Cara Memperbaiki Huruf Tidak Terbaca (Kotak-kotak) di Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Memperbaiki Huruf Tidak Terbaca (Kotak-kotak) di Android

Cara Mengatasi Huruf Tidak Terbaca di Android
Cara Memperbaiki Huruf Tidak Terbaca (Kotak-kotak) di Android - Selamat pagi pengguna android yang mencari cara untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada ponsel android sehingga dapat mengatasi permasalahan pada android anda. Admin kali ini akan membahas sebuah cara mengatasi huruf yang tidak terbaca di ponsel android anda atau tampilan huruf di android hanya kotak-kotak. Font atau huruf bawaan Android tidak mendukung karakter unicode, inilah kelemahan Android. Sehingga apabila ada emoticon, emoji, huruf karakter yang aneh , atau karakter asing  tidak akan terbaca, hanya ditampilkan sebagai karakter kotak.

Untuk mengatasinya, anda harus memasang font unicode. Font unicode adalah font yang bisa membaca semua karakter dari jenis-jenis font yang ada, ukurannya berkas ttf font unicode ini biasanya lebih besar dari font biasanya.Sebelum memulai caranya ingat DWYOR, dan lakukan sesuai langkah-langkah dengan benar. Langsung saja berikut Cara Memperbaiki Huruf Kotak-kotak di Android :
  1. Syarat yang pertama perangkat android dalam keadaan root.
  2. Aplikasi Root Browser silahkan instal dari playstore, bisa memakai Root Explorer "berbayar" atau Root Browser "gratis".( Dapatkan di Playstore)
  3. Pada prinsipnya anda akan mengganti DroidSansFallback.ttf dengan font unicode namun tetap dengan hak akses yang sama.
  4. Download font unicode DroidSansFallback.zip lalu ekstrak. ( bisa anda dapatkan di forum xda-developers ) Untuk yang kemarin masih kotak-kotak coba font baru ini.
  5. Buka Root Explore atau Root Browser, salin font DroidSansFallback.ttf yang sudah diunduh tadi ke direktori  /system, 
  6. Atur permission.,
  7. Tekan dan tahan DroidSansFallback.ttf pilih Permission.
  8. Item yang dicentang harus sama seperti gambar.
    Cara Mengatasi Huruf Tidak Terbaca di Android
  9. Lalu pindahkan atau move DroidSansFallback.ttf  dari /system ke /system/fonts. Jika ada peringatan seperti ini, file sudah ada dan apakah Anda mau menimpanya? Berarti langkah Anda sudah benar tinggal timpa saja, pilih Yes.
    Cara Mengatasi Huruf Tidak Terbaca di Android
  10. Nyalakan ulang perangkat android dan cek apakah masih kotak - kotak ?
Untuk menambah font khusus yang masih tidak tebaca Font Unicode.( Font Thailand, Bengali, Tamil, font asing lainnya)
  1. Siapkan berkas font ttf
  2. Salin ke /system/fonts. Atur permissionya seperti pada langkah diatas.
  3. Edit /etc/fallback_fonts.xml.
Sekian dulu artikel tentang Cara Mengatasi Huruf Tidak Terbaca di Android. semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, Terima kasih sudah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment