Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD - Media penyimpanan pada memory internal smartphone/ponsel itu terbatas dan tidak sebesar kapasitas memory eksternal/SD Card. Namun jika kita mendownload lalu menginstall suatu aplikasi android secara default pasti langsung ditempatkan di memory internal telepon. Lalu bagaimana kita mensiasati minimnya kapasitas pada internal? ya sudah pasti kita harus memindahkan segala jenis data ataupun aplikasi yang sudah terinstall ke SD Card. Banyak cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau SD card android, salah satu caranya yaitu dengan menginstall aplikasi pemindah app ke memori eksternal, namun biasanya aplikasi ini meminta untuk melakukan rooting di hp android anda.

Sebenarnya Pada semua device Android baik Samsung Galaxy, Sony Xperia, HTC, dll pada dasarnya sudah terdapat fitur bawaan untuk memindahkan aplikasi ke eksternal memory tanpa menggunakan aplikasi apapun, namun cara ini sangat tidak efektif, karena tidak semua user apps bisa dipindahkan ke SD card dan setelah di pindahkan aplikasi ke SD card dengan cara ini, beberapa file aplikasi yang anda pindahkan akan tetap me-write file-file tertentu di dalam memory telepon, sehingga memory internal anda akan tetap penuh. Pilihan terbaik yang sangat cocok untuk masalah ini adalah dengan menggunakan aplikasi Link2SD. Aplikasi Link2SD merupakan salah satu aplikasi yang harus anda miliki terutama untuk perangkat Android yang memiliki jumlah kapasitas memory internal yang kecil.

Pada aplikasi Link2SD ini memiliki fungsi utama yaitu mampu memindahkan banyak data dan aplikasi ke External Memory dengan cepat. Namun berbeda dengan metode memindahkan aplikasi seperti biasa, Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory perangkat.
Sebelum melangkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yang harus dipenuhi supaya cara ini bisa diterapkan pada smartphone android anda yaitu:
  1. Perangkat smartphone anda sudah berstatus root, jika belum diroot anda bisa melihat langkah-langkah roting android disini.
  2. SD Card harus sudah dipartisi, sama halnya seperti partisi harddisk pada komputer, SD Card anda harus dipartisi menjadi 2 bagian, anda bisa mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, anda bisa melakukan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau untuk lebih mudahnya anda bisa melakukan partisinya langsung melalui Hp anda, untuk caranya anda bisa baca >Cara Melakukan Partisi Pada SD Card Untuk Aplikasi Link2SD<
Jika hal-hal dan persyaratan diatas sudah anda lakukan berikutnya perhatikan, berikut langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD :
  • Silahkan download dan install aplikasi Link2SD di Google Play.
  • Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang sudah anda lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.
  • Setelah itu langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yang ingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau anda juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentangnya yang ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tidak akan bisa dipindahkan.
 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD pada perangkat smartphone

  •  Jika sudah selesai memilih aplikasi yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD di android

  • Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul seperti gambar dibawah ini, lalu pilih OK.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD di android

  • Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD di android
Selesai. Itulah beberapa langkah cara menggunakan Link2SD untuk memindahkan aplikasi ke eksternal/SD card. Sekian artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 komentar: