6 Tips Memaksimalkan BBM di Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

6 Tips Memaksimalkan BBM di Android

gambar umum logo BBM
Bagi anda para pengguna android pasti sudah memiliki aplikasi BBM for Android. Tetapi pada pertama kali menginstal dan lalu menggunakan aplikasi BBM tersebut pasti terdapat banyak masalah bukan? saya pun juga merasakannya entah itu lambat sekali pada waktu membuka aplikasi tersebut malahan sampai beberapa kali membuka aplikasi tetap not responding dan sering pending jika mengirim massage, tetapi seiring berjalannya waktu aplikasi BBM for Android perlahan menyesuaikan kinerjanya, tetapi tetap saja walau bagaimana pun Aplikasi BBM for android ini masih kurang sedikit kinerjanya dibandingkan aplikasi BBM untuk Blackberry.
Pada waktu lalu ketika saya membaca artikel tentang BBM android disitu terdapat kabar bahwa dalam waktu dekat ini aplikasi BBM for android akan ditarik kembali pada tanggal 1 desember karena perusahaan blackberry rugi besar, tetapi untunglah berita ini merupakan Hoax hehe..

Kembali ketopik, Lalu bagaimana cara memaksimalkan BBM diandroid?
Baiklah berikut ini saya akan membagikan tipsnya:
  • Memanage/ mengatur penggunaan RAM Android
RAM ini sangat berpengaruh sekali pada kinerja suatu Smartphone, terlalu banyak aplikasi yang terinstal akan memakan banyak ruang di memory/ RAM yang jika RAM tersebut penuh akan berakibat lambat, hang/aplikasi not responding, maka dari itu Uninstal lah aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu diperlukan dan aplikasi yang tidak pernah dipakai, untuk memudahkan anda dalam mengatur dan memonitoring kinerja RAM anda bisa menggunakan aplikasi Android Assistant , aplikasi ini bisa anda dapatkan di google play.
atau jika anda ingin memiliki banyak aplikasi Upgrade lah RAM Smartphone android anda, Jika anda tidak terpikirkan untuk Upgrad RAM, untuk sementara dengan memory/ RAM anda yang terbatas cobalah anda disable icon BBM seperti gambar dibawah ini !!
screenshoot untuk menDisable BBM conected icon
Dengan men-Disable icon ini sudah terbukti dapat mempengaruhi kecepatan kinerja BBM, memang dengan mendisable icon  akan menghilangkan icon yang ada di bar notifikasi. tapi tidak usah khawatir, anda masih bisa mendapatkan notifikasi BBM di Smartphone. Pintar-pintar lah anda memanage RAM Smartphone android anda, dengan begitu kinerja BBM Android anda akan mengalami peningkatan.
  • Invite PIN dengan Menggunakan Link BBM
Ada cara yang paling efisien dan cepat untuk Invite PIN. Anda Tidak perlu melakukan screenshot PIN BBM, dengan cara tersebut justru akan mempersulit teman kita untuk menambahkan PIN BBM. Untuk Invite PIN silahkn lihat cara mudah berikut ini pin.bbm.com/PIN ANDA.
Contohnya pin.bbm.com/12345678
Tekan tombol menu  => Undang ke BBM => Undang dengan Email atau SMS
Kemudian Masukkan alamat email yang diinginkan atau nomor ponsel dan tekan kirim

Melengkapi Undangan :

Cari email atau pesan SMS dengan subjek Undangan BBM => Pilih www.pin.bbm.com /1234567 <== klik link dalam pesan.
Saat teman kamu mengklik link tersebut, jika membukanya melalui aplikasi BBM di Android-nya maka akan otomatis menambakan PIN.
  • Gunakan Autoteks
Kurang lengkap rasanya jika tulisan BBM di Android tidak menggunakan Autotext. tidak usah dijelaskan pastinya anda sudah tau apa itu autotext, biasanya anak muda sering menggunakan autotext seperti tulisan alay hehe. Anda bisa menggunakan aplikasi SmartKeyboard Pro agar bisa menggunakan autoteks tulisan dan simbol.
  • Hapus Kontak BBM 
Pastinya anda Sering mendapatkan pesan broadcast yang mengganggu, sering di PING! berkali-kali tentunya akan membuat jengkel atau kontak BBM anda sudah kebanyakan, apalagi jika orang dikontak BBM kebanyakan yang tidak dikenal. Langsung hapus saja kontak-kontak tersebut dengan cara masuk ke bbm => tekan yang agak lama (tahan) pada nama yang mau dihapus => akan muncul menu 'lihat profil bbm' => pilih lainnya dan di bawah layar ada pilihan 'hapus (nama kontak)' => pilih "hapus" => akan muncul pilihan blokir undangan selanjutnya atau langsung saja hapus, atau dibatalkan. (tinggal pilih)
screenshoot Delete kontak
  • Tampilkan Menu Kontak dengan List
Tampilan kontak BBM yang default adalah grid. bentuk grid memang enak untuk dilihat karena tampilan display picture nya yang menarik. Tetapi jika memiliki kontak BBM yang sudah banyak maka akan sulit untuk menemukan kontak yang dicari. solusinya adalah dengan Cara merubahnya ke bentuk List, bukalah aplikasi BBM => kemudian geser kebawah hingga menemukan menu setting => dari menu setting tersebut anda tinggal merubahnya dari tampilan grid menjadi list

                                                  Screenshoot mengganti tampilan menu kontak dengan list
  • Hide Status Teman
Dalam melakukan aktivitas dengan BBM pasti anda sering melihat teman dikontak BBM anda sering update status, dalam status tersebut Kita bisa lihat apa saja yang sedang dilakukan dan dialami oleh teman kita. Namun ada juga dari kita tidak begitu suka melihat update status teman kita yang alay karena sering berganti status setiap 5 menit pastinya sangat mengganggu anda.
Cara memblokir/ hide status teman cukup mudah  silahkan buka aplikasi BBM => lalu pilih Updates => kemudian Pilih kontak yang akan disembunyikan statusnya => tahan yang lama, lalu pilih Hide Updates.

