Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android

Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android
Fungsi dan Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android - Factory reset atau biasa disebut Reset adalah suatu meteode yang dapat digunakan untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal/pengaturan pabrik. Factory reset di smartphone android dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu, melalui menu settings, dengan mengetikkan kode, dan yang terakhir melalui recovery mode.

Mengapa perlu dilakukan Factory Reset ?
Ya secara umum reset berfungsi untuk menyegarkan perangkat dan terlihat bersih serta manajemen yang mudah terhindar dari file atau dokumen sampah yang tidak terpakai. Ide yang sangat cerdas untuk anda lakukan yaitu membuat data backup saat melakukan reset data ke pengaturan pabrik. Tapi fungsi utama reset yaitu untuk memperbaiki kondisi ponsel dari masalah seperti not responding/hang, sering mati sendiri, bootloop, lupa password/pola kunci, dan penyebab-penyebab lainnya yang mungkin Anda alami sekarang ini.

Jika ponsel telah lama di gunakan, memang akan menyebabkan masalah-masalah di atas karena memori penuh dengan sesuatu yang tidak bisa dihapus entah itu dari aplikasi yang kita install, dari log, browser ataupun dari file yang tidak kita ketahui/tidak kita inginkan. Lihat saja pada RAM Android kita pasti penuh dan kita tidak bisa menghapusnya secara permanen. Setelah RAM dihapus pasti kembali lagi. Dan perlu diingat Factory reset dapat mengahpus semua data yang ada di Android kecuali pada SD Card, tetapi Anda juga bisa memformat SD Card dengan mencentang format SD Card. Berikut ini saya akan jelaskan 3 cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan reset smartphone android.

Cara Pertama

Cara melakukan factory reset ini sangatlah mudah. Untuk cara yang pertama ini dapat dilakukan pada menu setting di android. Sebelum melakukan factory reset Anda harus memastikan baterai Android Anda full atau yang paling minimal 50 persen. Kalau itu sudah dilakukan, mari kita lanjutkan pada caranya.
  • Masuk ke Setting ⇨ lalu pilih Privacy.
Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android
  • Dalam menu Pengaturan Privasi, tekan pilihan Factory Data Reset, dan pada layar berikutnya pilih apakah Anda ingin menghapus semua data pada perangkat Anda, semua data pada kartu memori microSD eksternal Anda atau keduanya, dengan mengisi kotak centang yang sesuai. Kemudian mengkonfirmasi tindakan dengan menekan ulang Phone/reset phone.
Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android
Catatan: Jika Anda melakukan factory reset data yang ada di Android Anda seperti kontak, sms, dan yang lainnya akan terhapus, software dan data di kartu memori tidak akan terhapus. Jadi lakukanlah backup terlebih dahulu pada data di memori internal yang Anda anggap penting.
Cara Kedua

Ada kode-kode yang tersimpan pada smartphone android yang sebelumnya memang sudah di set dari pabriknya, salah satu kode itu ada yang berfungsi untuk melakukan reset, Anda bisa menggunakan kode berikut untuk melakukan reset ponsel:
  • Soft Reset
Cara ini tidak akan beresiko, cara ini kurang lebih sama dengan cara factory reset hanya saja menggunakan kode. Jika Anda belum yakin Anda bisa membatalkannya setelah menekan kode reset dibawah ini.
Kode reset: *#*#7780#*#*
Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini, data pengaturan, sistem, dan aplikasi akan hilang/terhapus. Anda tidak usah khawatir software/aplikasi bawaan akan terhapus. Data di kartu memori Anda juga tidak akan terhapus.
  • Hard Reset
Hard reset adalah cara yang sedikit ekstrim untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan pabrik. Anda sudah tidak bisa membatalkan reset dengan cara ini setelah anda menekan kode reset di bawah ini.
Kode reset: *2767*3855#
Catatan: Jika Anda melakukan reset dengan cara ini maka semua data Anda akan dihapus kerena cara ini adalah melakukan instal ulang firmware Android Anda.
Cara ketiga

Untuk Reset Cara yang ketiga ini dapat anda lakukan melalui Recovery mode untuk mengatasi masalah gagal restart (bootloop), atau juga bisa mengatasi lupa password/pattern. Untuk bisa mengakses Recovery mode dan melakukan reset simak caranya berikut:
  • Matikan dulu ponsel.
  • Lalu tekan tombol power + home + volume up (tekan secara bersamaan).
  • Kemudian pilih "wipe data/ factory reset".
  • Selanjutnya pilih "wipe cache partition".
  • Selesai, terakhir pilih "Reboot system now".
Catatan: Dalam recovery mode anda tidak dapat mengunakan layar sentuh, untuk naik gunakan tombol volume naik, untuk turun gunakan tombol volume turun, dan untuk OK gunakan tombol home.
Itulah beberapa cara factory reset yang dapat di lakukan pada perangkat anda, Semoga artikel Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android ini dapat berguna untuk anda, terimakasih telah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment