Tips Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Tips Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki dan mengatasi Memory Card yang Tidak Terbaca
Tips Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca - Media penyimpanan atau biasa kita sebut Memory Card atau MMC merupakan alat yang sangat penting yang berfungsi untuk menyimpan semua jenis data/file, memory card umumnya biasa ditemui dan digunakan pada perangkat seperti Handphone, Kamera, dan Komputer. Menurut penggunaannya Memory terbagi menjadi dua yaitu memory internal dan eksternal, tetapi karena memory internal tidak bisa menampung bayak file karena kapasitasnya kecil, maka dibutuhkanlah Memory eksternal ini. memory card eksternal bisa menampung banyak file karena umumnya mempunyai ukuran besar yang, jenisnya pun beranekaragam seperti Micro SD, Sony M2 Card, Memory Stick, Flash Card,  Dual Card,  dan yang berkapasitas paling besar adalah Hard Disk.
Pada Memory card juga bisa terjadi kerusakan baik itu dari fisik atau program. Beberapa kejadian pada kerusakan memory card yang sering terjadi contohnya seperti:
Memory Card  Error tidak terbaca, memory card terkunci atau tidak ditemukan/hidden.
Kerusakan pada memory card terjadi karena beberapa seebab antara lain :
  • Terkena virus yang merusak system inti atau ada file yang corrupt.
  • Pengaruh medan magnet yang bertabrakan.
  • Terkena panas yang berlebihan sehingga elemen sedikit gosong, meleleh atau terbakar.
  • Kesalahan karena sembarangan saat mencabut / memasukan memori ke slot perangkat.
  • Sering memindahkan memory card ke perangkat lain, misalnya kartu memori ponsel, kita pasangkan ke kamera digital dan sebaliknya secara berulang kali
  • Kesalahan pada system atau gagal saat melakukan partisi data memory.
Biasanya jika seseorang mengalami kerusakan pada memory cardnya langsung saja dibuang, tetapi sekarang anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena disini saya akan mencoba membagikan solusinya, Mengatasi atau Memperbaikinya bisa dilakukan dengan berbagai cara, langsung saja perhatikan berikut ini beberapa tips dan caranya:

Cara Mengatasi Memory Card yang Rusak / Tidak Terbaca:

1. Dengan Cara Membersihkan perangkat memory
  • Bersihkan lempengan tembaga (warna kuning keemasan) dengan penghapus pensil yg berwarna putih. Lakukan secara perlahan sampai lempengan tembaga tersebut terlihat bersih.
  • Jika menggunakan smartphone Android anda buka menu Options-Memory lalu highlight tulisan "Total Space" kemudian pilih Repair.
2. Dengan Cara Menggunakan Format Melalui PC
  • Cabut kartu memory dari perangkat anda, jika perangkat anda bersistem operasi misal android jangan asal cabut, cabut memory dengan menggunakan menu "Unmount SD Card". setelah itu masukkan memori ke card reader.
  • Colok/masukkan card reader ke USB komputer/PC, buka windows eksplorer lalu Cari drive kartu memory (lihat di menu Windows Eksploler),  Jika memori sudah terbaca misalnya pada drive I anda klik tombol kanan mouse, lalu pilih menu "Format".
  • Selanjutnya Pada tab properties format muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan anda memilih system format file FAT.
  • Klik "Format Now" dan tunggu hingga proses selesai.
Sering kali memory card setelah di sambungkan ke PC tidak terbaca/terdeteksi sebagai removable disk di windows explorer, coba periksa dan lakukan hal berikut:
Dari 'homescreen' : Options ⇨ Media Card.
Pastikan:
-Media Card Support : On.
-Mass Storage Mode Support : On
-Auto Enable Mass Storage : Yes
-Save dan Exit
Untuk memory card baru dan masih kosong, bisa lakukan: Options ⇨ Media Card ⇨ BBmenu ⇨ klik Format Card.
3. Dengan Cara Hard Format
  • Hubungkan perangkat anda ke Komputer/PC menggunakan kabel data.
  • Setelah terhubung lakukan Hard format media card dengan cara highlight direktori media card lalu klik kanan tombol mouse dan pilih "Format", Berikan tanda ☑ di tulisan FAT16.
  • Tunggu sampe proses selesai.
Perhatian : Format Card akan membuat seluruh data pada memory anda akan terhapus baik Lagu, Dokumen, WinRAR, Powerpoint, Video, Film, Gambar, Foto, File program Handphone dll.

4. Dengan Cara Format Melalui Command Prompt (CMD)
  • Masukkan memory ke card reader lalu colok ke USB PC.
  • Klik start ⇨ run, dan ketik CMD.jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.
  • terus ketik FORMAT h:/FS:FAT (h=adalah drive jika MMC terletak di drive H, jika I tulis I).
  • tunggu hingga selesai.
Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada memori, Sebelum memori anda rusak anda bisa mencegahnya minimal dengan memasang antivirus pada perangkat anda, karena sebab yang paling banyak terjadi yaitu akibat serangan virus. Demikian artikel kali ini tentang Tips Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. itu kalo masih kebaca sd cardnya
    nah kl nggak kebaca gimana???

    ReplyDelete