ponsel android menggunakan screen lock

Beberapa opsi pilihan penguncian pada ponsel anda:
  1. PIN : Terdiri dari angka-angka untuk menge-lock HP anda.
  2. PASSWORD : Terdiri dari kombinasi angka dan huruf untuk mengelock HP Android.
  3. Pattern Lock : Terdiri dari 9 titik dan gambarlah sebuah pattern yang melalui 9 titik tersebut.
  4. Face Unlock : Merekam wajah anda sebagai pembuka kunci HP dengan mencocokkan pola mata dan bentuk wajah.
  • Menggunakan Akun Gmail ( Surat Elektronik )
    Android adalah sistem operasi milik Google, jadi Anda membutuhkan akun Google (atau Gmail) untuk menggunakan banyak fitur di smartphone Android yang dapat dipilih. Jika belum memilikinya, Anda bisa langsung membuatnya langsung dari ponsel atau melalui web online tools.

    Saat pertama kali mengakses beberapa fitur yang terhubung dengan Google seperti Android Market, Anda akan langsung menemukan pilihan untuk membuat akun Gmail (email Google).

    Cara Membuat email cukup mudah yaitu Silahkan pergi ke www.gmail.com
    Kemudian, Anda hanya tinggal mengisi beberapa informasi data diri yang diminta serta nama akun beserta password pilihan Anda. Sedangkan jika Anda sudah memilikinya, cukup memasukkan nama akun dan password untuk mendaftarkan smartphone Anda dengan server Google.
  • Aktifkan Anti Virus
    Selain ancaman dari luar, HP Android juga bisa mengalami ancaman dari dalam seperti Virus, Malware, Scams, dll. Buat anda yang suka mendownload dan menginstall aplikasi diluar Google Play, berhati-hati terhadap ancaman ini. Bahkan kadang ada aplikasi Malware yg lolos verifikasi dari Google Play.

    Untuk itu silahkan download antivirus secara gratis yang dapat menjaga sistem program aplikasi anda. AVG Mobilation Free adalah antivirus nomor 1 dan paling populer serta banyak digunakan di operating system android.

    Download AVG Security Mobilelation

    Selain sebagai anti virus, AVG Mobilation juga punya beberapa fitur yang berguna untuk Handphone Android anda, seperti: Anti Theft, Task Killer, dan Tune Up.
  • Gunakanlah Anti Theft
    Ada beberapa aplikasi anti theft di Google Play. Ane pribadi menggunakan Anti Theft yang disediakan oleh AVG Mobilation.

    Berikut ini merupakan beberapa fitur yang berguna dalam Anti theft AVG Mobilation :
  1. Shout: Membunyikan ringtone HP Android kita menjadi full music (kalau anda set ringtone mp3)
  2. Locate: Melacak keberadaan ponsel Android anda berada dalam jarak wilayah hingga dekat. GPS akan otomatis dihidupkan untuk menjalankan fitur ini. Walaupun belum tentu akurat, namun setidaknya agan mengetahui didaerah mana HP agan berada.
  3. Lock: Mengunci dari kejauhan HP Android agan dengan PIN.
  4. Wipe: Membersihkan data-data di HP Android dari kejauhan serta dapat dikontrol.
     
  • Matikan/Nonaktifkan Bluetooth jika sudah tidak digunakan
    Selain untuk menghemat pemakaian baterai, menonaktifkan bluetooth juga harus dilakukan untuk melindungi dari ancaman virus melalui bluetooth (Virus attacks mobiles via Bluetooth), juga antisipasi dari orang yang menyalahgunakan bluetooth sebagai alat perampok/pencuri data bagi pengguna yang suka lupa mematikan bluetooth diperangkatnya.
Demikian artikel yang saya bahas kali ini. Semoga tips menjaga keamanan Smartphone android bermanfaat untuk anda :)

0 komentar:

Post a Comment