Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android

Cara Merubah/Mengganti Tampilan BBM di Android - Jika sebelumnya saya telah membahas artikel tentang cara mengubah tampilan background SMS di android, dan tema yang akan saya bahas kali kini tidak berbeda jauh yaitu masih tentang cara merubah tampilan background, dan tampilan yang akan dirubah/edit kali ini adalah background BBM android. Jika anda adalah termasuk orang yang ingin mencoba hal dan sesuatu yang baru artikel yang saya bagikan kali ini sangat cocok untuk anda, karena atikel kali ini merupakan tutorial yang di tujukan kepada anda yang mungkin sudah bosen atau merasa kurang menarik dengan tampilan dari BBM di perangkat android anda.

Jika kita semua yang sudah mencoba BBM di android pasti sudah mengetahui BBM hanya mempunyai background berwarna putih saja, dan bagi anda pengguna aktif BBM, dan tidak bisa lepas dengan aplikasi messenger yang satu ini pasti lama-kelamaan akan bosan dengan tampilannya yang putih itu saja. Mudah saja jika anda bosan dan ingin mengganti tampilan background BBM tersebut, dan cara merubah tampilan background BBM di android dapat dilakukan dengan mudah, bisa dengan PC atau ponsel anda, dan disini saya akan coba menjelaskannya dengan kedua cara tersebut. sebelum kita mulai tutorialnya lihatlah Berikut contoh tampilan BBM yang telah di modifikasi:

 Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di AndroidCara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android
Perhatikan !!
Sebelumnya, jika anda sudah menginstall BBM official/aslinya di smartphone android, anda harus melakukan uninstall BBM tersebut terlebih dahulu untuk dapat merubah background BBM. karena BBM aslinya yang sudah di install tidak dapat dilakukan perubahan. oleh karena itu, apabila anda ingin merubah tampilan backgorund BBM harus melakukan backup semua kontak yang di miliki serta anda harus ingat USERNAME dan PASSWORD akun BBM anda. karena BBM modif ini akan meminta anda untuk melakukan registrasi apabila kalian lupa atau belum memiliki akun. jika anda tidak mau terjadi sesuatu pada BBM anda, lebih baik tidak perlu diganti. 
Baiklah sebelum tutorialnya dimulai, anda harus persiapan terlebih dahulu beberapa peralatan dan komponen yang dibutuhkan selama proses berlangsung, yaitu:
  • Sebuah perangkat smartphone android yang sudah bisa melakukan install BBM.
  • BBM modif, silahkan download disini atau disini (kedua BBM modif ini sudah di edit background nya dan siap untuk diinstall, tapi bisa untuk di ubah lagi).
  • Apk editor, silahkan download disini.
  • Jika anda ingin merubah background BBM melalui komputer, siapkan komputer dengan aplikasi WinRar yang sudah terdapat di dalamnya.
  • Tiga buah gambar dengan format .PNG yang sudah anda siapkan (usahakan ukuran gambar yang anda siapkan sesuai dengan resolusi dari perangkat android yang ingin anda install BBM atau kurang. ukuran gambar jangan sampai lebih dari resolusi layar HP android anda), ganti juga nama file gambar anda dengan nama back_chat.png, back_main.png, back_slide.png.
Jika semua komponen dan peralatan diatas sudah anda siapkan, selanjutnya kita bisa mulai tutorial cara merubah/edit tampilan background BBM android berikut ini:
  • Silahkan download BBM modif dan juga apk editor pada point diatas kemudian pindahkan ke SD card dan lakukan installasi apk editor tersebut.
  • Kemudian jalankan apk editor, kemudian cari dan pilih aplikasi BBM modif.
  • Selanjutnya anda akan melihat 4 buah folder, ada assets, lib, meta-inf, dan res. Anda pilih folder "res" kemudian pilih folder "drawable".
 Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di AndroidCara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android
  • Di dalam folder drawable anda cari file dengan nama "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". file-file png tersebut merupakan file yang akan kita ganti dengan file gambar yang kita inginkan. jangan lupa ganti nama file gambar milik anda sesuai dengan ketiga nama diatas.
 Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android
  • Pilih ke 3 file gambar png diatas, lalu tekan dan tahan satu-satu file tersebut dan ganti dengan gambar yang di inginkan. biasanya saat anda menekan dan menahan, akan keluar sebuah menu. Pilih "replace" untuk mengganti file gambar tersebut, lalu cari file gambar dengan ekstensi png yang sudah anda siapkan. biasanya proses penggantian/replace file gambar ini berlangsung selama 2 menit, jadi tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Selanjutnya jika sudah di replace, masih di apk editor anda keluar dari folder-folder tersebut sampai terdpat aplikasi BBM modif. nah, disini anda tekan dan tahan BBM modif tersebut, maka akan muncul menu. Anda pilih "optimize & sign" lalu tunggu kira-kira 2 menit. jika prosesnya sudah selesai, anda akan melihat file "apk.bak" itu adalah file yang sudah di optimasi. namun, biarkan saja file tersebut lalu anda install aplikasi BBM modif tersebut (bukan apk.bak).
 Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android
  • Langkah terakhir apabila BBM modif sudah berhasil di install dan dibuka pada perangkat anda, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah anda simpan sebelumnya.
  • Selesai, sekarang lihatlah anda sudah dapat Merubah dan mengganti Tampilan BBM di Android.
Berikut ini saya akan menjelaskan cara kedua untuk mengubah tampilan BBM, yaitu lewat PC/Komputer:
  • Silahkan download BBM modif diatas, kemudian buka aplikasi dengan menggunakan winrar. Untuk bisa membukanya sebelumnya ubah dulu ekstensi file BBM modifnya nya, anda ubah dari .apk menjadi rar. (ubahnya dengan cara rename)
  • Setelah itu ekstrak BBM-modif.rar pada folder baru, jadi sebelumnya anda buat dulu folder barunya terserah mau diberi nama apa saja.
  • Jika sudah di ekstrak, Selanjutnya cari folder "res ⇨ drawable". di dalam folder drawable akan ada 3 file, "back_chat.png", "back_main.png", dan "back_slide.png". sama seperti cara melalui ponsel, anda ganti/replace ke tiga gambar tersebut dengan file gambar milik anda (pastikan anda sudah menyiapkan file png untuk mengganti background BBM modif tersebut), jangan lupa gambar anda di beri nama yang sama seperti ketiga file png diatas.
  • Langkah terakhir apabila sudah anda masukkan ketiga file gambar dan sudah terganti, kompres/gabungkan kembali file-file BBM yang telah diekstrak tersebut dengan winrar (anda block kemudian pilih winrar lalu add to archive), setelah selesai kembali lagi anda ganti ekstensi .rar menjadi .apk pada BBM modif, kemudian pindahkan aplikasi BBM modif ke SDcard. lakukan installasi seperti biasa, sign in sesuai dengan username dan password yang sudah anda simpan sebelumnya.
Itulah dua cara mudah mengganti tampilan BBM, dengan begitu anda tidak akan mudah bosan dengan tampilan BBM, karena anda bisa edit backround sesuka hati. Demikian artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Merubah/Ganti Tampilan BBM di Android. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita bersama.

110 komentar:

  1. kalo yg versi gingerbread gimana?
    yg versi GB beda dgn versi ICS/JB ane udah bberapa kali coba moding, tapi gatot....
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya klo gingerbread emng belum support gan, BBM mod ini minimal utk versi ICS..

      Delete
  2. kalo gambarnya mau diganti lagi gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan diatas udah ane jelasin -_-
      jadi ente buat/edit sendiri 3 background gambarnya bisa dgn photoshop atau foto editor lainnya, dan sesuaikan resolusi gambarnya jgn lebih dari layar hp, biar gampang resolusi/ukurannya samain aja sama ke 3 file gambar diatas, jgn lupa setelah selesai dibuat gambarnya simpan dgn extensi .png, baru deh ke 3 gambar diatas di replace sama gambar buatan ente.

      Delete
  3. Gan kok tulisan back_chat,main, dan slidenya gak ada ya?
    Mohon bantuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan, buka apk editor lalu pilih BBM modif yg didownload tadi (BBM modifnya jangan diinstall dulu) setelah pilih BBM modif buka folder res trus buka folder drawable, nah ketemu dah file back_chat.png, disesuain aja gan sama file yg ditemuinnya

      Delete
  4. Gan kalo mau ngedit bbm yg udh jadi di atas yg need for speed yg harus di replace yg mana? Soalnya back chat main slidenya ngga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. replace yang format file yang berakhiran .png yang ukuran-ukuran nya paling besar.

