9 Contoh Karangan Teks Deskripsi (Baru dan Singkat)

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

9 Contoh Karangan Teks Deskripsi (Baru dan Singkat)

9 Contoh Karangan Teks Deskripsi (Baru dan Singkat) - Contoh Uraian Teks - Bila kita ingin mengetahui informasi rinci tentang suatu objek yang bisa berupa barang atau barang lain bila kita belum pernah melihatnya secara langsung, disana kita memerlukan keterangan teks.

Karena teks deskripsi akan memberikan gambaran yang jelas tentang objek, tempat, atau peristiwa yang sedang dibahas. Nah disini kita mencoba membuat contoh deskripsi teks tentang beberapa hal, seperti binatang, sekolah, rumah, dan lain-lain dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

Sebelum masuk diskusi, jika ingin mengetahui bagian struktur dari teks contoh di bawah ini, maka pertama-tama pelajari uraian teks (complete) yang telah dibahas sebelumnya.

Contoh Uraian Teks Bahasa Indonesia

Contoh deskripsi teks sekolah

Sekolah saya
Sekolah saya memiliki lingkungan yang sangat bersih dengan tempat parkir dan tempat-tempat seremonial yang luas.
Sekolah saya memiliki 3 bangunan utama sebagai tempat belajar siswa, yaitu Gedung A, B, dan C. Lokasi sekolah saya tepat ditengah sawah, sehingga suasana sekolah terlihat segar dan sejuk.
Semua ruang kelas menggunakan keramik. Sekolah saya memiliki aula besar yang biasanya digunakan untuk acara seperti kelulusan, pernikahan, olahraga, dan lainnya.
Selain itu, sekolah saya memiliki banyak ruang laboratorium komputer. Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolah, masjid dan kantin saya tidak lupa menambah keindahan sekolah saya.

Contoh deskripsi teks rumah

Rumah Ahmad

Rumah Ahmad ada di depan rumah saya, dimana di halaman ada pohon rambutan yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga menghiasi bagian depan rumah Ahmad.

Dinding rumah Ahmad berwarna biru dengan pintu dan jendela hitam. Dan lantai keramik putih yang bersih membuat rumah rani sangat enak dipandang.

Di dalam rumah Ahmad posisi barang sangat diperhatikan sehingga semua barang tertata rapi. Lantai kamar yang bersih dan wangi memanjakan hidungnya.

Contoh teks deskripsi tentang seekor kucing

Blacky

Aku punya kucing bernama Blacky, warnanya hitam dengan mata putih. Memiliki ekor panjang dan rambut halus.

Blacky sering bermain dengan bermain bola, seperti makan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan kencing di tempat yang telah disediakan.

Contoh deskripsi teks alam
Gunung Prau
Berada di puncak sebuah gunung adalah saat yang pas untuk menyaksikan matahari terbit. Jadi meski di Gunung Prau, matahari terbit bisa dilihat dengan cantik. Pemandangan langit pagi, pergerakan bumi dari gelap menjadi terang. Banyak awan menghiasi langit saat matahari terbit. Banyak orang menangkap momen itu
itu.
Banyak orang memasak makanan, seperti mie atau sosis goreng. Jadi ini mungkin
pengalaman tak terlupakan

Contoh deskripsi teks dari objek

Meja
Satu meja persegi panjang panjang dengan motif mawar dan dominasi coklat ditempatkan di lingkaran tengah barisan kursi. Meja di atas karpet merah.
Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kaki terbuat dari kayu. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.

Contoh deskripsi teks tanaman

Pohon mangga
Saya punya pohon mangga di belakang rumah, pohon mangga memiliki tinggi sekitar 3 meter dan memiliki banyak buah.

Seringkali ketika saya ingin makan mangga, saya hanya memanjat pohon dan mengambil buahnya. Pohon mangga dikelilingi oleh pagar.

Saya sangat tinggi pohon mangga ini sampai daun pohon mangga menutupi atap genteng rumah saya.

Teks Deskripsi Dalam Bahasa Inggris

teks sekaligus melengkapi contoh karangan dalam bahasa Inggris, berikut ini teks deskripsi nya.

My Cat
My cat named Whitey, he’s white and thick, with very dark eyes. Has a short tail, legs clean and smooth fur.

Whitey liked the ball and is very active. Very spoiled to me especially when Whitey hungry. Whitey wearing red necklace that enhances the beauty.

My Friend

His name is Manarul Hakim, he is my classmate, he has short body, he is 163 cm, he has straight black hair, oval face, small eyes, sharp nose, thick lips, and white skin. Manarul has thin body, he so smart and helpful.

Baturaden

Baturaden is most beatifull place in Purwokerto. The location is 12 km from alun-alun purwokerto. Characteristic in Baturaden that has fresh air and fresh water. It has a lot tourist area, example  curug bayan, curug gede, etc.

0 komentar:

Post a Comment