Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Tuesday, March 29, 2016

Cara Melakukan Partisi Pada SD Card Untuk Aplikasi Link2SD

Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android -  Artikel Update kali ini masih seputar tutorial. Tentu anda sudah tahu fungsi aplikasi Link2SD bukan? ya sebagai syarat agar dapat memindahkan seluruh ataupun sebagian aplikasi di android ke eksternal / SDcard membutuhkan suatu partisi pada SDcard tersebut. Partisi pada SDcard dapat diartikan membagi atau memecah kapasitas kartu sd Anda menjadi dua bagian (bisa juga lebih) dan membuat satu bagian partisi untuk difungsikan sebagai akses untuk mobile (sebagai pengganti memori internal) dan bagian partisi lain difungsikan untuk media penyimpanan file.

Untuk cara mempartisi SDcard bisa dilakukan dengan dua cara yaitu langsung melalui Hp android dan melaui PC. kalau di PC biasanya membutuhkan software partition magic, tapi disini saya akan coba membagikan cara melalui Hp karena menurut saya cara ini lebih mudah ketimbang melakukannya melalui PC. Lalu bagaimana cara mempartisi memori di micro sd card android tanpa pc untuk link2SD ? Baiklah langsung saja simak Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android berikut ini:

Untuk Persyaratan :
  1. OS Android (Gingerbread, Ice Cream Sandwich or Jelly Bean, I tested in 4.0.4 & I use in 4.1.2)
  2. Perangkat android sudah berstatus Rooted. Yaitu Smartphone anda sudah bisa melakukan akses SuperUser. Jika smartphone anda belum di Root? Baca >Cara Root Semua Tipe Hp Android<
  3. Minimal kapasitas SDcard anda adalah 4GB. Recommended 8GB, 16GB, 32GB with Class 4 or higher. Memori anda juga harus terbaca di komputer, jika error tidak terbaca atau suruh melakukan format baca >Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca<
  4. Aplikasi Busy Box harus sudah terinstall di ponsel anda. Jika belum punya anda bisa mendapatkannya di Google Play. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk membuat repositori yang diperlukan di ponsel anda.
  5. Android Partition Aparted. Harus sudah terinstall di ponsel, aplikasi ini yang nantinya akan melakukan fungsinya untuk partisi SDcard di Hp android anda. Aplikasi ini bisa anda dapatkan di Google Play.
Catatan: Android Partition Aparted tersebut harus terinstall di memori internal agar tidak Error. Karena sebelum di partisi semua data di SDcard (memori eksternal) anda akan hilang. Maka dari itu sebelumnya lakukan backup data anda yang ada di memori eksternal dengan cara copy paste ke komputer terlebih dahulu dengan Card Reader atau MMC Adapter.
Cara Melakukan Partisi SD Card untuk Link2SD Android :
  • Langkah pertama pastikan semua data atau file di SDcard sudah backup ke komputer.
  • Bila sudah melakukan backup dan menginstall aplikasi yang dibutuhkan yang dijelaskan di atas, silahkan masuk ke setting > penyimpanan > Lepaskan Kartu Micro SD storage > unmount kartu SD . (Proses ini akan bekerja hanya jika Anda meng-unmount kartu SD atau yang lain Anda akan mendapatkan error).
  • Buka aparted dan pilih tab "CREATE" dan tekan tombol hijau " + ". Lalu anda akan diminta untuk membuat partisi pertama, partisi ini akan dapat diakses bagi pengguna sebagai penyimpanan eksternal. Anda dapat memilih jumlah ruang sesuai dengan pilihan Anda. Caranya dengan menggeser penggaris warna hijau sesuai keinginan. Jika Anda menggunakan 4 GB kartu SD ( 3,69 akan diakses ) membuat partisi pertama 2 GB. Pilih jenis sebagai FAT 32 dan pilih "APPLY CHANGES" dengan menekan menu pilihan. Ini akan membuat partisi utama ruang yang Anda inginkan dengan menghapus semua isi kartu SD yang digunakan sebagai penyimpanan eksternal.
Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android
  • Setelah menyelesaikan primary partition select tool (partisi pertama). Anda akan ditampilkan sebagai bagian bagian 1 dan bagian 2 tersedia untuk kartu SD Anda . Anda dapat membuat beberapa bagian kartu SD Anda maksimal 4 partisi. Tetapi sebaiknya cukup bagi anda untuk dua partisi saja. Jumlah yang lebih tinggi dari partisi membutuhkan keahlian yang lebih teknis contohnya Developers. Sekarang bagian pertama adalah partisi utama Anda buat dan bagian kedua adalah ruang yang tersisa yang akan digunakan oleh ponsel sebagai memori internal . Ceklis kotak centang pada bagian yang tersisa kedua dan ganti jadi EXT2 bukan format FAT32. Sekarang aplikasi akan membuat partisi kedua tunggu hingga selesai.
Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android
  • Setelah anda centang "PART 2" dan klik "CREATE". Atau bisa dengan menekan tombol opsi pengaturan pilih Lanjut Perubahan. Jika SD Card anda ialah class 6 keatas dan minimal kapasitas 4GB. Bisa dengan membuat 3 partisi dan partisi terakhir adalah SWAP. SWAP membantu untuk meningkatkan proses RAM. SWAP tidak perlu terlalu banyak karena dari Linux sediakan ruang 100 - 500 MB saja. Di bawah ini adalah salah satu contoh SDcard yang telah dipartisi menjadi beberapa bagian:
Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android
  • Langkah terakhir, silahkan reboot hp android Anda. Setelah hp kalian melakukan proses restart secara otomatis partisi memori SD Card telah selesai dilakukan.
Selanjutnya silahkan anda simak tutorial Menggunakan Aplikasi Link2SD karena saya telah mempostingnya beberapa waktu yang lalu. Aplikasi Link2SD dapat membantu anda memindahkan aplikasi yang sudah terinstall di internal ke salah satu partisi di memori card (biasanya secondary partition), dan ruang pada internal pun akan menjadi lebih lega tentunya. Sekian artikel kali ini tentang Cara Partisi SD Card Untuk Aplikasi Link2SD di Android, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melakukan Partisi Pada SD Card Untuk Aplikasi Link2SD

4 komentar:

  1. Replies
    1. menu apanya? tolong diperjelas lagi mba pertanyaan nya

      Delete
  2. Apakah bisa d pergunakan untuk hp sony

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, yang penting harus sudah diroot dulu

      Delete