      Delete
  5. Gan cara biar transparan saat chat tu gmn gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba unduh BBM transparan link nya dibawah ini

      http://adf.ly/fRnJ3

      jika background nya mau di edit lagi bisa, tutorial editnya bisa pake dua cara yg udh dijelasin diatas

      Delete
  6. Itu bbm modif nya, udh versi bbm ygbaru belumm?

    ReplyDelete
  7. Gan , Kalau BBM3 Yg v1.0.072 bisa gk di ubah backroud na ?
    Kalau Bisa Tolong Kasi Tw Caranya Ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, caranya buka pakai winrar dikomputer, cari folder res >> drawable, nah disitu banyak icon2 dan background berekstensi .png, tinggal di ganti dan disesuain sama gambar yg ditemuin.

      Delete
  8. Ga brrti itu ga bisa update ya?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa donk, klo di update ya nanti berubah lagi tampilannya

      Delete
  9. gan ada keterangan "parse Error"
    kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu muncul pas lg ngapain gan?

      Delete
    2. pas lagi install gan .. bmna nh gan ?

      Delete
    3. Gan ,ane udh doenload Ввм modif tp susah di instalnya knpa gan..??

      Delete
  10. Kadang BBM Andro perlu d update gan biar lancar, lc pas g boleh update gmn gan??

    ReplyDelete
  11. ga diupdate juga lancar gan, justru sebalikanya ane pernah downgrade karena dirasa BBM v2 terlalu berat, mudah aja gan kalau mau menghilangkan update otomatis (berlaku semua aplikasi) silahkan baca caranya selengkapnya di link ini:

    http://mysoftwared.blogspot.com/2014/01/cara-menonaktifkandisable-update.html

    ReplyDelete
  12. nice info gan. ini harus di root dulu?

    ReplyDelete
  13. Gan ane udh istall..
    Trs mw ganti gambar yg lain lagi gmn??

    apa harus di install ulang dl bbm nya??
    Thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau diganti gambarnya jgn di install dulu BBM nya, saran saya biar lebih mudah edit gambar BBM modifnya melaui komputer aja, coba di pahami lg cara yg sudah saya berikan diatas

      Delete
  14. Mav...saya sdh ganti smua gambarnya...saya install n berhasil.
    trs skr saya bosen,mw ganti dg gambar yg lain.bs apa tdk gan??

    Nek bs tlg tutornya...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, uninstall lg BBM modifnya, trus ikuti lg tutorial ditas

      Delete
  15. Untuk merubah icon nama kitanya gmna gan ?

    ReplyDelete
  16. di oprek aja di semua folder drawable, di situ banyak icon2 yang bisa diganti sama icon buatan sendiri.

    ReplyDelete
  17. gan cara replacenya gimana ane kaga ngerti gan

    ReplyDelete
  18. Gan gmn caranya chatnya bisa transparant gt????

    ReplyDelete
  19. gan kok waktu saya mau instal lagi bbmnya malah gagal gimana ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah diganti background nya sebelum diinstall jgn lupa di optimize sign dulu

      Delete
  20. di dalam folder res ko tidak ada folder drowable itu gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan, memang bukanya dari mana apk editor atau dari komputer?

      Delete
  21. Gan. Koq dah diinstall kluar tulisan gagal analisa data y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan install yg mana? install nya jangan yg apk bak, install yg apk bbm modifnya

      Delete
  22. Gaи klo bbm voice yg baru cara mod ganti nada n bacgraund gimna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ganti nada di pengaturan nya aja, klo background di buka mentahannya apk nya trus di oprek2 aja cari pada semua folder drawable bukanya melalui winrar di komputer

      Delete
  23. kk kok instal gagal di Hp Sony Xperia J saya .... :/ Bantuan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang tidak bisa, ini BBM modifnya nya untuk ICS up alias jelly bean :)
      coba ente cari BBM modif utk versi ICS

      Delete
    2. ooooh alhamdulillah gan udah bisa ni, tinggal bingung kok ga teransfaran kaya di atas yah,,,, mau yg udah jadi transparan dong kk,,, aku lg seneng oprak oprek ni wkwkkw...

      sukses deh ane do'ain ,,, mudah mudahan banyak iklan ngalir di blog ini kalo mau ngajarin :D amin ....

