Cara Transfer Data di Android Menggunakan Wifi

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Transfer Data di Android Menggunakan Wifi

Cara Transfer Data di Android Menggunakan Wifi
Cara Transfer Data/File di Android Menggunakan Wifi - Tutorial kali ini saya akan membahas tips mudah dalam melakukan transfer data di Smartphone. Memang kebanyakan dari para user smartphone khususnya android yang sering dilakukan dalam hal transfer atau mengirim suatu file selalu menggunakan fitur Bluetooth, walaupun bluetooth ini yang paling sering digunakan, tetapi aplikasi ini masih memiliki keterbatasan pada jarak dan kecepatan untuk proses transfer nya. Untuk itu diluncurkanlah aplikasi lain untuk memudahkan pengguna android untuk melakukan transfer yaitu Wifi File Transfer. Munculnya Aplikasi Wifi file Transfer Android ini tentunya sangat memudahkan kita sebagai pengguna android dalam melakukan transfer file dari handphone Android ke PC/Laptop atau sebaliknya. Dengan menggunakan aplikasi ini anda tidak perlu menunggu lama dalam tranfer file yang berukuran besar, karena proses transfer akan lebih cepat layaknya seperti mendownload.

Selain sangat fungsional, Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan, yaitu hanya dengan mengaktifkan Portable Wifi Connect dari HP Android anda. Setelah terkoneksi antara HP Android anda dengan PC pada satu jaringan hotspot yang sama, anda tinggal start program Wifi File Transfer dan akses alamat yang telah disediakan oleh Wifi File Transfer di Web Browser anda. Setelah itu anda dapat menggunakan untuk mentransfer file dengan mudah dari Android ke Komputer anda. Tetapi untuk versi yang trial/gratisnya dari aplikasi ini ada batas tertentu untuk transfer file yaitu tidak melebihi dari size 4 MB. Ya jika ingin menggunakan untuk transfer file secara unlimited ada versi pro nya, tentunya untuk aplikasi yang pro ini tidak gratis alias berbayar.

Berikut Cara Penggunaan Wifi File Transfer :
  • Pertama Download dan install aplikasi wifi file transfer, jika belum mempunyai aplikasi ini anda bisa mendapatkannya di Google Play atau Disini.
  • Setelah itu Koneksikan Hp android dan PC atau perangkat yang hendak anda transfer pada satu jaringan wireless/hotspot.
  • Langkah selanjutnya jalankan aplikasi wifi file transfer dan klik tombol "start"
  • Setelah itu maka anda akan mendapatkan sebuah alamat URL Misalnya http://192.168.178.22:1234
Cara Transfer Data di Android Menggunakan Wifi
  • Kemudian masukkan alamat URL tersebut pada web browser (bisa di mozilla, chrome, dll) pada PC atau perangkat yang anda koneksikan.
  • Langkah terakhir silahkan lakukan transfer file.
Catatan : Untuk melakukan koneksi tersebut harus dalam satu jaringan wireless yang sama dan tidak memerlukan kuota internet dalam melakukan transfer file nya, dan untuk wifi file teransfer yang versi trial hanya dibatasi transfer sebesar 4MB.
Selamat Mencoba, Sekian artikel yang saya bahas kali ini tentang Cara Transfer Data di Android Menggunakan Wifi, Semoga Artikel yang singkat ini dapat bermanfaat serta membantu anda.

0 komentar:

Post a Comment