Cara Mengatasi Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Mengatasi Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri

Cara Mengatasi Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri
Cara Mengatasi Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri - Masalah umum yang sering terjadi kepada pengguna Smartphone/ ponsel android salah satunya adalah Not Responding atau biasa kita sebut Hang dan restart sendiri yang memang masalah tersebut seketika dapat muncul tanpa diketahui penyebabnya oleh kebanyakan pengguna baru. Hang dan restart sendiri merupakan masalah yang sama, jadi penyebabnya pun tidak jauh beda. Sebelum kita melangkah bagaimana cara mengatsi Hang dan restart, kenali dulu penyebabnya. Berikut sebab-sebab Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri diantaranya :

1. Kinerja RAM berlebihan
2. Memory Internal penuh.
3. Aplikasi yang Crash/ Corrupt.
4. Serangan Virus.

Setelah kita mengetahui dan mengamati penyebabnya, sekarang kita mulai cara mengatasinya sesuai penyebab yang telah disebutkan diatas:

1. Kinerja RAM berlebihan
Kapasitas suatu RAM sangat mempengaruhi keseluruhan suatu kinerja perangkat android. Menginstall banyak aplikasi lalu membukanya sekaligus, akan memberatkan kerja RAM yang berkapasitas kecil, akibatnya hang akan muncul, intinya anda harus mengetahui ukuran kapasitas RAM anda, dengan begitu anda bisa mengontrol aplikasi yang diinstall di perangkat anda dan tidak akan terkuras oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan. Ada beberapa aplikasi yang berfungsi untuk membantu anda dalam mengatur pemakaian RAM salah satunya adalah Task killer, silahkan anda coba.

2. Memory Internal Penuh
Cobalah anda Install Aplikasi Android di Memory Eksternal /SD Card, fungsinya supaya memory internal lebih leluasa dan tidak terlalu terbebani dengan banyaknya aplikasi yang anda pasang. Selain itu juga aplikasi yang bisa anda install juga kemungkinan menjadi lebih banyak, tentunya sesuaikan juga dengan kapasitas RAM anada

3. Aplikasi yang Crash/ Corrupt.
Perangkat android sering hang atau restart karena crash. Crash bisa terjadi karena system error, RAM yang minim, tweaks yang dijalankan berbenturan dengan tweaks yang lain, atau crash karena jalan main aplikasi yang satu dengan lainnya berlawanan, crash ini ditandai dengan munculnya pesan "Force Close" biasanya aplikasi yang crash terjadi karena kesalahan pengguna seperti overclock CPU yang melampaui batas, aplikasi yang dipasang bukan dari google play. Solusinya jangan terlalu berlebihan dalam melakukan overclock CPU, dan installah aplikasi yang compatible dan berasal dari google play. Khusus untuk penjelasan mendalam tentang mengatasi crash /force close yang berkelanjutan ini agar lebih jelasnya bisa baca artikel saya tentang Cara Mengatasi Force Close di Android.

4. Serangan Virus
Tidak menutup kemungkinan serangan virus pada sistem di perangkat android juga menjadi penyebabnya. Solusinya sudah pasti anda harus pasang antivirus. Banyak pilihan antivirus di google play app store yang bisa langsung anda install, salah satunya yang menurut saya ampuh adalah Dr.Web v.9

Itulah beberapa Cara Mengatasi Android Yang Sering Hang dan Restart Sendiri, silahkan anda coba. Demikian artikel yang saya bahas kali ini, semoga dapat bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment