Media Teknologi

Kumpulan software beserta tips dan trick seputar Software, Komputer, Android, Internet

Thursday, January 23, 2014

Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu

Tips Cara Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu - Pada saat ini banyak sekali yang menjual dan menawarkan smartphone Android dengan harga murah, padahal jika kita bandingkan harga aslinya masih tinggi di pasaran. Jika anda menemui harga smartphone murah itu perlu dipertanyakan keasliannya, biasanya smartphone yang murah ini banyak ditemui di internet, atau ada juga seseorang menawarkan kepada anda dengan iming-iming handphone baru dan murah, jika seperti ini anda perlu mewaspadainya jangan sampai menyasal setelah membeli samrtphone tersebut anda baru mengetahuinya kalau smartphone anda itu merupakan replika atau palsu. Sebenarnya ada juga yang menjual smartphone palsu yang harganya sama persis dengan harga aslinya, tentunya ini yang paling merugikan.

Tetapi anda jangan salah sangka dulu karena belum tentu handphone/ponsel second ataupun baru yang bisa didapatkan selain ditoko resminya itu palsu, ada juga yang asli, jadi solusinya anda harus bisa membedakan mana yang asli/original atau palsu/replika. Lalu pertanyaannya bagaimana untuk mengecek keaslian smartphone? sebenarnya sangat mudah untuk mengeceknya, sebagai contoh saya akan mengambil smartphone Android versi Samsung Galaxy S4 yang saat ini sedang banyak diminati para pengguna smartphone. karena kabarnya sudah banyak orang yang tertipu dengan samsung Galaxy s4 yang ternyata palsu.
Setelah saya cari-cari diinternet saya berhasil menemukan sebuah situs yang dialamnya terdapat seorang penjual yang menawarkan Samsung Galaxy S4 dengan harga Rp 3.700.000, harga tersebut memang tergolong murah jika dibandingkan harga baru yang pasarannya mencapai 7 jutaan. tapi apakah smartphone tersebut palsu?
Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu
Jika hanya sepintas melihat Gambar diatas memang sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu, Nah untuk bisa membedakan sebelum anda membelinya anda bisa melakukan pengecekan secara mendalam. disini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengetahuinya, berikut Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu:
  • 1. Mengecek Menggunakan Situs Opera
Langkah pertama untuk melakukan pengecekan anda bisa membuka situs http://apps.opera.com/ dan scroll kebagian paling bawah maka akan terlihat tipe smartphone Android anda.

Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu
Jika smartphone Android anda buatan lokal atau china dan termasuk replika maka yang muncul adalah tulisan "Your device is Android Generic Android".
Untuk pengguna Sony Xperia apabila melakukan cek dengan menggunakan cara ini maka akan muncul tulisan seperti diatas yaitu "Your device is Android Generic Android" Hal ini karena negara perakit Sony berasal dari China juga. Jadi cara ini hanya berlaku untuk mengecek smartphone selain buatan lokal dan china.
  • 2. Mengecek Menggunakan AnTuTu Benchmark
Antutu benchmark merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengukur dan mencatat spesifikasi smartphone Android anda. Aplikasi ini sudah bisa anda dapatkan dengan mudah karena sudah tersedia di google play app store, silahkan anda download langsung di google playSetelah anda download segera install kemudian lakukanlah beberapa test pada Android anda dan lihatlah pada bagian Authenticated dan System Info. Anda bisa melihat spesifikasi smartphone anda di System info, setelah mengamati spesifikasinya lalu cobalah anda bandingkan spesifikasi smartphone anda dengan melihat versi lengkapnya di www.gsmarena.com apakah sama atau tidak spesifikasinya. Pada saat melakukan pengecekan di aplikasi Antutu ini handphone palsu atau replika juga akan terdeteksi sebagai "Unknown Device" yang bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini !
Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu
  • 3. Mengecek Menggunakan Sample Camera
Cara ini sangat simpel tetapi mungkin sebagian dari anda belum mengetahuinya, caranya yaitu cobalah anda ambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone Android anda, kemudian anda cek hasil gambar/fotonya di PC atau laptop dengan cara klik kanan pada file foto ⇨ properties ⇨ summary  advanced. Kemudian anda lihat tipe dan versi smartphone pada bagian "Equpment Make" dan "Camera Model". seperti gambar dibawah ini !
Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu
  • 4. Mengecek Menggunakan Nomor IMEI
Cara yang terakhir yaitu dengan mengetikan suatu kode yang dapat diakses langsung melalui smartphone anda, silahkan anda tekan tombol dial atau panggilan kemudian ketikkan kode *#06# maka akan muncul angka yang merupakan nomor IMEI handphone anda. Setelah itu anda cek nomor IMEI anda untuk mengetahui informasi pada spesifikasi smartphone di Link ini 
Berikut penjelasan tentang no IMEI, sebagai contoh : 284659.05.688721.
Perhatikan:
  1. Angka ketujuh dan kedelapan nomor IMEI ini adalah 05, itu menandakan ponsel tersebut diproduksi di amerika serikat dengan kualitas yang sangat baik.
  2. Jika angka ketujuh dan delapan adalah 00, itu menandakan ponsel tersebut diproduksi di Finlandia dengan kualitas yang baik.
  3. Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 02 atau 20, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang buruk.
  4. Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 08 atau 80, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Jerman dengan kualitas lumayan baik.
  5. Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 03, itu menandakan ponsel tersebut dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas paling baik.
  6. Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 04, maka ponsel tersebut merupakan limited edition yang dibuat khusus di Korea dengan kualitas terbaik di dunia.
Jika Smartphone/ponsel anda tidak termasuk dari salah satu angka di atas, berarti ponsel anda palsuitulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengidentifikasi keaslian suatu perangkat Smartphone. Semoga Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu ini bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membedakan Smartphone Android Asli dan Palsu

0 komentar:

Post a Comment