      Delete
    3. gan kan udh ane modif trus ane add archip,pas mw ubah rar jadi apk kok gk
      bisa?

      Delete
    4. @majlis : BBM modif yg saya kasih memang gak transparan kali, ni klo mau BBM yg transparan >> http://adf.ly/fRnJ3

      Delete
    5. @reza: bisa gan tinggal di rename .rar jadi .apk masa gak bisa?

      Delete
    6. kalau mau edit sendiri caranya gimana yg transparan itu gan saat chating????

      Delete
  24. Gan tolong update tin bbm modif yg versi terbaru 2.1.40/Yg Versi 2 Donk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan terimakasih masukannya, nanti saya share..

      Delete
  25. Gan ane dah cobA semua tUTor nya tUh tapi pas ane regIstrasi selalu gagal menyambung ke server apa nya yang salah...?
    Nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah masalah koneksinya kali gan, coba registrasinya pakai koneksi wifi

      Delete
  26. Gan kalo bbm transparan ko ga ada back chat back main back slide ko ga ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga ada gan, jadi setiap BBM modif mempunyai nama2 sendiri untuk background yg telah dirubahnya sesuai orang yg telah merubahnya, mudah saja gan coba di cari saja di semua folder drawable karena di folder drawable merupakan tempat dimana background dan icon2 berada, jika sudah ketemu tinggal dirubah saja

      Delete
  27. Replies
    1. iya uninstall dulu kalau sebelumnya sudah memiliki BBM yg sudah terinstall, yg selanjutnya akan diganti dengan BBM modif ini

      Delete
  28. Gan bbm modif di andro ana gk bisa nginstal gan gmn tu?

    ReplyDelete
  29. Ko bbm modif`y ga bisa di instal gan hp w Galaxy young .. Bantuin dong gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dI galaxy young memang ga bisa gan, karena OS nya masih GB, BBM modifnya min ICS up

      Delete
  30. Gan, Numpang tanya...File BBM.apk itu udah update yang terbaru ya...

    ReplyDelete
  31. Gan trimakasih atas info nya..sukses.top markotop.jos gandos

    ReplyDelete
  32. Bang Cara Ganti Background nya di BBM Versi yang baru dong jangan versi yang lama...
    Versi yang baru itu kan lebih bagus...
    ok di tunggu....

    ReplyDelete
  33. Gan gmn nih ane udah cb tutor yg agan kasih..
    Instal jg udah bisa tp mentok di sedang mengatur bbm
    Gmn tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu koneksi nya gan, coba pake koneksi wifi, kalau menginstall apk BBM memang suka kaya gitu gan, makannya dibutuhkan koneksi cepat, kalau masih seperti itu juga coba hapus data, kemudian sign in kembali

      Delete
    2. gan apk editor gabisa di download sih ?

      Delete
  34. klo pas di instal trus parsing error itu knpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa karena download filenya ga sempurna jadinya file corrupt, bisa juga karena kesalahan pada saat proses peng-editan

      Delete
  35. Iya gan bisa, tapi mindahin ke SD cardnya gimana???? (newbie)
    SD card itu yang mana??
    Di "backup" ya??
    Ada facebook nggak? Nanti aku ss in

    ReplyDelete
    Replies
    1. SD card itu kartu memory atau memory eksternal..
      downloadnya dari mana dulu? kalo dari Hp ya langsung masuk di SD card di dalem folder unduhan, klo downloadnya dari komputer tinggal dipindahin pake kabel data ke Hp, gak perlu backup, facebook ada tuh di contact atas

      Delete
  36. kok apkeditornya gk bisa di unduh...malah di4sharednya link tak teserdia

    ReplyDelete
  37. Eh salah, bukan itu :/
    Udah dipindah semua ke SD card, tapi waktu mau dibuka error :/ kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibukanya pake apk editor, kalau dibuka langsung emng ga bisa

      Delete
  38. Ko gua ga bisa d instal apk. bbm modifnya padahal udah ngikutin tutorial nya, itu knp ya? apa bbm ny hrus d apus dulu biar bs d instal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau sudah ada aplikasi BBM yang sudah terinstall sebelumnya di hapus dulu, baru bisa install BBM modif ini

