Cara Mengaktifkan Virtual Wi-Fi di Windows 7

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Mengaktifkan Virtual Wi-Fi di Windows 7

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengaktifkan dan membuat virtual wifi pada komputer khusus windows 7, fungsi virtual wifi adalah untuk membagi koneksi internet pada perangkat lain baik itu komputer ataupun ponsel dengan perantara komputer/laptop kita dijadikan sebagai router pihak kedua dalam satu jaringan hotspot, jadi virtual wifi ini bisa kita aktifkan jika dalam area hotspot dalam kondisi pembatasan perangkat/device. Supaya lebih jelas saya berikan contoh: misalnya dalam area hotspot A mengizinkan akses 4 perangkat saja, berarti untuk perangkat selanjutnya tidak bisa untuk mengakses internet, jadi solusinya dengan cara mengaktifkan virtual wifi pada salah satu perangkat diantara 4 perangkat yang sudah terhubung tersebut, dan perangkat ke 5 dan seterusnya bisa Conect ke perangkat yang sudah diaktifkan virtual wifinya.
Sebenarnya ada juga software/ aplikasi untuk mengaktifkan virtual wifi pada komputer, tapi disini saya akan membahas cara mengaktifkan Virtual Wifi tanpa software/ aplikasi. Untuk Cara Mengaktifkan Virtual Wifi Windows 7 dengan menggunakan software akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Langsung saja berikut ini merupakan langkah-langkah untuk Mengaktifkan Virtual Wifi pada Windows 7:
  • Klik Start ⇨ All ProgramsAccesories lalu klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator.
  • Berikan perintah netsh wlan set hostednetwork mode allow ssid namawifi key passwordwifi lalu tekan Enter. Ganti namawifi dengan nama ssid wireless router anda dan ganti passwordwifi dengan password wireless.
  • Selanjutnya berikan perintah netsh wlan start hostednetwork.
  • Selanjutnya masuk ke Control PanelNetwork and InternetNetwork and Sharing Center, lalu klik Change Adapter Settings ⇨ Klik kanan Wireless Network Connection ⇨ pilih Properties. Klik tab Sharing. Kemudian beri tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer's internet connection, lalu tentukan Wireless Network Connection yang anda ingin gunakan lalu klik OK.

Pastikan Driver Network Adapter anda terupdate dan berfungsi dengan baik, supaya cara ini berhasil diterapkan pada perangkat atau komputer anda, Demikian artikel kali ini tentang Cara Mengaktifkan Virtual Wifi Windows 7, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment