Contoh Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya - Contoh Teks Penjelasan Sosial - Salah satu tujuan teks penjelasan adalah untuk menjelaskan mengapa fenomena dapat terjadi dan sebab dan akibat dari kejadian tersebut. Sehingga fenomena yang terjadi tidak hanya dilihat sekilas, tapi kita harus membuat contoh atau pelajaran.

Jadi dapat ditemukan bahwa Text Explanation adalah teks yang berisi proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Nah disini kita berikan contoh teks penjelasan singkat sosial beserta strukturnya tentang kemiskinan dan pengangguran.

Contoh Teks Penjelasan Sosial Dengan Strukturnya

Contoh 1: Kemiskinan

Pernyataan umum
Kemiskinan adalah rendahnya tingkat pendapatan masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari (makanan, tempat tinggal, pendidikan, dll.). Umumnya orang miskin biasanya tinggal di gubuk, di bawah jembatan, tepian sungai.

Tak jarang orang miskin membangun rumah sendiri di atas tanah milik Negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang memiliki masalah ini, kemiskinan.

Urutan Sebab Akibat
Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kebangkrutan, malapetaka, perbudakan, struktur sosial juga menjadi faktor pendukung.

Struktur dan perilaku sosial menjadi dominasi faktor masalah kemiskinan. Perilaku konsumtif, prestise, pengeluaran uang yang tidak konsisten dengan pendapatan juga disertakan. Faktor struktur sosial menyebabkan masalah turun-temurun (terutama masalah pendidikan orang miskin).

Perilaku prestise, sehingga orang lebih peduli dengan keinginan daripada kebutuhan.
Di balik itu, banyak usaha yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Contohnya termasuk menaikkan upah minimum kerja, memperluas pekerjaan, pendidikan gratis, perumahan yang terjangkau.

Ini harus didukung oleh perilaku orang yang tidak membuang-buang uang, menghindari prestise, menyelamatkan, dan membantu orang disekitarnya. Sehingga kerja sama pemerintah dan pemerintah sangat penting untuk mengatasi kemiskinan.

Interpretasi
Seharusnya di Indonesia tidak ada kebutuhan untuk kemiskinan. Jika kita bisa dan akan menerima dan bersyukur atas apa yang kita miliki. Sifat buruk yang disebutkan di atas harus dihilangkan, dan kerja sama pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam memberantas kemiskinan di Indonesia.

Contoh teks Penjelasan Sosial 2: Pengangguran

Pernyataan umum
Pengangguran adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek pekerjaan yang bermasalah di masyarakat. Ada banyak upaya untuk mengatasi masalah ini, namun belum terselesaikan.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi hampir di semua negara. Ada arti bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak memperoleh penghasilan.

Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi pengangguran yaitu orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggunya.

Urutan Sebab Akibat
Salah satu faktor dasar yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Perubahan struktural dalam perekonomian juga menjadi penyebab pengangguran.

Sehingga perubahan tersebut mengarah pada kebutuhan tenaga kerja dengan berbagai tingkat keterampilan. Sehingga para pencari kerja tidak bisa mendapatkan pekerjaan karena tidak sesuai dengan tuntutannya. Dan tidak jarang pengangguran juga disebabkan karena pemutusan hubungan kerja kepada karyawan dan pekerja.

Pengangguran menyebabkan berbagai masalah ekonomi dan sosial. Jadi jika ada banyak pengangguran, gejolak sosial akan berakibat, jumlah tunawisma meningkat dan semakin tinggi potensi kriminalnya.

Interpretasi
Jadi pengangguran adalah masalah besar yang harus segera diatasi. Salah satunya dengan memperbaiki kondisi kerja. Selain itu, memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dapat mengurangi pengangguran.

Atau kita bisa memberikan cukup keterampilan untuk mereka sehingga mereka bisa menciptakan pekerjaan sendiri. Dan berbagai cara lain yang bisa kita lakukan jadi pengangguran teratasi.

Referensi:
faraditawaidianto.blogspot.co.id/2016/02/example-text-explanation-about.html
www.blogpelajar.com/2016/08/20-example-text-explanation-fenomena-alam.html

0 komentar:

Post a Comment