Kurang lebih nya begitulah tips memaksimalkan fasilitas BBM di Android, mungkin cara tersebut bagi pengguna lama Blackberry massanger sudah sangat mudah dilakukan, tapi mudah-mudahan cara tersebut bermanfaat untuk para pemula pengguna BBM di Android. Sekian artikel yang saya bagikan kali ini.

25 komentar:

  1. ane baru instal bbm di android ane, thanks sob tipsnya ane coba dulu

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat bgt nih infonya,
    tp bbm ane sih sepi ,jd ga kepake banget. .

    Btw. Emang ram bisa ditambah ya gan? Share infonya donk ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung. Ya bisa, nanti saya coba share

      Delete
  3. Terimakasih gan infonya.! ane da masalah gan, kadang g bisa melakukan edit BB ID di setting BBM, Jika tu terjadi biasanya saya tidak bisa menggunakan BBM, Artinya BBM jadi pending.! Gmna solusinya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu ada error entah di aplikasinya atau koneksinya, coba di clear data dulu gan caranya masuk ke menu 'SETTING' lalu pilih 'Apps', Kemudian pilih aplikasi 'BBM', dan tekan tombol menu 'Clear data'. setelah itu buka BBM dan silahkan create BB ID yg baru atau sign in jika sudah mempunyai BB ID yg terdaftar.

      Delete
  4. Saya menggunakan bbm for Android. .. biasanya lancar saja. .. tp sdh 3 hari ini saya tdk bisa update status. .. sdh berbagai macam cara ku coba ttp tdk bisa... sampai instal ulang dan pin bbm baru pun ttp tidak bisa update. . Tolong dong... solusinya.... fb Vio Vynn bbm pin 7B9DC846

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh ini sama seperti saya, ini gara2 nya setelah saya perbarui versi BBM di playstore yg versi 1040, BBM ini masih banyak bug nya, solusinya coba sekarang downgrade versi BBM nya ke versi sebelumnya

      Delete
    2. Bagaimana caranya sobat tolongin dong...

      Delete
  5. gan, saya mau tanya.. kenapa banyak dp bbm teman di bbm android saya sering tidak nampak? yang nampak hanya sedikit bnget... apa penyebabnya gan? dan saya lihat teman saya yg pakai bbm android baik2 saja...padahal hpnya sama dengan saya.. dan saya pun jarang mengobrak abrik android saya.. apa solusinya gan? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masalah jaringan gan, saya juga sempat mengalaminya pada waktu pertama kali install bbm, solusinya coba hapus data dipengaturan aplikasi, trus lakukan sign in ulang

      Delete
  6. Cara downgrade ke versi sblmny gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. uninstall versi yg sekarang terpasang kemudian cari versi yg sebelumnya dan lakukan penginstallan kembali

      Delete
  7. Cara downgrde k app bbm sblumny gmn? Soalny sm nhe dah 3 hari gak bisa updte apapun dibbm kejadianny stelah tuh bbm diperbaharui.

    ReplyDelete
  8. mas gimana cara mengatasi gak bisa invite pin bb di android, tiap aku invite pin orang langsung muncul undangan ditolak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah sama dgn punyaku, bahkan teman gk bs invite pin aku...
      Udah browsing kemna2 tpi blum dpt solusinya juga.....

      Delete
    2. memang terkadang kalau kita invite PIN suka gitu, saya juga pernah mengalaminya itu karena gangguan dari server nya mungkin, coba di invite ulang aja, tapi menunggu jangka waktu misalnya 2 jam kemudian, kalau masih begitu juga coba hapus data BBM di pengaturan aplikasi kemudian sign in ulang

      Delete
  9. Trimakasih infonya...
    Tp kak, saya mengalami masalah di bbm for android bukan awal2 malah ketika saya membuat group mlm td, wah payah, poto di group yg saya tambahkan tidak ada sama skali ketika teman2 saya banyak bergabung di group, dan bbm saya sangat lambat... kira2 punya solusi gk kak buat masallah saya? Trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau BBM lambat dan not responding itu sudah jelas proses pada RAM sangat banyak karena kebanyakan aplikasi yg jalan, coba lihat multitasking di end task aja aplikasi yg sedang berjalan, dengan begitu mudah2an BBM nya jadi lancar

      Delete
  10. coba hapus cache dan hapus data BBM di pengaturan aplikasi, kemudian sign in ulang

    ReplyDelete
  11. mohon bantuannya ,, sudah beberapa hari ini,, bbm for android saya tidak bisa terima undangan baru,, padahal di pemberitahuan jelas2 terlihat ada undangan bbm baru,, tapi ketika di klik,, tidak ada nama2 undangannya,, penyebabnya apa ya,, mohon sekali bantuannya,,teriksih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca ini :
      http://mysoftwared.blogspot.com/2014/08/tips-mengatasi-berbagai-macam-error.html

      Delete
    2. sama bang tetep ga bisa terima undangan padahal ada undangan :(

      Delete
  12. sy punx masalah ..
    setelah BBM sy br diperbarui, saat sy menghapus obrolan beberapa saat obrolan yg br sy hapus muncul kembali .. bagaimana y cr memgatasi itu? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan kmarin memang error langsung dari servernya, tidak usah khawatir sekarang udah normal lagi kok, dihapus ga akan balik lagi

      Delete