Cara Membuat ListView dan Keyboard Android Menjadi Animasi Bergerak

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Membuat ListView dan Keyboard Android Menjadi Animasi Bergerak

Cara Membuat ListView dan Keyboard Android Menjadi Animasi Bergerak - Hai kawan, kembali lagi dengan saya yang selalu membagikan cara-cara yang tentu menyenangkan untuk anda para penggemar ponsel android. Nah kali ini saya akan memberikan cara beserta tips untuk anda yang ingin membuat tampilan yang unik dan anda pun pasti akan terkagum-kagum melihat tampilan android anda sendiri.

Maksud tampilan unik ini adalah ketika anda membuka daftar apapun yang berbentuk list baik itu pada aplikasi, kontak, SMS, dll pokoknya selama tampilan tersebut masih bersifat list/daftar (gambar atau tulisan) maka list tersebut akan bergerak seperti menari-nari pada android anda dan begitu juga ketika anda ingin menulis pesan, keyboard akan muncul entah dari atas,bawah,samping kanan atau kiri. Keunikan ini tentu membuat anda penasaran bukan?
Cara ini cukup mudah bagi anda yang sudah paham menggunakan Xsposed Installer. Namun untuk yang belum pernah mencoba tenang saja, saya akan membimbing anda dengan tahapan-tahapan yang mudah dimengerti. Untuk menggunakan Xposed ponsel android anda harus sudah di-root terlebih dahulu. Baiklahlangsung saja berikut Tips Membuat animasi Keyboard dan ListView bergerak.
CatatanUntuk melakukan cara ini di Pastikan Ponsel Android anda sudah berstatus Rooted. Dan recomended menggunakan ROM deodex.
Bahan-bahan yang akan digunakan:
  1. Tutorialnya menggunakan Xposed Installer (jika anda belum memilikinya bisa anda unduh di Link ini). 
  2. Aplikasi atau module XuiMod (anda bisa mendapatkannya di Link ini).
Setelah kedua bahan diatas sudah dipersiapkan, untuk langkah-langkah yang harus di lakukan adalah
  • Install aplikasi Xposed Installer dan module XuiMod. (pastikan kedua aplikasi ini terinstall di memory internal).
  • Setelah terinstall, buka aplikasi Xposed dan install Frameworknya lewat menu Framework, jangan lupa di-reboot.
  • Setelah reboot, buka lagi aplikasi Xposed, masuk ke menu Modules dan cari yang namanya "XuiMod".
  • Selanjutnya pilih menu Modules, centang modul "XuiMod"yang sudah terinstall tadi, dan untuk mengaktifkannya reboot lagi Androidnya.
Setelah Anda sudah melakukan hal-hal di atas selanjutnya adalah mengetahui apa saja menu dan fitur yang ada didalam Aplikasi XuidMod ini. Untuk melakukan cara dari pembahasan kali ini, kita hanya memfokuskan di Bagian ANIMATION yaitu ListView Animation dan IME Animation, kedua bagian ini memiliki fungsi yaitu:

Pertama Fungsi ListView Animation adalah untuk membuat tampilan List seperti daftar kontak, Chat dan pembaruan BBM, atau yang berbentuk List pada android anda akan bergerak sesuai dengan anda inginkan. Untuk caranya adalah :
  • Buka Aplikasi XuiMod.
  • Pilih ListView Animation.
  • Pilih lagi ListView Animation untuk memilih Gerakan apa yang akan muncul pada tampilan android anda, kalau saya pilih scale. Silahkan pilih sesuai selera anda.
  • Selanjutnya buka ListView Interpolator untuk memperbagus efek dari gerakan yang anda pilih.
  • Lalu buka Animation duration pada bagian ini anda bisa menentukan kecepatan gerakan yang sudah anda pilih tadi. (semakin tinggi angka yang dipilih maka gerakan yang dihasilkan akan semakin bagus karena akan terlihat lambat atau slowmotion).
  • Langkah terakhir adalah mencoba atau melakukan test terhadap pilihan anda dengan membuka Test ListView. Dan Anda bisa melihat hasilnya ketika anda membaca chat BBM atau yang lainya seakan tampilan android menari-nari. :)
Kedua Fungsi IME Animation adalah untuk membuat keyboard anda bergerak dan ini hampir sama dengan fungsi ListView Animation. Untuk anda yang ingin membuat keyboard anda bergerak caranya sebagai berikut :
  • Buka Aplikasi XuiMod.
  • Pilih IME Enter Animation lalu anda dapat memilih gerakan yang anda sukai pada saat ingin mengetik/menulis.
  • Selanjutnya pilih IME Exit Animation dan pilih gerakan yang ada suka untuk selesai anda mengetik/menulis.
  • Pilih IME Interpolater untuk memilih Efek gerakan.
  • Lalu IME Animation duration untuk menentukan kecepatan gerakan.
  • Dan terakhir anda bisa mengetest dengan memilih Test IME Animation Here. Selesai dan lihat keyboard anda.
Demikian tutorial tentang Cara Membuat Animasi Android dengan XuiMod. Semoga dengan cara ini bisa membantu anda dalam hal mempercantik tampilan list android anda. Sebenanya masih banyak kegunaan atau fungsi XuidMod ini dan akan saya lanjutkan ke artikel selanjunya. Mohon Maaf apabila ada kesalahan kata ataupun penulisan dalam artikel ini dan terima kasih sudah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment