14 Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya [ Gambar]

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

14 Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya [ Gambar]

14 Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya [+Gambar] - Dalam ilmu biologi, peran mikroskop yang kita sadari sangat hebat. Tanpa alat yang diciptakan oleh Zacharias Janssen pada tahun 1608, studi tentang kehidupan kecil atau bagian terkecil makhluk hidup akan dilakukan oleh suli. Namun, kita tentu menyadari bahwa saat ini banyak dari kita yang tidak tahu cara menggunakan mikroskop. Jangankan tahu bagaimana cara menggunakannya dan merawatnya, lha bagian mikroskop dan fungsinya terkadang kita tidak tahu.

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya
Menyadari pentingnya menggunakan keterampilan mikroskop dalam pembelajaran sains biologis, dipandang perlu bagi kita sebagai siswa sekolah untuk belajar menggunakan mikroskop dengan terlebih dahulu mengidentifikasi bagian mikroskop dan fungsinya secara rinci. Disini silahkan mengerti gambar mikroskop dan bagian-bagiannya.

Bagian Bagian Mikroskop
Bagian Bagian Mikroskop
1. Lensa okular adalah lensa yang letaknya dekat dengan mata pengamat. Lensa ini berfungsi untuk membentuk citra virtual, tegak lurus, membesar dari lensa obyektif.

2. Lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan objek yang diamati. Lensa ini berfungsi untuk membentuk gambar yang nyata, terbalik, diperbesar. Pembesaran lensa obyektif dapat disesuaikan dengan bagian revolver mikroskop.

3.Mikroskop tabung atau tubus adalah mikroskop berbentuk tabung yang berfungsi untuk menyesuaikan fokus dan menghubungkan lensa okular dengan lensa objektif.

4. Macrometer atau pemutar kasar adalah bagian dari mikroskop yang bekerja naik turun tabung mikroskop dengan cepat.

5. Micrometer atau smooth player adalah bagian mikroskop yang bekerja naik turun tabung mikroskop secara perlahan. Ukurannya umumnya lebih kecil dari macrometer.

6. Revolver adalah bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk menyesuaikan pembesaran lensa objektif.

7 Reflektor merupakan bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke objek yang diamati melalui lubang yang berada di atas meja benda. Reflektor terdiri dari dua jenis cermin, yaitu cermin datar dan cermin cekung. Cermin datar digunakan saat cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan saat kondisi cahaya rendah. Cermin cekung bekerja untuk mengumpulkan cahaya.

8. diafragma adalah bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk.

9. Kondensor adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. Alat ini bisa berputar dan naik turun.

10 Meja kerja atau meja mikroskop adalah mikroskop yang berfungsi untuk menempatkan benda yang diamati.

11.Penjepit kaca berfungsi sebagai benda pelapis agar tidak bergeser saat diamati.

12 Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan pada mikroskop.

13. Kaki Mikroskop berfungsi mendukung atau mendukung mikroskop.

14.Sendi inklinasi atau sudut adalah alat atau bagian mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut mikroskop.

Nah, itulah 14 bagian mikroskop dan fungsinya. Semoga ini membantu tugas sekolah Anda. Tinggalkan komentar untuk perbaikan bagian artikel mikroskop dan fungsi ini jika dianggap perlu. Salam.

0 komentar:

Post a Comment