Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Tuesday, January 28, 2014

Cara Flashing/Install Ulang Pada Semua Perangkat Android

Cara Flashing/Instal Ulang Pada Semua Perangkat AndroidCara Flashing/Install ulang Pada Semua Perangkat Android - Mungkin Sudah banyak artikel yang membahas cara flashing ROM Android di internet, tetapi mungkin ada sebagian pengguna android yang ternyata masih banyak juga mencari-cari artikel yang menjelaskan cara flshing dengan mudah dan simpel, maka dari itu disini saya akan coba membagikan cara mudahnya dan mudah-mudahan cara yang saya bagikan ini cukup bisa dimengerti, terutama ditujukan untuk para pemula pemakai android. Sebelum memasuki tutorial cara flashing untuk lebih memahaminya anda ketahui dulu pengertian dan fungsi Flashing. Flashing adalah sebuah teknik dalam proses install ulang sistem operasi di perangkat android yang berguna untuk memperbaiki dan memperbarui software yang mengalami kerusakan/corupt, flashing ini biasanya dilakukan pada perangkat android yang sudah mengalami bootloop/restart berulang-ulang. tidak hanya itu, flashing juga bisa untuk upgrade ataupun downgrade sistem operasi android. biasanya flashing dilakukan karena berbagai macam penyebab seperti ponsel tidak normal lagi. Mungkin juga karena android sering terjadi error, lemot. kebanyakan rata-rata seperti kasus tersebut, android yang terjadi bootloop ketika dihidupkan cuma sampai logo saja, itu biasanya karena gagal install custom rom, salah modding, dll. Tutorial yang saya bagikan ini bersifat umum, jadi bisa anda diterapkan pada semua versi smartphone android
Langsung saja berikut tutorial Cara Flashing/Instal Ulang Pada Semua Perangkat Android :

Ada Beberapa Persyaratan Untuk melakukan flashing ROM Android diantaranya:
  1. Sebelumnya Smartphone Android anda harus sudah diinstall aplikasi untuk recovery data seperti Amon_RA, ClockworkMod (CWM), Potatoshare recovery, MIUI recovery dll.
  2. Custom ROM/ firmware yang nantinya akan di flashing harus memenuhi syarat telah dimodif atau dibuat khusus untuk perangkat smartphone Android anda seperti stok ROM asli bawaan vendor atau custom ROM buatan developer (pihak ketiga).
  3. Sudah terpasang microSD di smartphone android, yang berfungsi sebagai tempat penyimpan sementara pada custom ROM.
Cara Flashing ROM

Setelah persyaratan diatas sudah terpenuhi, selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah flashing ROM berikut ini:
  • Persiapkan terlebih dahulu custom ROM yang akan di flashing. File custom ROM ini bisa anda dapatkan di Google atau berbagai forum seperti xda developers, kaskus, Grup Facebook dan situs-situs pengembang android lainnya, cari sesuai tipe Hp anda (misal custom ROM untuk Andromax U). Biasanya file stok atau custom ROM akan berkstensi zip. Atau anda juga dapat membuat ROM sendiri dengan berbagai tools yang tersedia di Link ini.
  • Setelah file custom ROM sudah anda dapatkan, tempatkan filenya pada SD Card, silahkan anda pasang kartu micro SD pada perangkat Android dan pastikaan micro SD tersebut terbaca oleh sistem perangkat Android dan jangan lupa atur dan buat folder untuk penyimpanan file tersebut.
  • Kemudian Nonaktifkan smatphone/ponsel android anda lalu masuk ke recovery mode.
  • Masih dalam mode recovery, setelah itu anda lakukan backup terlebih dahulu ROM yang sudah terpasang. Ini sangat penting untuk merestore atau mengembalikan data seperti keadaan semula jika dalam proses flashing nanti mengalami kegagalan.
  • Lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache. Dengan demikian sistem operasi di ROM perangkat Android anda sudah terhapus total.
  • Langkah berikutnya yaitu Flashing/install ROM. Masih berada dalam recovery mode, anda pilih dan instal Zip from SD Card/ cari flash Zip dari SD Card yang sebelumnya sudah anda simpan pada folder yang tadi sudah anda buat di SD Card.
  • Setelah selesai lakukanlah konfirmasi flash dengan mengikuti petunjuk di layar (karena fungsi layar sentuh tidak berfungsi pada saat recovery mode, maka untuk menggerakkan kursor keatas dan kebawah anda bisa menekan tombol volume up dan down dan tekan tombol home untuk pilihan yes.
  • Selesai. silahkan anda lakukan restart dengan memilih reboot system now.
Bagaimana mudah bukan melakukan flashing pada perangkat android? Semoga anda tidak mendapatkan masalah dalam menerapkan tutorial sederhana ini. mohon maaf jika tutorial diatas masih banyak kekurangannya. Sekian Artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Flashing/Install Ulang Pada Semua Perangkat Android, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Flashing/Install Ulang Pada Semua Perangkat Android

1 komentar:

  1. gan lenovo ane matot cuma logo yg tampil.. s920 langkah awal gimana gan?

    ReplyDelete