      Delete
  39. butuh tutor buat edit xml nya nih..
    trus knp bbm persi baru kaga bisa di clone ya..
    klo ada yg tau masalahnya dmn share ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nanti saya akan coba buat tutornya, V2 memang berbeda jauh dengan v1 yg bisa di clone, mungkin pada v2 ini sudah sangat di optimasi sehingga bug dan celah sudah di fix, mungkin bisa saja di clone tunggu aja siapa tau ada developer yg akan share BBM clone v2

      Delete
  40. cara replece nya gmana gan ane pake CP nih foto ane masih JPG ganti PNG gmana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara gantinya cuma di rename/ganti nama aja gan

      Delete
  41. Gan.. ane udah ganti back_chat.png dan lainya sesuai prosedur. Dan ane udah berhasil instal. Tapi pas begitu mau sig in bbm nya gak mau ke buka. Pencerahan nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai koneksi yang cepat gan misalnya koneksi wifi, karena kalau SIGN IN pertama kalinya terkadang sinyal suka down sebab aplikasi BBM sangat berat

      Delete
  42. Gan hp ane ga support sd card.. Tp adanya internal aj. Jd ane agk bngung nih stlah slsai download apk editor nya.. N mw edit main slide n chat nya.. Mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hpnya bisa pakai kabel data buat mindahin file kan? coba pakai cara kedua, download dan editnya melalui komputer, lalu pindahkan ke internal pakai kabel data, jadi nanti tinggal di install langsung di hp

      Delete
  43. warna teks di dalam kalo kita chatting jadi warna normal (hitam) dirubah bisa ngga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tau juga, tp mungkin bisa di edit pada xml nya

      Delete
  44. ini bbm yg bsa voice call bkan gan?

    ReplyDelete
  45. gan, buatin juga ya untuk BBM versi yg baru

    ReplyDelete
  46. gan,thank you.. ane udah bikin wallpaper nya di laptop..
    udh ikutin tutor agan semuanya
    pas di instal di hp ada tulisan "aplikasi tidak terinstal" itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  47. Gan setiap nginstal slalu aplikasi tidak terpasang.
    Andromax U gan.. solusi nya tolong.. jangan kasih solusi instal di komp pliss.. ngga paham komputer ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapus dulu BBM yg sebelumnya sudah terpasang gan,

      Delete
  48. Gan setiap ingin memulai chating, kok slalu keluar dengan sendiri nya ya?
    Sudah saya instal ulang tetep aja kejadian gitu terus..
    Solusinya pliss.. saya udah pusing banget ini :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pakai BBM yang mana? itu force close gan, coba liat dulu mungkin RAM nya penuh

      Delete
  49. bang,format gambarnya gmn?
    kalo untuk hp android 4 inci,resolusi 480x320,brti gmbrnya ukurannya yg 480x320 smua ketiga2nya?

    ReplyDelete
  50. sudah ta instal tpi semua gambar kontak nya gak muncul"

    knapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu cuma masalah jaringan, nanti juga akan muncul sendiri, terkadang pada saat pertama kali menginstall BBM official ataupun mod memang suka seperti itu

      Delete
  51. buat yg BBM yg versi 2.1.0.40 gan...

    ReplyDelete
  52. Mana gan ko ga bisa ya .. udah saya instal tapi ko malah muncul tulisan App not instaled
    padahal App BBM yg pertama udah saya uninstal

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan tutorialnya. cuma terjadi masalah seperti diatas.
      Sekalian share juga ya, aplikasi media player Cara Menampilkan Lirik Musik di Media Player Android

      Jangan lupa follow juga ya http://diandroids.blogspot.com.
      ditunggu komentarnya.
      ^^

      Delete
  53. yang maish bingung tutorial videonya

    http://www.youtube.com/watch?v=ji3jMADc8QY

    ReplyDelete
  54. Gan , kan saya mau moding bbm yg versi terbaru . caramengganti Background chat , main sama slide pilih yg mana soalnya nggak ada tulisan kayak yg dimod di " Bbm modif.apk" yang diatas gan . Mohon pencerahannya

    ReplyDelete