Cara Merubah Lokasi Default Installasi Aplikasi ke SD Card Terbaru

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Merubah Lokasi Default Installasi Aplikasi ke SD Card Terbaru

Cara Merubah/Mengganti Lokasi Installasi Aplikasi ke Eksternal/SD Card - Kapasitas penyimpanan internal Smartphone Android yang besar adalah salah satu kemewahan yang diberikan perusahaan kepada para user atau penggunanya, beberapa seri Hp/Ponsel bahkan ada yang tidak diberi slot SD Card untuk menambah kapasitas. Berbeda dengan seri-seri ponsel yang agak murah, memory internal sangat terbatas sehingga harus melakukan beberapa pilihan agar tidak penuh, 

Pilihannya yaitu hanya menambah memory dengan SD card, setelah itu baru memindahkan aplikasi ke SD card. Itu saja tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD card sebelum Androidnya di-root, ya cukup ribet juga karena prosesnya membutuhkan prtisi-partisi SDcard seperti aplikasi Link2SD. Nah, supaya lebih praktis anda bisa menyulap lokasi installasi aplikasi yang default-nya di memory internal jadi external memory (SD card).



Caranya bisa dibilang cukup mudah, anda hanya cukup install aplikasi Terminal Emulator, Aplikasi ini menggunakan Android shell script, seperti command prompt di windows dan terminal di linux tapi terminal emulator ini lebih cocok kalau mirip dengan terminal di linux karena hampir sama dalam command nya. (Perlu diingat kembali untuk dapat mengeksekusi perintah melalui aplikasi terminal emulator ini Smartphone android anda harus sudah berstatus Root).

Berikut Cara mengubah lokasi default installasi aplikasi menjadi ke SDcard:

1. Download Terminal Emulator Disini.

2. Silahkan jalankan Android Terminal Emulator, lalu ketikkan perintah command dibawah ini !!
$su
#pm set-install-location 2
3. Jika perintah diatas gagal alias tidak berfungsi, bisa coba:
#pm setInstallLocation 2
Cara Mengubah Lokasi Installasi Aplikasi ke Eksternal/SD Card
4. Lalu cek apakah sudah berubah dengan command berikut:
#pm get-install-location
atau
#pm getInstallLocation
5. Jika sudah berubah seperti command diatas, maka anda sudah berhasil merubah lokasi default installasi  apliksi di android anda.

Keterangan:
su = untuk menggunakan semua hak superuser kita.
0  = auto, sistem akan memilih mana yang terbaik untuk ponsel anda.
1  = set installasi aplikasi ke internal memory.
2  = set installasi aplikasi ke SD card.


Cuma seperti itu sih, bagaimana simpel kan? jadi sekarang setiap anda install aplikasi otomatis akan masuk ke SDcard. Selain dengan menggunakan terminal emulator, semua command di atas juga bisa dieksekusi dengan ADB tool, tapi kalau ADB tool harus menggunakan bantuan komputer, jadi memakai command di komputer. Sekian artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Mengubah Lokasi Installasi Aplikasi ke Eksternal/SD Card, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba.

4 komentar:

  1. Mantap gan infonya...ane mau coba dulu nihh..doain ya gan . Moga berhasil..

    ReplyDelete
  2. Gan ane root pake KingRoot gmna ya caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca ini gan: http://www.androidpartners.net/2015/11/cara-root-semua-perangkat-android.html

      Delete